IBX582004D475488 Review Alcatel Flash 2, Smartphone 4G Cocok untuk Selfie

Review Alcatel Flash 2, Smartphone 4G Cocok untuk Selfie




Review Alcatel Flash 2 – Beberapa waktu lalu smartphone 4G LTE Alcatel Flash 2 telah hadir di Laptophia Blog dan telah kami lakukan unboxing. Pada posting kali ini Laptophia Blog akan membahas review Alcatel Flash 2 yang merupakan smartphone 4G yang cocok untuk foto selfie. Hal ini terlihat dari spesifikasi kamera depan yang cukup wah di kelas Rp 2 juta, yakni berkekuatan 5 megapiksel autofokus lengkap dengan LED flash.

Sejauh ini sangat jarang smartphone dilengkapi dengan kamera depan berkemampuan autofokus. Kamera belakang ponsel 4G ini juga tak kalah mumpuni dengan mengandalkan sensor Samsung dan didukung oleh fitur PDAF (Phase Detection Autofocus). Berikut review ponsel 4G Alcatel Flash 2 yang telah Laptophia Blog lakukan.


IMG_20151024_082316_HDR

Paket Pembelian Alcatel Flash 2

IMG_20151024_082719_HDR
  • Unit Alcatel Flash 2
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Headset
  • Screen protector
  • Flip cover
  • Kartu garansi
  • Buku manual
  • SP XL

Desain Alcatel Flash 2

IMG_20151024_081735_HDR
Smartphone Alcatel Flash 2 hadir dengan desain yang berbeda dari kebanyakan ponsel Android lainnya. Berdasarkan informasi yang Laptophia Blog terima, ponsel inmi menggunakan konsep desain PIC (Perfect In Hand). Konsep ini mengedepankan kenyamanan saat menggenggam ponsel. Bagian atas dan bawah ponsel ini mengusung desain yang membulat atau agak melengkung dengan frame berbahan metal.

Bagian bawah layar terdapat lingkaran yang merupakan tombol home yang mempermanis tampilannya. Sedangkan casing belakang Alcatel Flash 2 ini menggunakan tekstur yang agak kasar, sehingga tidak licin ketika digenggam. Secara umum, desain smartphone 4G ini menawarkan desain yang fresh dan menarik, tetapi besel atas dan bawahnya agak tebal sehingga ukurannya menjadi agak bongsor.

Bagian depan ponsel Alcatel Flash 2 ini terdapat LED flash depan, earpiece, lubang kamera depan, LED notifikasi, layar sentuh berukuran 5 inci, serta di bawahnya terdapat tombol kapasitif yang terdiri dari Back, Home, dan Recent Apps. Ketiga tombol kapasitif tersebut dilengkapi dengan cahaya latar atau backlight.

Agak disayangkan, layar smartphone ini tidak dilengkapi dengan lapisan antigores. Beruntung, ponsel ini sudah dilengkapi screenguard pada paket penjualannya. Alcatel menempatkan tombol power, volume rocker, dan tombol shutter kamera pada sisi kanan ponsel. Sedangkan port microUSB terletak di sisi bawah dan port audio 3,5mm berada di sisi atas.

Kehadiran tombol shutter fisik ini menjadi salah satu kelebihan dan daya tarik bagi ponsel OneTouch Flash 2 ini. Sedangkan pada bagian belakang ponsel 4G ini terdapat lubang kamera, dual-tone LED flash, dan lubang speaker.

Baca juga: Lenovo Tab 2 A8-50, Tablet 4G LTE Dolby Atmos Masuk Indonesia
IMG_20151024_081746_HDR
Baterai smartphone 4G besutan Alcatel ini berkapasitas 3000mAh yang yang bersifat non removable atau tidak dapat dilepas. Flash 2 dibekali dua slot microSIM, dan sebuah slot microSD. Ketiga slot tersebut dapat diakses dengan melepas casing belakang terlebih dulu.

Kedua SIM yang digunakan oleh Alcatel Flash 2 ini jenis microSIM. Membuka casing belakang smartphone ini tidak terlalu sulit. Kelebihan lain yang ditawarkan oleh smartphone ini adalah dilengkapi dengan flipcase premium dalam paket pembeliannya.

