eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Cara Memilih Nama Domain yang Tepat Untuk Pemula

Cara Memilih Nama Domain yang Tepat Untuk Pemula - Nama domain adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat sebuah website di Internet. Tujuan utama sebuah domain yaitu memudahkan orang untuk mengakses dan mengingat namanya. Seorang pemula yang baru belajar biasanya tidak memikirkan secara matang ketika ingin memilih nama domain, padahal banyak sekali hal-hal yang harus dipertimbangkan ketika membuat nama domain agar mudah menarik pengunjung ke situs web kamu. 

Bagi kamu yang baru terjun ke dunia blogging pasti mempertimbangkan untuk memiliki blog dengan nama domain yang tepat dong. Ketika memilih nama domain pastikan nama domain tidak hanya mudah untuk diakses saja tapi buatlah nama domain yang bagus.

Cara Memilih Nama Domain yang Tepat Untuk Pemula


Sebagai contoh, ketika kamu memiliki website tentang jasa service komputer dan kamu menggunakan nama domain “jasaservicekomputer24jam.com” apakah nama domain tersebut terlihat bagus? Apakah nama domain tersebut terlihat menarik?

Nah, berikut solusi dalam memilih nama domain yang tepat untuk kamu yang baru terjun ke dunia blogger. Simak informasi di bawah ini ya!

Alasan Mengapa Nama Domain Itu Penting

1. Domain Menjadi “Kesan Pertama” Bisnis

Situs web kamu menjadi hal yang pertama dilihat oleh pengunjung. Nama domain yang baik dapat memberikan kesan yang positif, begitu pula sebaliknya.

2. Domain Mempengaruhi SEO

Meskipun Exact Match Domain tidak lagi diperlukan, kata kunci dalam nama domain kamu dapat membantu peringkat SEO kamu.

3. Memiliki Nama Domain Pertanda Bahwa Kamu Berpikiran Maju

Memiliki nama domain sendiri bentuk bahwa kamu up-to-date terhadap teknologi yang muncul. Dengan memiliki nama domain juga dapat menempatkan kamu berada didepan pesaing kamu.

4. Domain Dapat Menjadi Media Pemasaran yang Efektif

Apabila kamu rajin meng-update web kamu, terutama informasi terbaru, maka ini bisa menjadi media marketing yang sangat efektif. Saat ini, konsumen berburu informasi melalui internet. Dibutuhkan sekali nama domain yang bisa menjadi karakterisasi untuk bisnis kamu.

Beberapa alasan diatas hanyalah salah satu alasan mengapa nama domain sangat penting. Karenanya, memilih nama domain yang tepat dapat menjadi solusi.

Jenis-Jenis Ekstensi Domain

Domain mempunyai berbagai jenis ekstensi yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan penggunanya, berikut adalah jenis-jenis ekstensi domain beserta penjelasannya :

  1. .com: dipergunakan untuk keperluan komersial
  2. .org: dipergunakan untuk keperluan organisasi
  3. .net: dipergunakan untuk keperluan internet/ network
  4. .edu: digunakan untuk keperluan pendidikan
  5. .info: digunakan untuk keperluan informasi
  6. .net: digunakan untuk keperluan internet
  7. .asia: digunakan untuk domain di asia
  8. .gov: digunakan untuk pemerintahan
  9. .id:digunakan untuk nama domain di Indonesia
  10. .ac.id: digunakan untuk lingkungan akademik/perguruan tinggi
  11. .co.id: digunakan untuk kepentingan komersial
  12. .desa.id: digunakan untuk situs pemerintahan desa
  13. .or.id: digunakan untuk organisasi
  14. .net.id: digunakan untuk penyelenggara jasa telekomunikasi
  15. .web.id: digunakan untuk perseorangan maupun organisasi
  16. .sch.id: digunakan untuk sekolah
  17. .go.id: digunakan untuk instansi pemerintah
  18. .online: digunakan untuk website perusahaan, website startup, profil personal dan blog
  19. .tech: digunakan untuk membangun website developer, website company profile, website tentang produk yang berhubungan dengan teknologi, website lembaga kursus, website tentang event tertentu ataupun website untuk keperluan seminar inovasi dan teknologi
  20. .site: digunakan untuk membuat personal website ataupun bisnis online
  21. .press: digunakan untuk website berita, website surat kabar, website para wartawan, website asosiasi pers, website media massa, website organisasi/ lembaga, website jurnalistik, blogger bahkan website fotografi.
  22. .store: digunakan untuk website toko online, website bisnis lokal, startup yang berhubungan dengan ecommerce, website retail dan website-website yang berhubungan dengan toko online.
  23. .website : digunakan untuk website pribadi atau blog

Beragam jenis ekstensi domain tersebut dapat kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan. Jadi, ekstensi domain mana yang kamu pilih?

Tips Memilih Nama Domain yang Tepat Untuk Pemula

Cara Memilih Nama Domain yang Tepat Untuk Pemula


1. Gunakan Ekstensi Nama Domain yang Tepat

Ekstensi domain adalah akhiran dari sebuah nama domain. Banyak jenis ekstensi domain yang paling terkenal di antaranya .com .net .id .co.id. Kebanyakan orang memilih “.com” sebagai ekstensi domain karena “.com” terlihat familiar dan mudah untuk diingat. Kamu dapat menggunakan ekstensi nama domain sesuai dengan kebutuhan atau tujuan website kamu.

2. Buatlah Nama yang Kreatif dan Unik

Perlu diingat nama domain adalah cara bagaimana pengunjung menemukan, mengingat, dan membagikan bisnis kamu di mesin pencari. Nama yang kreatif dan unik membuat website selalu diingat dan terlihat paling menonjol di antara pesaing lainnya. Pastikan nama tersebut tidak terlalu umum dan sesuai dengan bisnis yang kamu jalani ya!

