IBX582004D475488 Unboxing Xiaomi Mi 4c 32GB, Smartphone 4G LTE Setara Nexus 5X

Unboxing Xiaomi Mi 4c 32GB, Smartphone 4G LTE Setara Nexus 5X




Unboxing Xiaomi Mi 4c 32GB – Belum lama ini Laptophia Blog kedatangan smartphone 4G LTE (Long Term Evolution) Xiaomi Mi 4c 32GB. Seperti yang kita ketahui, sampai saat ini Xiaomi hanya memasarkan smartphone canggih ini di pasar Tiongkok saja. Ponsel 4G LTE yang mengusung spesifikasi mirip LG Nexus 5X ini masuk Indonesia melalui distributor. Kinerja adalah keunggulan utama yang ditawarkan oleh smartphone canggih Xiaomi Mi 4c 32GB ini berkat dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 808 yang powerful.

Selain itu, Xiaomi juga menyuntikkan Mi 4c dengan fitur baru di sektor kamera, yakni phase-detection autofocus yang mampu memberikan peningkatan kecepatan fokus secara signifikan. Tak hanya itu, varian 34GB yang hadir di Laptophia Blog ini dibekali dengan memori RAM sebesar 3GB untuk mendongkrak kinerja multitaskingnya.


IMG_20151202_154643_HDR

Perlengkapan Xiaomi Mi 4c 32GB

IMG_20151202_153129_HDR
  • Unit Xiaomi Mi 4c 32GB Grey
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • SIM ejector
  • Kartu garansi
  • Buku manual

Unboxing Xiaomi Mi 4c 32GB

IMG_20151202_154802_HDR
Pertama kali melihat smartphone Xiaomi Mi 4c ini, kesan pertama yang Laptophia Blog tangkap adalah minimalis dan kompak! Smartphone 4G LTE ini memang mengusung desain yang sama dengan Xiaomi Mi 4i yang telah dirilis lebih dulu. Ponsel 4G ini dibalut dengan casing berbahan polikarbonat atau plastik yang tersedia dalam beberapa varian warna, tetapi yang mudah dijumpai di Indonesia adalah warna White dan Grey.

Casing belakang Xiaomi Mi 4c ini menggunakan finishing matte, sehingga tak selicin ponsel dengan finishing glossy. Sedangkan bagian depan terlihat desain bezel yang tak terlalu tebal, sehingga ukuran secara keseluruhan Xiaomi Mi 4c ini lebih kcil dari kebanyakan smartphone dengan layar 5 inci. Laptophia juga menilai smartphone Xiaomi Mi 4c ini sangat nyaman digenggam.

Bagian depan ponsel Mi 4c yang menggunakan nama sandi “Libra” besutan Xiaomi ini terdapat earpiece, lubang kamera, sensor proximity, sensor cahaya (ambient light sensor), layar sentuh berukuran 5 inci, dan tiga tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back.

Sedangkan bagian belakang terdapat lubang kamera yang ditemani dengan dual-tone LED flash, logo Xiaomi, dan speaker grill pada bagian bawah. Xiaomi menempatkan IR blaster atau infrared port pada sisi atas bersama dengan port audio 3,5mm.

Sedangkan sisi kanan terdapat tombol power dan tombol volume rocker, serta sisi kiri terdapat slot SIM yang dapat diakses dengan bantuan SIM card ejector. Ponsel Mi 4c ini dilengkapi dengan port USB Type-C yang bersifat reversible pada sisi bawah ponsel.

Baca juga: Review Power Bank Xiaomi 10000mAh, Kompak & Nyaman Digenggam

Smartphone 4G LTE Xiaomi Mi 4c ini mengandalkan dukungan layar berukuran 5 inci yang disematkan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel yang menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) yang dipadukan dengan OGS (One Glass System) dari Corning Concore Glass, sama seperti yang disematkan pada ponsel 4G Xiaomi Mi 4i yang telah dirilis global.

Ponsel 4G LTE canggih ini menjalankan sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop dengan balutan antarmuka menawan dari MIUI 7. Berhubung Xiaomi Mi 4c ini menggunakan ROM stable Tiongkok, tidak tersedia layanan dan aplikasi Google di dalamnya, sehingga pengguna harus mengunduh Google Installer terlebih dahulu.

Performa adalah keunggulan utama yang ditawarkan oleh smartphone Xiaomi Mi 4c. Banyak yang menjuluki ponsel ini sebagai “flagship in disguise” atau smartphone setara flagship yang didesain untuk kelas menengah. Ponsel 4G LTE besutan Xiaomi ini mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 808 yang mengusung prosesor hexa-core 64-bit yang terdiri dari quad-core ARM Cortex A53 1,4Ghz dan dual-core ARM Cortex-A57 1,8GHz dan dipadukan dengan memori RAM sebesar 3GB. Sisi grafis, ponsel ini mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) dari Adreno 418. Sedangkan varian 16GB diketahui mengusung RAM 2GB saja.

