eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Asus ROG Flow Z13 Diluncurkan di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya!

Asus ROG Flow Z13 Diluncurkan di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya! -  ASUS baru saja memperkenalkan ROG Flow Z13, laptop sekaligus tablet gaming paling powerful di dunia. Diperkenalkan pada acara Malam Malam Unleash The Legend Inside with ROG Intel 12th Gen pada tanggal 12 April 2022, Asus ROG Flow Z13 tampil sebagai laptop gaming inovatif dengan desain yang belum pernah diadopsi oleh laptop gaming manapun, yaitu 2-in-1 detachable. Desain tersebut memungkinkan ROG Flow Z13 hadir sebagai laptop gaming yang sangat fleksibel atau dapat digunakan di banyak skenario penggunaan.

“Tidak ada laptop gaming seperti Asus ROG Flow Z13,” ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia. “ROG Flow Z13 tidak hanya sekadar tampil dengan desain yang belum pernah digunakan pada sebuah laptop gaming sebelumnya, tetapi juga dibekali dengan hardware yang sangat bertenaga. ROG Flow Z13 memiliki performa setara dengan konsol game modern namun memiliki ukuran bodi yang lebih ringkas serta fungsi yang lebih fleksibel. Ia adalah salah satu laptop gaming paling inovatif  di tahun 2022.”

Asus ROG Flow Z13 Diluncurkan di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya!


Ditenagai 12th Gen Intel® Core™ H Series Processor

Asus ROG Flow Z13 merupakan laptop yang telah ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel® Core™ H Series yang telah menggunakan pemrosesan berbasis Intel 7. Berbeda dengan generasi sebelumnya, prosesor Intel® Core™ generasi ke-12 menggunakan konfigurasi core yang terdiri dari Performance Core (P-core) dan Efficient Core (E-core). 

Baca juga:Review Asus Zenbook 14X OLED UX5400EG, Laptop Premium untuk Dukung Produktivitas

Sesuai dengan namanya, P-core yang memiliki performa tinggi bertugas untuk memproses tugas-tugas berat. Sebaliknya, E-core bertugas menjalankan tugas-tugas ringan namun sangat efisien dan tidak memakan banyak daya.

Kombinasi P-Core dan E-Core menghasilkan sebuah prosesor hibrida yang memiliki kemampuan pemrosesan yang sangat tinggi dan optimal untuk gaming dan content creation, sekaligus mampu tampil sangat efisien dan hemat daya. 

Tidak heran jika prosesor tertinggi di keluarga 12th Gen Intel® Core™ H Series, yaitu Intel® Core™ i9-12900H, menyandang gelar sebagai prosesor mobile paling kencang saat ini berkat konfigurasi 14 core (6 P-core dan 8 E-core) dan 20 thread yang mampu dipacu hingga 5GHz.

Powerful dengan Dukungan ROG XG Mobile External GPU

Asus ROG Flow Z13 Diluncurkan di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya!


Konsep yang diusung oleh Asus ROG Flow Z13 pada dasarnya adalah memungkinkan Anda untuk dapat bermain game di manapun dan kapanpun. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, laptop gaming ini tentu harus ditenagai oleh hardware yang powerful. Tidak heran jika ROG Flow Z13 ditenagai oleh CPU dan GPU generasi terbaru.

Selain dibekali prosesor hingga 12th Gen Intel® Core™ i9-12900H, ROG Flow Z13 juga dibekali dengan GPU hingga NVIDIA® GeForce RTX™ 3050Ti dengan TGP hingga 40W. GPU generasi terbaru dari NVIDIA® ini telah mampu menghadirkan pengalaman gaming yang luar biasa pada resolusi full HD. Untuk menghadirkan pengalaman gaming maksimal pada resolusi dan pengaturan grafis paling tinggi, Asus ROG Flow Z13 dapat dihubungkan dengan ROG XG Mobile.

Asus ROG XG Mobile merupakan solusi GPU eksternal terbaik di dunia. Berbeda dengan solusi GPU eksternal pada umumnya, ROG XG Mobile menggunakan port khusus sebagai koneksinya. Port tersebut terhubung langsung pada jalur data PCIe x8.

Dilengkapi MUX Switch

Asus ROG Flow Z13 telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuat pengalaman gaming semakin baik, salah satunya adalah MUX Switch. MUX Switch merupakan chip khusus yang dapat mengatur jalur data visual yang ditampilkan di layar laptop. Melalui MUX Switch, jalur data visual dari discrete chip grafis bisa dialihkan langsung ke layar laptop tanpa harus melalui prosesor dan integrated chip grafis-nya.

MUX Switch sangat berguna saat ROG Flow Z13 bekerja menggunakan discrete chip grafis yang tertanam di dalamnya, seperti halnya saat bermain game. Karena data visual kini dapat ditampilkan langsung dari discrete chip grafis, performa dalam game pun dapat ditampilkan secara lebih baik. Peningkatan performa pada game dengan menggunakan MUX Switch dapat mencapai 10-30%.

