eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z Kian Kencang dan Canggih Berkat CPU 12th Gen Intel Core H Series

Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z Kian Kencang dan Canggih Berkat CPU 12th Gen Intel Core H Series - Tahun 2021 silam ROG Zephyrus M16 hadir dengan inovasi yang belum pernah ada sebelumnya di dalam sebuah laptop gaming. Sesuai dengan namanya, ROG Zephyrus M16 mengusung layar berukuran 16-inci, sebuah ukurang yang sangat tidak umum pada saat itu apalagi di laptop gaming. Meski demikian, layar 16-inci ternyata hadir dengan kelebihan tersendiri.

Selain memiliki ukuran lebih besar dari rata-rata laptop gaming (yang sebagian besar masih mengusung layar 15-inci), layar ROG Zephyrus M16 ternyata tidak serta merta membuat ukuran bodi laptop gaming tersebut membengkak. Berkat teknologi super narrow bezel, ROG Zephyrus M16 mampu menghadirkan layar 16-inci dengan form factor seperti laptop 15-inci. Dengan demikian, gamer bisa menikmati game secara lebih immersive pada laptop dengan bodi yang tetap ringkas.

Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z Kian Kencang dan Canggih Berkat CPU 12th Gen Intel Core H Series


Asus ROG Zephyrus M16 juga menghadirkan standar baru pada kualitas layar di sebuah laptop gaming. Jika sebelumnya layar laptop gaming hanya berfokus pada fitur penunjang kegiatan bermain game, ROG Zephyrus M16 juga dapat mengakomodasi kebutuhan konten kreator. Ya, ROG Zephyrus M16 menggunakan layar beresolusi QHD serta mengusung rasio 16:10. Layarnya juga telah dikalibrasi, mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display, serta memiliki color gamut 100% DCI-P3.

Baca juga:Review Asus Vivobook Pro 16X OLED N7600PC, Layar Besar Resolusi 4K untuk Manjakan Kreator Konten

Lantas apakah Asus ROG Zephyrus M16 tidak cocok untuk bermain game? Tentu saja tidak. Laptop gaming ini masih mengusung layar dengan refresh rate 165Hz dan response time 3ms. Didukung oleh CPU 12th Gen Intel Core H Series dan GPU NVIDIA GeForce RTX, ROG Zephyrus M16 juga sangat nyaman untuk bermain game.

Gebrakan tersebut pun berlanjut dan di tahun 2022 kali ini ROG Zephyrus M16 kembali hadir dengan sederet fitur baru yang akan membuat para konten kreator lebih produktif dan gamer lebih menikmati pengalaman bermainnya. Sambut ROG Zephyrus M16 GU603Z yang sudah ditenagai oleh CPU 12th Gen Intel Core H Series.

Layar Ideal untuk Segala Aktivitas

Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z Kian Kencang dan Canggih Berkat CPU 12th Gen Intel Core H Series


ROG Zephyrus M16 GU603Z bukan sembarang laptop gaming. Tidak hanya sekadar powerful untuk bermain game, laptop gaming ini juga dibekali layar yang sangat ideal untuk berbagai aktivitas termasuk content creation. ROG Zephyrus M16 GU603Z menggunakan standar baru layar laptop gaming yaotu ROG Nebula Display. ROG Nebula Display dibangun atas kebutuhan dasar gaming yaitu kecepatan, tingkat kecerahan, dan kualitas visual. 

Layar laptop gaming yang menggunakan ROG Nebula Display seperti ROG Zephyrus M16 GU603Z dipastikan mengusung panel yang memiliki color gamut 100% DCI-P3, tingkat kecerahan 500 nits, dilengkapi fitur adaptive sync, serta memiliki response time 3ms. Tidak hanya itu, layar ROG Nebula Display juga telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display untuk akurasi warna, TÃœV Rheinland untuk low blue light dan anti-flicker, serta mendukung teknologi dari Dolby Vision. 

Spesifikasi tersebut sangat menegaskan bahwa ROG Zephyrus M16 GU603Z merupakan laptop yang sangat ideal untuk gaming sekaligus content creation. Layar berukuran 16-inci dengan resolusi QHD (2560x1600) 16:10 sangat nyaman untuk kedua kegiatan tersebut. Selain dapat menampilkan detail dengan sangat baik berkat resolusinya yang tinggi, layar ROG Zephyrus M16 GU603Z tetap nyaman untuk bermain game karena mengusung refresh rate 165Hz dan response time 3ms. Resolusinya juga sangat pas untuk kebutuhan gaming modern.

Performa Kian Kencang dengan 12th Gen Intel Core H Series

Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z Kian Kencang dan Canggih Berkat CPU 12th Gen Intel Core H Series


Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z menggunakan CPU generasi terbaru yaitu 12th Gen Intel Core H Series. Di varian tertingginya, ROG Zephyrus M16 GU603Z dibekali dengan CPU Intel Core i9-12900H yang menggunakan konfigurasi dua jenis core terbaru yaitu Performance Core (P-Core) dan Efficient Core (E-Core). 

P-Core merupakan core CPU yang dihususkan untuk memproses tugas-tugas yang membutuhkan performa kencang seperti game dan aplikasi kreatif. Sedangkan E-Core hadir untuk memproses sebagian besar tugas-tugas minor yang biasanya berjalan di background seperti aplikasi anti-virus hingga system update.

Baca juga:Review Asus Zenbook 14X OLED UX5400EG, Laptop Premium untuk Dukung Produktivitas

Konfigurasi core terbaru tersebut membuat pemrosesan di CPU dapat berjalan secara lebih optimal secara keseluruhan. Pada akhirnya, konfigurasi P-Core dan E-Core di 12th Gen Intel Core H Series dapat memberikan peningkatan performa yang siginifikan dibandingkan CPU generasi sebelumnya.

Intel Core i7-12700H yang digunakan di unit pengujian kali ini misalnya. CPU high performance tersebut memiliki 6 P-Core dan 8 E-Core dengan total 14 core dan 20 thread (tiap P-Core memiliki 2 thread, sementara E-Core memiliki 1 thread) dengan kecepatan pemrosesan hingga 4,7GHz. Agar setiap P-Core dan E-Core dapat berkomunikasi secara optimal dengan sistem operasi, Intel juga menghadirkan fitur bernama Thread Director ke dalam CPU 12th Gen Intel Core H Series. Thread Director bertugas untuk menentukan proses mana yang bakal dikerjakan oleh P-Core ataupun E-Core.

Benchmark Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z

Benchmark Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z

Benchmark Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z

Benchmark Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z

Benchmark Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z

Benchmark Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z

Benchmark Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z

Benchmark Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z



GPU Diskrit Terbaru Dilengkapi MUX Switch

Benchmark Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z


Komponen generasi baru di Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z tidak hanya dari sisi CPU, tetapi juga GPU. Varian tertinggi laptop gaming ini sudah dibekali dengan GPU NVIDIA GeForce RTX 3070Ti. Tidak hanya itu, GPU di ROG Zephyrus M16 GU603Z dapat berjalan lebih kencang berkat konfigurasi TGP yang lebih tinggi dibandingkan pendahulunya.

Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z yang dibekali CPU Intel Core i7-12700H dan GPU GeForce RTX 3060 misalnya, memiliki TGP (Total Graphic Power) hingga 120W (dengan ROG Boost). TGP tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan TGP di GPU GeForce RTX 3060 di ROG Zephyrus M16 seri sebelumnya yang hanya berada di angka 95W (dengan Dynamic Boost). TGP yang lebih besar berbanding lurus dengan peningkatan performa grafis. Dengan kata lain, ROG Zephyrus M16 GU603Z terbaru memiliki performa grafis lebih baik dari pendahulunya.

Tak hanya itu, ROG Zephyrus M16 GU603Z terbaru juga dibekali dengan MUX Switch. Chip khusus tersebut memungkinkan GPU GeForce RTX di ROG Zephyrus M16 GU603Z untuk dapat langsung terhubung dengan sistem tampilan (display). MUX Switch memangkas alur jalannya data yang sebelumnya harus melewati integrated GPU (iGPU) terlebih dahulu sebelum ke sistem tampilan. 

Baca juga:Review Asus Vivobook Pro 14X OLED N7400PC, Laptop Futuristik Canggih untuk Kreator Konten

Kehadiran MUX Switch membuat GPU di Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z dapat menghasilkan performa terbaiknya. Peningkatan performa di berbagai judul game pun sangat terasa, yaitu rata-rata 10fps. Bahkan di game Rainbow Six Siege, peningkatan framerate menggunakan MUX Switch bisa mencapai 30fps. MUX Switch memberikan fleksibilitas bagi pengguna ROG Zephyrus M16 GU603Z untuk memaksimalkan potensi penggunaan laptopnya.

Sudah Menggunakan RAM DDR5 dan PCIe Gen4 SSD

Selain ditenagai oleh CPU dan GPU generasi terkini yang powerful, Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z juga dibekali sistem memori dan penyimpanan yang tidak kalah canggih. Untuk memori, ROG Zephyrus M16 GU603Z telah dibekali dengan 16GB dual-channel DDR5 RAM berkecepatan 4800MHz. Dalam skenario gaming, memori tersebut dapat membantu menaikkan minimum framerate sehingga meminimalisir efek stuttering saat bermain.

Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z dibekali dengan penyimpanan berupa NVMe PCIe Gen4 SSD. Penyimpanan generasi terkini tersebut juga menghadirkan kecepatan transfer yang sangat tinggi, yaitu dengan kecepatan baca hingga 7Gbps. SSD berkecepatan tinggi tersebut membuat proses loading di aplikasi, game, hingga booting dapat dilakukan lebih cepat.

Sisitem Pendinginan Andal

Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z Kian Kencang dan Canggih Berkat CPU 12th Gen Intel Core H Series


Sebelumnya kita telah megetahui bahwa Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z terbaru memiliki TGP lebih tinggi dibandingkan pendahulunya. TGP yang lebih besar memang membuat performa lebih kencang, namun panas yang dihasilkan pun akan lebih tinggi. Untuk itulah Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z dibekali dengan sistem pendingin ROG Intelligent Cooling yang dibekali komponen dengan desain baru sehingga panas dapat dilepaskan secara lebih efektif.

ROG Intelligent Cooling yang digunakan di ROG Zephyrus M16 GU603Z hadir dengan komponen yang telah diperbarui. Kipas dengan teknologi variable blade thickness adalah salah satunya. Teknologi tersebut memanfaatkan struktir bilah kipas dengan ketebalan yang berbeda pada bagian tengah dan ujungnya. Struktur tersebut dapat meminimalisir turbulensi yang sering terjadi di ujung bilah kipas, sehingga memungkinkan kipas untuk mengalirkan udara secara lebih baik.

Jumlah aliran udara di Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z juga sangat diperhitungkan. ASUS bahkan memberikan rongga udara ekstra di bagian kanan dan kiri keyboard ROG Zephyrus M16 GU603Z sehingga laptop gaming ini tidak akan kekurangan suplai udara dingin saat digunakan.

Sistem pendingin Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z dibekali dengan enam heatpipe yang terhubung ke empat saluran pembuangan panas. Di saluran pembuangan panas tersebut juga terdapat heatsink dengan total 247 fin yang memungkinkan proses pelepasan panas dapat berjalan lebih optimal.

Agar debu dan partikel mengganggu lainnya tidak mudah tersangkut di heatsink, ASUS memberikan fitur bernama Self Cleaning Cooling 2.0 di sistem pendinginan Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z. Self Cleaning Cooling 2.0 menggunakan struktur khusus berupa terowongan yang dapat mengeluarkan debu keluar langsung dari sistem pendingin ROG Zephyrus M16 GU603Z.

Baca juga:Review Asus Vivobook Pro 14 OLED K3400PH, Laptop Kencang untuk Kreator Konten Pemula

Berkat ROG Intelligent Cooling, Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z dapat berjalan sangat stabil. Pada pengujian stress test menggunakan 3DMark Fire Strike sebanyak 20 kali loop, ROG Zephyrus M16 GU603Z mampu menahan suhu operasional pada rata-rata tak lebih dari 70 derajat Celcius. Angka tersebut tentu tergolong sangat baik apalagi pada sebuah laptop gaming powerful dengan bodi yang sangat ringkas.

Laptop Gaming All-Rounder

Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z Kian Kencang dan Canggih Berkat CPU 12th Gen Intel Core H Series


Dari spesifikasi yang ditawarkan hingga hasil pengujiannya, Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z jelas bukan laptop gaming biasa. Istimewanya adalah laptop gaming ini tetap mengedepankan kebutuhan gaming sekaligus kreator dan berbagai keunggulannya di seri sebelumnya kembali dihadirkan di seri terbaru kali ini. Tidak hanya itu, ASUS ROG juga memberikan upgrade yang cukup melimpah dan berpengaruh langsung pada performa, pendinginan, hingga kualitas tampilan.

Sebagai tambahan, ROG Zephyrus M16 GU603Z juga dibekali dengan HD IR webcam yang sudah mendukung fitur facial recognition melalui Windows Hello. Selain itu ROG Zephyrus M16 GU603Z juga telah dilengkapi dengan fitur Two-Way AI Noise-Cancelling. Kedua fitur tersebut membuat laptop gaming ini juga sangat ideal untuk digunakan sebagai teman bekerja, kuliah, atau sekolah.

Konektivitas dan Port Lengkap

Sebagai laptop gaming sekaligus laptop serba bisa, Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z wajib dilengkapi dengan opsi konektivitas terbaik. Mulai dari konektivitas menggunakan kabel, ROG Zephyrus M16 GU603Z telah dilengkapi berbagai jenis port mulai dari USB 3.2 Gen2 Type-A, HDMI 2.0b, UHS II MicroSD card reader, 3.5mm combo audio jack, bahkan masih hadir dengan port gigabit ethernet (LAN).

Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z Kian Kencang dan Canggih Berkat CPU 12th Gen Intel Core H Series

Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z Kian Kencang dan Canggih Berkat CPU 12th Gen Intel Core H Series

Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z Kian Kencang dan Canggih Berkat CPU 12th Gen Intel Core H Series


Tidak ketinggalan pula port serba bisa Thunderbolt-4 USB Type-C. Selain dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat kelas profesional seperti high speed network adapter atau high speed storage, Thunderbolt 4 yang memiliki kecepatan transfer data hingga 40Gbps tersebut juga dapat digunakan sebagai display port. Dengan kata lain, ROG Zephyrus M16 GU603Z dapat dihubungkan ke monitor beresolusi hingga 8K melalui port Thunderbolt 4.

Sementara itu, konektivitas nerkabel ROG Zephyrus M16 GU603Z disokong oleh WiFi 6E. Teknologi WiFi terbaru tersebut hadir tidak hanya dalam dua frekuensi, tetapi hingga tiga frekuensi yaitu 2,5GHz, 5GHz, dan 6GHz. Frekuensi 6GHz menyuguhkan kecepatan transfer data lebih baik dan stabil ketimbang 2,5GHz dan 5GHz. Gamer pun akan mendapatkan pengalaman bermain game online terbaik lewat ROG Zephyrus M16 GU603Z.

Spesifikasi Asus ROG Zephyrus M16 GU603Z

  • Layar IPS Level ROG Nebula Display dengan LED backlight 16,1 inci resolusi WQXGA 2560 x 1600 piksel, 500 nits, Pantone Validated, refresh rate 165Hz, Anti-Glare Panel dengan 100% DCI-P3 color gamut, Asus Splendid, Dolby Vision HDR
  • Prosesor Intel Core i9-12900H 14-core (20 thread) terdiri dari hexa-core P-core 2,5 GHz TurboBoost 5GHz + octa-core E-core 1,8GHz TurboBoost 3,8GHz
  • Prosesor Intel Core i7-12700H 14-core (20 thread) terdiri dari hexa-core P-core 2,3 GHz TurboBoost 4,7GHz + octa-core E-core 1,7GHz TurboBoost 3,5GHz
  • Chipset Intel HM670
  • Grafis Intel Iris Xe Graphics G7 (96 EUs) + Nvidia GeForce RTX 3070 Ti VRAM 8GB GDDR6
  • Grafis Intel Iris Xe Graphics G7 (96 EUs) + Nvidia GeForce RTX 3060 VRAM 6GB GDDR6
  • Memori RAM 16GB DDR5 4800MHz (8GB onboard + 8GB SODIMM) dual-channel, upgradeable up to 48GB
  • Storage SSD 1TB M.2 NVMe PCIe 4.0 + satu slot M.2 NVMe PCIe 4.0 kosong
  • Konektivitas WiFi 6E (802.11ax) 2x2, Bluetooth 5.2 Combo, Port LAN (RJ45), Port USB 3.2 Gen2, Port USB 3.2 Gen2 Type-C (support Thunderbolt 4.0, DisplayPort dan Power Delivery), Port HDMI, microSD card reader, port combo audio
  • Stealth Type RGB backlight gaming Keyboard
  • Webcam HD 720p IR HD Camera dengan Windows Hello
  • Enam stereo speaker yang terdiri dari 2x 2W tweeter dan 2x 2W dual-force woofer dengan Smart AMP technology dan Dolby Atmos
  • Baterai 4 Cells 90 Whrs Polymer Battery, Fast Charge
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 11 Home + Microsoft Office Home and Student 2021 asli pre-installed
  • Dimensi 35.5 x 24.3 x 1.99 ~ 1.99 cm berat 2Kg
  • Warna Off Black
  • Sertifikat UL, TUV, CE Marking Compliance, FCC Compliance, BSMI, Australia C-TICK / NZ A-Tick Compliance, CCC, GOST-R, CB, Energy star, WEEE, RoHS

ROG Community Indonesia

ASUS ROG Indonesia menghadirkan ROG Community Indonesia, sebagai tempat untuk para pengguna setia laptop gaming ROG dan TUF berbagi pengalaman, bermain game bersama, dan berinteraksi langsung dengan #TeamROG. Segera bergabung dengan ROG Community Indonesia di Discord channel https://bit.ly/DiscordROGCommunityID, Facebook Group https://bit.ly/ROGCommunityID, dan web ROG di https://rogcommunity.id.
Anda mungkin suka:Review Asus ROG Flow Z13 GZ301ZE, Laptop Gaming Unik Kencang yang Tiada Duanya
Posting Komentar

Posting Komentar