Kemampuan kamera Xiaomi Mi 4c juga mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan Mi 4i menurut Laptophia Blog. Smartphone 4G ini mengandalkan dukungan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel menggunakan sensor Sony Exmor IMX258 atau Samsung S5K3M2 ISOCELL yang dilengkapi phase-detection autofokus dengan aperture f/2.0 yang diperkuat oleh dual-tone LED flash. Smartphone 4G LTE Xiaomi Mi 4c juga diperkuat oleh kamera depan 5 megapiksel dengan aperture f/1.8 untuk foto selfie.

Kesan Pertama Xiaomi Mi 4c 32GB

IMG_20151202_155047_HDR
Saat Laptophia melakukan hands on atau menjajal smartphone Xiaomi Mi 4c secara langsung, terasa seperti memegang saudara kembar Xiaomi Mi 4i. Selama ini laptophia memang menggunakan Mi 4i sebagai andalan untuk berkomunikasi atau memotret. Sisi layar, impresi awal smartphone Mi 4c ini cukup memuaskan dan terlihat lebih baik dari Mi 4i.

Layar smartphone ini mampu menghasilkan warna hitam yang pekat, tetapi warna lain sedikit terlihat bluish dan oversaturated. Laptophiaa menggunakan setting brightness auto, dan sejauh ini cukup nyaman di mata. Respon taouchscreen ponsel 4G ini juga responsif.

Impresi awal Laptophia Blog mengenai performa Xiaomi Mi 4c ini juga memuaskan, jauh lebih responsif dibandingkan Xiaomi Mi 4i. Selama ini, Laptophia sering menggunakan mode HDR saat memotret dan itu membutuhkan waktu agak lama untuk menyimpan gambar di Mi 4i. Namun, menggunakan Xiaomi Mi 4c ini proses penyimpanan gambar berlangsung lebih cepat.

Hal ini juga berlaku ketika kita melakukan navigasi menu dan buka tutu aplikasi. Tampaknya duet Qualcomm Snapdragon 808 dengan RAM 3GB LPDDR3 ini mampu memberikan impresi awal yang mengagumkan untuk ponsel dengann harga di bawah Rp 4 juta.

Lalu bagaimana dengan kamera Xiaomi Mi 4c ini? Meski dilengkapi dengan phase-dtection autofocus, Laptophia merasa kecepatan fokus kamera Mi 4c ini tak jauh berbeda dengan Mi 4i. Impresi awal mengenai hasil jepretan kameranya juga relatif mirip dengan Xiaomi Mi 4i.

Namun, perlu review lebih mendalam untuk mengetahui sejauh apa kemampuan kamera smartphone Xiaomi Mi 4c ini. Berdasarkan penelusuran Laptophia, Xiaomi Mi 4i menggunakan sensor Sony IMX214 dan Xiaomi Mi 4c menggunakan sensor Sony IMX258.

Baca juga:HP Star Wars Special Edition 15-an010TX Sudah Bisa Dipesan di Indonesia

Harga Xiaomi Mi 4c 32GB

Harga smartphone 4G LTE Xiaomi Mi 4c 32GB yang yang datang ke markas Laptophia Blog ini adalah Rp 3.899.000 atau tepatnya Rp 3,9 juta. Beberapa seller di toko online ada yang menjualnya dengan harga yang lebih murah atau lebih mahal, tergantung distributor dan lokasi penjualnya.

Berdasarkan harga dan spesifikasi yang ditawarkan, jelas Xiaomi Mi 4c 32GB ini adalah salah satu smartphone monster yang sulit ditandingi di kelas harga di bawah Rp 4 juta. Spesifikasi setara dengan LG Nexus 5X, kamera yang mumpuni, fitur lengkap, dan desain yang kompak menjadi daya tarik utama smartphone canggih ini. Laptophia menilai Xiaomi Mi 4c 32GB sangat laik dipertimbangkan, meski hanya tersedia varian garansi distributor.

Spesifikasi Xiaomi Mi 4c 32GB

  • Sistem Operasi Android 5.1.1 Lollipop dengan antarmuka MIUI v7
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 808 dengan prosesor hexa-core 64-bit yang terdiri dari quad-core ARM Cortex A53 1,4Ghz dan dual-core ARM Cortex-A57 1,8GHz
  • Grafis Adreno 418
  • Kamera 13 megapiksel phase-detection autofokus dilengkapi dual-tone LED flash, sensor Sony IMX258/Samsung S5K3M2 dengan aperture f/2.0. Kamera depan 5 megapiksel dengan aperture f/1.8
  • Layar 5 inci, dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, kerapatan 441 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, OGS, Corning Concore Glass
  • Memori RAM 2GB/3GB, memori internal 16GB/32GB tanpa slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM, IR Blaster
  • Dimensi 138.1 x 69.6 x 7.8 mm dan berat 132 gram
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Baterai 3080mAh lithium polymer
  • Warna White, Grey, Pink, Yellow, dan Blue
Anda mungkin suka:Xiaomi Redmi Note 2 Prime, Ponsel 4G LTE Mulai Tersedia di Indonesia
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks