eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Ulasan Realme 6: Smartphone Menengah Mumpuni dengan Layar 90Hz

Ulasan Realme 6: Smartphone Menengah Mumpuni dengan Layar 90Hz – Realme secara resmi telah memperkenalkan smartphone Realme 6 dan Realme 6 Pro di Indonesia kemarin (24/03/2020). Membawa tema besar #sejamaja, peluncuran realme 6 Series live streaming hanya membutuhkan waktu satu jam untuk mengumumkan harga jualnya. Selain itu, konsep live streaming #sejamaja juga ingin menunjukkan kecepatan pengisian baterai realme 6 Series dengan 30W Flash Charge yang hanya membutuhkan waktu satu jam untuk terisi penuh selama live streaming berlangsung.

Perusahaan Tiongkok ini memulai dengan segmen pemula dan menengah. Sebelumnya Realme telah lebih dulu meluncurkan seri X yang membidik segmen kelas atas dan seri C yang membidik pasar entry-level. Meskipun perusahaan ini ambisius untuk terus maju, pada tahun 2020 realme tidak melupakan akarnya, yaitu seri angka. realme 6 Series adalah bukti bahwa di sinilah realme benar-benar ingin menunjukkan kekuatannya. Kebetulan kami kedatangan salah satu anggotanya yaitu realme 6. Bagaimanakah kesan saat Laptophia menjajalnya?

Desain Realme 6

Memegang realme 6, Anda akan disambut dengan layar 2.5D 6,5 inci yang dilindungi oleh Gorilla Glass 3. Kali ini realme memilih lubang dalam layar untuk menempatkan kamera selfie alih-alih tampilan poni. Lubang punch-hole ini di tempatkan di sudut kiri atas yang diberi nama In-Display Seflie oleh realme.

Layar yang digunakan memiliki rasio aspek 20:9 yang membuat smartphone terlihat tinggi. Memegang dengan satu tangan memang tetap terasa nyaman, tetapi jika ingin mencapai bagian atas layar mengharuskan Anda menggeser posisi genggaman. Bezel minimal, dengan keberadaan dagu di bagian bawah menghasilkan rasio layar-ke-bodi 90,5%.

Bicara port dan tombol, tepi kiri smartphone dihiasi tombol volume bersama dengan slot untuk slot kartu SIM ganda dan slot kartu SD (dapat diperluas hingga 256GB). Tepi kanan perangkat memiliki tombol daya berlekuk yang juga sekaligus menjadi sensor sidik jari kapasitif. Tepi atas bersih dan bagian bawah cukup ramai dengan port 3,5mm, port pengisian USB-C, lubang speaker dan 2 lubang kecil untuk mikrofon.


Baca juga:Realme C3 Review: Smartphone Murah Paling Powerful!
Masih membawa desain khas realme, bagian belakang realme 6 memiliki desain mengkilap yang indah yang mereka sebut sebagai desain Comet. Bagian belakang ini terbuat dari plastik polikarbonat yang seperti bisa diduga, dapat tergores dengan mudah. Benjolan kamera yang menaungi pengaturan kamera quad cukup besar, menyebabkan ponsel sedikit goyang saat diletakkan di atas meja. Untungnya, realme menyertakan casing TPU bening yang mampu mengatasinya.

Performa Kencang dengan MediaTek Helio G90T

Performa smartphone Realme 6 ini bisa dikatakan di atas rata-rata para pesaingnya menurut Laptophia, karena mengandalkan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G90T dengan teknologi 12nm yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 yang berlari dengan kecepatan 2,05GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB atau 8GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G76 MC4 yang powerful.

Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, SoC MediaTek Helio G90T yang digunakan Realme 6 adalah SoC yang didesain khusus untuk gaming dengan performa prosesor dan grafis yang tinggi di kelasnya. Helio G90T ini masih diproduksi menggunakan teknologi 12nm LPP yang membuatnya cukup bersaing jika dibandingkan Snapdragon 710/730. MediaTek Helio G90T ini dilengkapi modem yang mendukung LTE Cat.12 (downlink) dan Cat.13 (uplink). Tak hanya itu Helio G90T juga mendukung penggunaan RAM hingga 10GB LPDDR4X 2133MHz (4266MHz efektif) dan media penyimpanan UFS 2.1.


UI sempurna dalam urusan multitasking dan melompat dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Kami tidak menemukan hambatan apapun tentang kinerjanya. Sangat mudah untuk menjelajahi menu-menu atau bermain game. Bahkan dengan sesi permainan yang panjang pada pengaturan grafis yang tinggi, realme 6 tidak lag. Namun, Anda mungkin merasakan ponsel sedikit hangat saat bermain game selama lebih dari 20 menit.