Software Alcatel Flash 2

Home
Smartphone 4G LTE Alcatel Flash 2 ini menggunakan sistem operasi Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka stock Android. Tampilan Android stock atau yang juga sering disebut dengan Vanilla Android ini adalah tampilan standar Android yang dirancang oleh Google.

Apa yang ditawarkan oleh tampilan UI OneTouch Flash 2 ini sama dengan apa yang ditawarkan oleh smartphone Android One atau Nexus, minus jaminan update. Sampai saat ini memang belum ada kejelasan apakah ponsel ini akan menerima update Android 6.0 Marshmallow atau tidak.

Desain Android stock yang digunakan oleh Alcatel Flash 2 ini menggunakan gaya Material Design yang flat dan elegan, serta sedikit berbeda dari tampilan UI smartphone Android One. Selain itu, tampilan UI-nya relatif ringan dan responsif. Susunan menunya juga relatif intuitif dan mudah digunakan menurut Laptophia Blog.

Struktur menu terdiri dari Lockscreen, Homescreen, dan menu drawer. Fasilitas kostumisasi yang disediakan juga relatif terbatas. Pengguna dapat mengganti wallpaper lockscreen, homescreen, dan menambah/mengurangi widget. Smartphone ini dilengkapi fitur double tap to wake dan gesture wake up, sama seperti ZenMotion pada Zenfone atau Gesture Access pada Evercoss.

Ponsel 4G LTE ini membawa aplikasi standar dari Google, sebut saja Google Play Store, Google Drive, Google Camera, Chrome, Gmail, dan sebagainya. Tak hanya itu, beberapa aplikasi pihak ketiga juga disertakan dalam smartphone ini, antara lain adalah Facebook, Twitter, Zapps, dan banyak lagi.

Baca juga: Menjajal Jaringan 4G LTE Smartfren di Solo – Boyolali

Benchmark Alcatel Flash 2

CPU-Z
CPU-Z Alcatel Flash 2
Geekbench 3
Benchmark Geekbench 3 Alcatel Flash 2
AnTuTu
Benchmark AnTuTu Alcatel Flash 2
Vellamo
Benchmark Vellamo Alcatel Flash 2
Screenshots Review Alcatel Flash 2 Tuxlin Blog13
Benchmark Quadrant Standard Alcatel Flash 2
Screenshots Review Alcatel Flash 2 Tuxlin Blog14Screenshots Review Alcatel Flash 2 Tuxlin Blog15
Sensorbox for Android dan Multitouch Tester Alcatel Flash 2

Hasil Foto Alcatel Flash 2

IMG_20151024_084030IMG_20151024_084223
Foto Macro Alcatel Flash 2
IMG_20151029_080250IMG_20151025_143214
Foto Siang Hari Alcatel Flash 2
IMG_20151024_211306
Foto Malam Hari Alcatel Flash 2
IMG_20151025_172615
Foto Kamera Depan Alcatel Flash 2

Review Alcatel Flash 2

Smartphone 4G LTE Alcatel Flash 2 ini dilengkapi dengan layar HD berteknologi IPS. Menurut Laptophia Blog, awalnya layar ponsel ini terlihat standar kualitasnya. Namun, dukungan fitur MiraVision ternyata mampu meningkatkan kualitas layarnya.

Layar smartphone ini mampu menghasilkan gambar yang tajam, padat, reproduksi warna yang vivid, dan brightness yang nyaman di mata. Tak hanya itu, layar ponsel ini menawarkan viewing angle yang luas dan menunjukkan kinerja yang cukup baik ketika digunakan di bawah sinar matahari.

Ponsel OneTouch Flash 2 besitan Alcatel ini mengandalkan dukungan chipset MediaTek MT6753 yang didalamnya mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit dengan kecepatan 1,3GHz dan dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB, serta diperkuat grafis dari Mali-T720MP3.

Hal ini membuat Flash 2 menawarkan tingkatan performa yang setara dengan Meizu M2 Note atau Infinix Zero 2. Ponsel ini juga menawarkan kinerja yang cukup bersaing dengan smartphone lain yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 615.

Laptophia menjajalnya dengan menjalankan beberapa aplikasi sosial media di background, hasilnya? Ponsel ini tetap smooth tanpa lag. Kapasitas RAM yang mencapai 2GB tampaknya berperan besar dalam mendongkrak performanya. Kemampuannya dalam memainkan game juga cukup memadai, meski tak sehebat Alcatel Flash Plus.