Baca juga:Review Asus Vivobook Pro 14X OLED N7400PC, Laptop Futuristik Canggih untuk Kreator Konten

Sangat Ringkas dan Portabel

Asus ROG Flow Z13 Diluncurkan di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya!


Hadir dengan layar berukuran 13-inci, Asus ROG Flow Z13 juga memiliki ketebalan 12mm dan bobot 1,1kg. ROG Flow Z13 juga dilengkapi "kickstand" di bagian belakang bodi utamanya. Kickstand tersebut berfungsi agar bodi utama laptop tersebut diposisikan secara berdiri dan memudahkan penggunanya. Jika ingin digunakan sebagai laptop, Anda dapat menghubungkan keyboard ROG Flow Z13 ke bagian bawah bodinya. Proses pemasangannya juga sangat mudah karena menggunakan sistem magnetic.

Selain mengusung bezel layar yang sangat tipis, Asus ROG Flow Z13 juga tidak memiliki engsel karena menggunakan desain detachable. Ruang untuk mengakomodasi engsel tersebut dimanfaatkan secara penuh untuk menampung berbagai komponen lainnya. Pada akhirnya, tim riset dan pengembangan di ASUS ROG berhasil mendesain motherboard yang sangat ringkas lengkap dengan sistem pendingin khusus.

Asus ROG Flow Z13 kembali hadir dengan warna hitam dengan desain khas ROG. Di bagian belakang bodi utamanya, ROG Flow Z13 bahkan dilengkapi dengan "jendela" untuk mengintip sebagian komponen yang ada di dalam bodi utamanya. Untuk memperkuat desain khas gaming-nya, jendela tersebut pun dilengkapi dengan lampu RGB LED yang dapat dikustomasi lewat aplikasi Armoury Crate.

Ringkas Namun Tetap Powerful

ROG Flow Z13 mengusung konsep yaitu memungkinkan penggunanya untuk dapat bermain game di manapun dan kapanpun. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, laptop gaming ini tentu harus ditenagai oleh CPU dan GPU generasi terbaru.

Selain itu agar performa gaming-nya lebih optimal, ROG Flow Z13 didukung oleh memori LPDDR5 berkapasitas 16GB. Dibandingkan dengan memori generasi sebelumnya, LPDDR5 memiliki kecepatan 33% lebih tinggi yaitu hingga 4800MHz. 

Baca juga:Review Asus Vivobook Pro 14 OLED K3400PH, Laptop Kencang untuk Kreator Konten Pemula

Terlebih juga karena ROG Flow Z13 telah menggunakan penyimpanan berupa NVMe PCIe 4.0 x4 SSD yang juga mampu menghadirkan kecepatan baca dan tulis yang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. Kombinasi keduanya membuat ROG Flow Z13 dapat menjalankan berbagai aplikasi secara gesit dengan waktu loading yang sangat singkat.

Meski desainnya sangat minimalis, Asus ROG Flow Z13 tetap menyediakan opsi upgrade dengan mudah. ROG Flow Z13 memiliki "pintu khusus" di belakang kickstand-nya sehingga Anda dapat dengan mudah mengakses SSD yang terpasang. Selain itu, Anda juga dapat memasang MicroSD untuk menambah kapasitas penyimpanan.

Sistem Pendingin Inovatif

Asus ROG Flow Z13 Diluncurkan di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya!


Karena mengusung desain yang ringkas dan unik, Asus ROG Flow Z13 dibekali dengan sistem pendingin yang tidak biasa ditemukan di laptop pada umumnya. ROG Flow Z13 menggunakan vapor chamber khusus pada sistem pendinginnya. 

Berbeda dengan heatpipe yang hanya dapat mengalirkan panas dari komponen utama ke heatsink, vapor chamber memiliki fungsi ekstra yaitu melepas panas secara langsung. Berkat penggunaan vapor chamber, proses pendinginan komponen utama di ROG Flow Z13 dapat dilakukan secara aktif maupun pasif.

Asus ROG Flow Z13 juga menggunakan kipas Arc Flow Fan terbaru yang memiliki 84 bilah khusus. ASUS juga menggunakan rancangan Variable Blade Thickness yang membuat setiap bilah kipasnya memiliki ketebalan yang bervariasi. Rancangan tersebut meminimalisir turbulensi sehingga udara dapat mengalir lebih baik dan pendinginan menjadi lebih optimal. 

Sistem pendingin di Asus ROG Flow Z13 juga dilengkapi dengan anti-resonance design yang membuat kipas dapat berputar jauh lebih senyap. Tidak sampai di situ, modul kipas ROG Flow Z13 juga dilengkapi sistem Self Cleaning 2.0. Sesuai dengan namanya, sistem tersebut memungkinkan debu dan partikel untuk dihempaskan ke luar dan tidak tersangkut di dalam sistem pendingin ROG Flow Z13. Self-Cleaning 2.0 membuat sistem pendingin dapat selalu bekerja secara optimal tanpa terganggu oleh debu dan partikel kecil lainnya.

Sistem pendingin khusus dan inovatif di Asus ROG Flow Z13 membuat laptop 2-in-1 detachable ini memiliki performa yang tidak hanya powerful, tetapi juga sangat stabil untuk bermain game dalam jangka panjang. Sistem pendingin ini juga yang memungkinkan ROG Flow Z13 tampil sebagai mesin konsol portabel.

Ayo Bergabung di ROG Community Indonesia

ASUS ROG Indonesia menghadirkan ROG Community Indonesia,  sebagai tempat untuk para pengguna setia laptop gaming ROG dan TUF berbagi pengalaman, bermain game bersama dan berinteraksi langsung dengan #TeamROG. Segera bergabung dengan ROG Community Indonesia di Discord channel https://bit.ly/DiscordROGCommunityID dan Facebook Group https://bit.ly/ROGCommunityID.

Review Asus ROG Flow Z13 

Harga Asus ROG Flow Z13

  • Rp23.999.000 (Core i5 / Iris Xe / FHD 120Hz / 2x8GB RAM / 512GB SSD)
  • Rp28.499.000 (Core i7 / RTX 3050 / FHD 120Hz / 2x8GB RAM / 512GB SSD)
  • Rp32.999.000 (Core i9 / RTX 3050 Ti / FHD 120Hz / 2x8GB RAM / 1TB SSD)
  • Rp34.999.000 (Core i9 / RTX 3050 Ti / 4K 60Hz / 2x8GB RAM / 1TB SSD)
Anda dapat membeli laptop gaming Asus ROG Flow Z13 GZ301ZE dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Asus ROG Flow Z13

  • Layar sentuh IPS Level LCD dengan LED backlight 13,4 inci resolusi WQUXGA 3840 x 2400 piksel, refresh rate 60Hz, 85% DCI-P3 color gamut, Pantone Validated, Stylus-compatible, Dolby Vision
  • Layar sentuh IPS Level LCD dengan LED backlight 13,4 inci resolusi WUXGA 1920 x 1200 piksel, refresh rate 120Hz, 100% sRGB color gamut, Pantone Validated, Stylus-compatible, Dolby Vision
  • Prosesor Intel Core i9-12900H 14-core (20 thread) terdiri dari hexa-core P-core 2,5 GHz TurboBoost 5GHz + octa-core E-core 1,8GHz TurboBoost 3,8GHz
  • Prosesor Intel Core i7-12700H 14-core (20 thread) terdiri dari hexa-core P-core 2,3 GHz TurboBoost 4,7GHz + octa-core E-core 1,7GHz TurboBoost 3,5GHz
  • Chipset Intel HM670
  • Grafis Intel Iris Xe Graphics G7 (96 EUs)
  • Grafis Nvidia GeForce RTX 3050 VRAM 4GB GDDR6
  • Grafis Nvidia GeForce RTX 3050 Ti VRAM 4GB GDDR6
  • Memori RAM 16GB (8GB x 2) LPDDR5-5200Mhz onboard, tidak dapat di-upgrade
  • Storage SSD hingga 1TB M.2 NVMe 2230 PCIe 4.0
  • Konektivitas WiFi 6E (802.11ax) 2x2, Bluetooth 5.2 Combo, Port USB 3.2 Gen2, Port USB 3.2 Gen2 Type-C (support DisplayPort dan Power Delivery), Port Thunderbolt 4.0 (support DisplayPort dan Power Delivery), ROG XG Mobile Interface, MicroSD card reader
  • MUX Switch + Optimus
  • Backlit Chiclet Keyboard RGB, Touchpad
  • Webcam 8MP camera (rear) and 720P HD camera (front)
  • Fitur keamanan sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power
  • 2 stereo speaker with Smart Amp Technology dengan Hi Res Audio dan Dolby Atmos, AI noise-canceling
  • Baterai 4 Cells 4S1P 56 Whrs Polymer Battery, fast charge 50% dalam 30 menit
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 11 Home + Microsoft Office Home and Student 2021 asli pre-installed
  • Dimensi 30.2 x 20.4 x 1.20 ~ 1.20 cm berat 1,18Kg
  • Warna Black
  • Sertifikat UL, TUV, CE Marking Compliance, FCC Compliance, BSMI, Australia C-TICK / NZ A-Tick Compliance, CCC, GOST-R, CB, Energy star, WEEE, RoHS
Anda mungkin suka:Review Asus Vivobook Pro 16X OLED N7600PC, Layar Besar Resolusi 4K untuk Manjakan Kreator Konten
Related Posts
Laptophia Blog
Suka review laptop dan gadget. Note: Kami hanya mengulas, tidak melayani jual beli unit. Kami tidak menjadi seller atau buka toko di e-commerce mana pun dan tidak bertanggung jawab atas transaksi di e-commerce mana pun yang mengatasnamakan Laptophia.

Ikuti berita dan review terbaru Laptophia di Google News

Related Posts

Posting Komentar