3. Pendek Atau Singkat Agar Mudah Diingat

Secara teknis penamaan domain maksimal adalah 63 karakter. Tetapi lebih baiknya gunakan nama domain yang singkat terdiri dari 1 atau 2 kata di dalamnya. Nama domain yang ideal adalah yang singkat dan mudah diingat. Jika nama domain terlalu panjang, besar kemungkinan pelanggan untuk salah ketik akan semakin besar. Selain itu, pengunjung di situs kamu akan susah untuk mengingatnya.

4. Mudah Untuk Diketik dan Diucapkan

Ingat apa saja situs web yang paling populer di dunia? Yes, ada Google, Yahoo, Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain. Situs web tersebut mudah untuk diketik ataupun diucap. Hal ini dapat memudahkan pengunjung dalam membagikan nama domain baik secara tulisan maupun mulut ke mulut. Jadi, pastikan nama domain mudah untuk diketik dan diucapkan agar kamu tidak kehilangan trafik calon pengunjung situs web kamu. 

Sedikit tips untuk melihat rumit tidaknya nama domain yaitu dengan menjelaskan ejaan nama domain, apabila lebih dari 3 kali untuk dipahami artinya itu terlalu rumit. Sebagai contoh, apabila nama domain kamu seperti “dorpt24h0.com” apakah tidak rumit bagi pengunjung untuk mengingatnya?

5. Hindari Penggunaan Tanda Hubung dan Angka

Seperti yang sudah ditulis di atas harus mudah untuk ditulis dan diucapkan. Tanda hubung dan angka membuat nama domain mu terlihat lebih rumit. Sebagai contoh, coba bayangkan apabila twitter memiliki tanda hubung seperti “Twit-ter” atau “Ya-hoo” terlihat rumit bukan? Penggunaan tanda hubung justru menghalangi nama tersebut.

6. Pikirkan Jangka Panjang Daripada Jangka Pendek

Apakah kamu sudah siap dengan nama domainmu? Pastikan kamu sudah memilih nama domain mu dengan memikirkan jangka panjangnya. Apabila kamu memutuskan untuk mengubah domain mu di masa mendatang, kamu akan dikenakan biaya, belum lagi soal branding dan peringkat SEO. Jadi, pikirkan jangka panjangnya ya.

7. Melakukan Riset Legal Trademark

Hal ini menjadi salah satu yang sangat penting, kamu tidak boleh menggunakan domain yang sudah digunakan situs lain. Karena hubungannya sangat erat dengan hukum. Apalagi kalau salah dalam bertindak, kamu bisa berurusan dengan hukum. Lakukan pengecekan nama bisnismu dan domain website yang kamu inginkan di website database merek dagang (trademark), contohnya seperti dibawah ini:

  • WIPO
  • WIPO Indonesia
  • e-Status HKI
  • Dirjen Kekayaan Intelektual

8. Daftarkan Domain di Jasa Domain dan Hosting Terpercaya

Memilih jasa layanan domain menjadi salah satu hal yang penting juga lho. Karena jika terjadi sesuatu pada website yang kamu kelola, kamu harus menghubungi penyedia jasa tersebut. Kamu nggak mau kan kehilangan akses domain karena penyedia domain nya pergi entah kemana?

Eits, jangan khawatir Exabytes Indonesia dapat menjadi salah satu penyedia layanan domain terpercaya untuk kamu coba. Kualitas terbaik dan harga terjangkau yang ditawarkan Exabytes Indonesia tentu tidak boleh kamu lewatkan. Exabytes Indonesia juga menyediakan beragam ekstensi domain mulai dari domain ID, .COM, .NET, dan lainnya. 

Kesimpulan



Di era yang serba online ini, kebutuhan website sangat penting untuk mempromosikan bisnis kamu ataupun kegiatan lainnya. Kemunculan bisnis online ini disebabkan oleh perkembangan internet yang memudahkan orang dalam berbelanja atau mengakses apapun. Maka dari itu, nama domain sangatlah penting untuk diperhatikan agar memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mengunjungi situs web kamu.

Kamu juga bisa lihat berbagai penawaran dan promo Exabytes 12.12 untuk memenuhi kebutuhan website mulai dari domain, hosting, VPS, dan lainnya. Cek sekarang sebelum ketinggalan!

6 komentar

6 komentar

  • Tuxlin
    Tuxlin
    9 Januari 2022 pukul 15.51
    Wah ternyata ada cara yang benar buat milih nama domain ya? Aku dulu milih nama Tuxlin ini asal aja hehehe
    • Tuxlin
      Laptophia Blog
      15 Januari 2022 pukul 19.31
      Lho bukannya nama domain Tuxlin itu ada filosofinya? Soalnya dilosofi nama domain nggak dibahas di sini hehehe
    Reply
  • Kisah Foto
    Kisah Foto
    9 Januari 2022 pukul 11.20
    Wah bermanfaat sekali ini tips-nya. Saya dulu cuma asal pilih aja kalau nama domain hehehe
    • Kisah Foto
      Laptophia Blog
      15 Januari 2022 pukul 19.31
      Wah sayang banget kalau cuma asal pilih... Untung tema blog sama nama domainnya masih ada kesesuaian ya hehehe
    Reply
  • Maseko Sakazawa
    Maseko Sakazawa
    17 Desember 2021 pukul 10.17
    Kalau tips memilih domain untuk pemalu, bagaimana kak?
    • Maseko Sakazawa
      Laptophia Blog
      17 Desember 2021 pukul 13.31
      Wah kalau itu mending pakai Secreto saja kak 🤣🤣🤣
    Reply