Baca juga: Cara Update MIUI 7 di Xiaomi Mi 4i Melalui OTA (Over the Air)

Sektor kamera bisa dikatakan kelebihan utama dari ponsel 4G LTE Alcatel Flash 2 dengan mengandalkan kamera belakang yang berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor Samsung ISOCELL S5K3M2 lengkap dengan fitur phase-detection autofokus (PDAF) dan dual-tone LED flash. Fitur PDAF ini biasanya hanya dimiliki ponsek kelas atas yang secara signifikan mampu meningkatkan kecepatan fokus kamera.Flash 2 juga didukung kamera depan berkekuatan 5 megapiksel dengan lensa wide-angle yang juga dilengkapi dengan LED flash untuk mengakomodasi foto selfie.

Berdasarkan analisa yang telah Laptophia Blog lakukan, kamera ponsel Flash 2 ini memiliki kecepatan fokus yang sangat cepat dan bisa dikatakan di atas rata-rata smartphone lainnya. Hal ini tak lepas dari dukungan fitur PDAF (Phase Detection Autofocus) yang biasanya hanya dimiliki oleh smartphone kelas menengah dan atas saja.

Hasil foto kamera Alcatel Flash 2 ini mampu menghasilkan warna yang vivid dan mendekati aslinya. Sayangnya, detail yang dihasilkan smartphone ini agak kurang menurut Laptophia. Meski demikian, kamera smartphone ini dapat diandalkan di segala kondisi, termasuk malam hari. kemampuannya dalam memotret macro juga patut diacungi jempo.

Kamera depan smartphone ini juga mampu menghasilkan foto yang matap di kelasnya, yakni tajam, warna yang mendekati akurat, dan detail. Dukungan LED flash depan juga sangat membantu untuk foto selfie pada kondisi minim cahaya.

Kualitas audio smartphone Flash 2 ini cukup baik, sayangnya headset bawaannya tidak mampu memuaskan Laptophia Blog. Kualitas audio headset bawaannya kurang detail, terutama untuk treble dan vokalnya. Sedangkan speaker bawaan smartphone ini cukup nyaring dan kualitasanya cukup baik.

Alcatel membekali smartphone ini dengan memori internal 16GB yang dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Smartphone ini juga telah mendukung USB OTG.

Secara umum, Laptophia melihat Alcatel Flash 2 ini sebagai smartphone dengan desain yang elegan, fresh, dan dilengkapi dengan kemampuan kamera yang mumpuni. Kinerja yang ditawarkan ponsel ini juga tak bisa dipandang sebelah mata. Kehadirannya bakal menjadi pesaing tangguh bagi Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG, Xiaomi Redmi 2 Prime, Meizu M2 Note, dan Samsung Galaxy Grand Prime Plus.

Baca juga: Evercoss Elevate Y3+, Smartphone 4G dengan LED Flash Depan

Harga Alcatel Flash 2

Harga smartphone Alcatel Flash 2 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia Blog himpun adalah Rp 1.999.000. Smartphone yang cocok untuk foto selfie ini dijual secara eksklusif melalui toko online Lazada, sama seperti smartphone Alcatel sebelumnya, yakni OneTouch Flash dan OneTouch Flash Plus.

Berdasarkan review yang telah Laptophia lakukan, smartphone Flash 2 ini cukup layak dipertimbangkan. Kamera yang mumpuni dikelasnya, kinerja yang tinggi, dan kamera depan yang cocok untuk foto selfie menjadi nilai tambah bagi ponsel ini. Absennya sensor magnet dan gyroscope menjadi salah satu kelemahan ponsel ini. Laptophia Blog menilai ponsel ini layak beli dikelasnya.

Spesifikasi Alcatel Flash 2

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop
  • Chipset MediaTek MT6753, prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit 1,3GHz
  • Grafis Mali-T720MP3
  • Kamera 13 megapiksel phase-detection autofokus dengan sensor Samsung ISOCELL S5K3M2 dilengkapi dual-tone LED flash. Kamera depan 5 megapiksel dengan lensa wide-angle dilengkapi LED flash
  • Layar 5 inci, dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS panel
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB dilengkapi slot microSD maksimal 128GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi –
  • Baterai 3000mAh
Anda mungkin suka:Andromax Ec, Smatrtphone 4G Murah dengan DTS Sound


;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks