eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Memilih Lokasi yang Tepat untuk Data Center Anda

Memilih Lokasi yang Tepat untuk Data Center Anda - Bagi sebuah bisnis, data center sangat bermanfaat untuk menjaga dan menyimpan data penting pelanggan dan perusahaan. Singkatnya, data center adalah pusat media penyimpanan digital yang memungkinkan penggunanya untuk bisa mengakses file walau tengah mengalami gangguan.

Sebagai pusat penyimpanan, tentu perlu diletakkan di lokasi yang strategis agar pengguna bisa mengaksesnya dengan mudah. Namun, tidak jarang masih banyak perusahaan yang belum memahami pentingnya memilih lokasi yang tepat untuk data center bisnis.

Memilih Lokasi yang Tepat untuk Data Center Anda
Credit: Pixabay


Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas mengenai pengaruh lokasi terhadap kualitas data center serta faktor apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih lokasi. Mari simak pembahasan lebih lengkapnya di bawah ini!

Pengaruh Lokasi Terhadap Kecepatan dan Kualitas Konektivitas

Walaupun data center memang disediakan oleh provider, Anda bisa menentukan lokasi penempatan media penyimpanan tersebut agar lebih optimal dalam penggunaannya. Sama seperti internet, penempatan media ini juga berpengaruh terhadap kecepatan dan kualitas konektivitas penyimpanan.

Semakin jauh letak data center, semakin tinggi juga kemungkinan latensi yang terjadi. Latensi di sini merujuk pada waktu yang diperlukan sebuah data untuk dikirimkan dari pusat ke penerima.

Contoh sederhananya adalah saat Anda ingin membuka situs yang berada di Amerika. Akses Anda akan dibatasi atau bahkan tidak bisa masuk ke dalam server akibat media penyimpanan yang tidak berada di dekat Anda. Maka dari itu, solusinya adalah Anda diarahkan untuk menggunakan VPN (Virtual Private Network) yang memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan pusat jaringan.

Sederhananya, Anda berpindah jaringan ke dekat pusat data agar dapat mengakses informasi di suatu situs. Begitulah gambaran pengaruh lokasi terhadap kecepatan akses data center.

Namun, perlu dijadikan perhatian juga bahwa memilih lokasi pusat data ini tidak semua provider menyediakannya. Ada beberapa provider yang sudah menyediakan paket pembagian hosting server di beberapa daerah, tetapi ada juga yang tidak.

Sebagai contoh, salah satu provider yang menawarkan penempatan lokasi data center strategis adalah Link Net. Umumnya, perusahaan ini akan meletakkan pusat data di lokasi dekat pusat kota dengan didukung produk media penyimpanan yang sudah tersertifikasi Tier 3. Jadi, penting juga bagi perusahaan untuk memperhatikan layanan dan fasilitas yang ditawarkan oleh provider.

Faktor-Faktor yang Harus Dipertimbangkan saat Memilih Lokasi Data Center

Sebelum menggunakan data center, ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa faktor pemilihan lokasi penyimpanan berikut ini:

1. Ketersediaan daya yang kuat

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah mudah atau sulitnya data diakses oleh pengguna. Aksesibilitas ini berkaitan dengan sumber daya penyokong data center, seperti listrik, agar dapat terus beroperasi selama 24 jam penuh.

Jika lokasi penempatan media penyimpanan tidak didukung oleh daya listrik yang kuat, dikhawatirkan pengguna akan terus terhambat dalam mengambil dan mengelola informasi. Anda juga perlu mempertimbangkan tenaga cadangan guna mengantisipasi ketika aliran listrik mengalami gangguan, seperti korsleting, arus pendek, dan lain sebagainya.

2. Kondisi lingkungan

Berikutnya, kondisi lingkungan, khususnya cuaca dan bencana alam juga turut menjadi perhatian dalam pemilihan lokasi data center. Hal ini berkaitan dengan ketersediaan data karena umumnya cuaca buruk dan bencana alam bisa merusak infrastruktur server pusat data sehingga menghambat pengguna untuk mengakses informasi.

Misalnya, daerah A dikenal dengan sistem saluran airnya yang buruk sehingga ketika hujan lebat, daerah tersebut akan segera digenangi banjir. Jika Anda sudah mengetahui informasi tersebut, ada baiknya perusahaan Anda tidak meletakkan media penyimpanan di daerah tersebut. Air banjir akan masuk ke dalam lokasi pusat data yang bisa menyebabkan korsleting listrik hingga kebakaran. Tentu Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

3. Kedekatan lokasi data center dengan pengguna

Semakin dekat lokasi pusat data dengan pengguna, khususnya perusahaan, semakin tinggi juga tingkat aksesibilitasnya. Kedekatan lokasi ini bisa berkaitan dengan lokasi yang banyak diakses oleh pengguna atau lokasi tim IT yang akan mengawasi dan memelihara server.

Pemilihan ini ditentukan sesuai kebutuhan dan tujuan perusahaan. Tentunya kedua opsi tersebut akan menimbulkan sisi untung dan rugi.

Jika perusahaan memilih penempatan dekat dengan pengguna, Anda harus siap menghadapi risiko seperti pengeluaran biaya lebih tinggi jika suatu saat terjadi kendala. Namun, di sisi lain, lokasi ini bisa berikan keuntungan karena jumlah pengunjung situs bisnis Anda akan terus meningkat.

Selanjutnya, jika Anda memutuskan menempatkan data center dekat dengan kantor, pengawasan dan pemeliharaan server bisa lebih maksimal. Namun, dikhawatirkan jumlah pengunjung bisa berkurang.

Solusi yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan provider seperti Link Net untuk menyediakan infrastruktur data center Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu memikirkan pemeliharaan server karena sudah menjadi tanggung jawab provider. Anda juga akan diarahkan untuk meletakkannya di posisi strategis guna meningkatkan efisiensi operasional bisnis.

4. Perhatikan lokasi CDN (Content Delivery Network)

Dalam penggunaan data center, CDN juga sangat berpengaruh dalam meningkatkan performa situs bisnis. CDN di sini berfungsi untuk penyediaan data cukup yang tersebar di beberapa wilayah agar pengguna bisa mengakses informasi dengan cepat.

Apabila Anda mempertimbangkan penempatan lokasi data center yang berdekatan dengan CDN, situs bisnis akan lebih banyak didatangi pengunjung. Dengan begitu, secara tidak langsung, banyaknya pengunjung akan meningkatkan transaksi dan pendapatan perusahaan.

Hal ini lantaran CDN bisa memberikan informasi seputar pola interaksi pengguna dalam mengakses internet sehingga Anda dapat menentukan target pasar secara tepat.

Itulah penjelasan mengenai pengaruh dan faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih lokasi yang tepat untuk data center Anda. Penting bagi bisnis untuk memperhatikan hal tersebut guna meningkatkan operasional bisnis dan tentunya pendapatan perusahaan. Dalam penggunaan media penyimpanan tersebut, pastikan Anda memilih provider yang tepat dan terpercaya seperti Link Net. Layanan tersebut akan menempatkan data center Anda di lokasi terbaik dan strategis diimbangi dengan pemeliharaan server secara berkala. Jadi, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya perawatan. Cukup menguntungkan, bukan?

Posting Komentar

Posting Komentar