Jika Anda seorang penggemar game, Anda juga dapat mengaktifkan fitur Game Space yang dapat memblokir notifikasi, menolak panggilan, memblokir panggilan, dan menawarkan pengalaman gaming yang mendalam.

Selain peranti lunaknya yang apik dan kemampuan yang luar biasa untuk menangani video dan permainan yang butuh grafis berat, smartphone ini melakukan pekerjaan yang luar biasa dalam urusan keamanan.

realme 6 menyediakan sistem pengenalan wajah dan pembaca sidik jari yang menyatu dengan tombol power. Baik siang atau malam hari, face unlock melakukan pekerjaan yang sempurna dalam membuka kunci layar. Kami juga menyukai sensor sidik jarinya. Jauh lebih baik dan nyaman daripada pemindai yang dipasang di belakang.

Tambahan yang mengejutkan adalah dukungan kecepatan refresh tinggi (hingga 90Hz) pada layarnya. Kami ingin menambahkan bahwa layar dengan kecepatan refresh tinggi tidak hanya menjadi tren pemasaran. Fitur ini memang membantu meningkatkan pengalaman visual dan menyentuh layar bagi pengguna.

Lebih lanjut mengenai panel layar, secara default warna putih terlihat sedikit kebiruan, dan warna dan kontrasnya rata-rata. Untungnya Anda dapat memperbaiki tingkat suhu warna hingga batas tertentu menggunakan toggle di bawah pengaturan display. Kecerahan maksimum tidak terlalu mengesankan tetapi setidaknya layarnya dapat terbaca di bawah sinar matahari langsung.
Baca juga:Realme 5 Pro Review: Performa Makin Kencang, Tampang Makin Cantik!

Quad Camera Berkekuatan 64MP


Kemampuan kamera belakang Realme 6 ini bisa dikatakan sangat menarik dan mumpuni menurut Laptophia dengan mengandalkan empat buah kamera belakang atau quad camera. Kamera utama berkekuatan 64 megapiksel dengan enam elemen lensa aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL Bright GW1 1/1.7 inci 0.8um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Sedangkan kamera kedua berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor 1/4 inci 1.12um piksel didukung lensa ultra-wide 13mm aperture f/2.2 yang mampu menghasilkan foto ultra-wide dengan FoV 120 derajat. Sedangkan kamera ketiga berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 B/W berfungsi sebagai depth sensor untuk menghasilkan foto bokeh. Terakhir, kamera keempat berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 untuk dedicated macro.

Kamera depan Realme 6 cukup bersaing di kelasnya dengan dukungan kamera resolusi 16 megapiksel dengan sensor BSI CMOS 1/3 inci 1um piksel dengan lensa aperture f/2.0 guna memuaskan hasrat selfie pengguna. Untuk stabilisasi, ponsel menggunakan UIS Video Stabilization & UIS Max Video Stabilization.

Seperti biasa, realme menawarkan sejumlah opsi pemotretan seperti beauty filter, HDR, panorama, Portrait, Timelapse, Slo-mo, NightScape, dan Pro.

Pengalaman kamera pada realme 6, menurut kami biasa saja. Sebab foto kadang-kadang tampak terlalu diproses dengan jumlah penajaman tinggi sedangkan pada kesempatan lain kehilangan detail ketika hanya sedikit diperbesar.

Hasil yang kurang lebih sama terjadi pada lensa sudut lebar dengan keseimbangan putih yang kurang seimbang. Performa mode ultra-makro juga di bawah rata-rata, dengan tepian pada foto tampak seperti lukisan cat air.
Baca juga:Ini Perbedaan Spesifikasi Realme 5i vs Realme 5s vs Realme 5

Baterai Besar dengan Fast Charge 30W

Baterai berkapasitas 4300mAh tergolong mumpuni sebab dapat bertahan selama 1,5 hingga 2 hari. Selain itu, istimewanya realme membundel adaptor pengisian cepat 30W di dalam kotak pembelian yang tentunya terasa seperti barang mewah pada titik harga ini.

Baterai membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk pengisian penuh, tetapi jika tidak memiliki waktu, cukup sekitar 30 menit pengisian saja maka Anda sudah terlindungi dengan baik untuk mengarungi hari.

Kesimpulan


realme 6 membuat kami lebih bersemangat daripada realme 6 Pro. Perusahaan ini telah sungguh-sungguh melemparkan beragam keunggulan ke smartphone tersebut. Meski performa kameranya biasa saja, tapi dengan keunggulan di sektor lain dapat membuat Anda percaya bahwa tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan smartphone kelas menengah unggulan. realme 6 menawarkan layar 90Hz, SoC Helio G90T yang tangguh, pengaturan kamera quad 64MP, layar punch-hole, dan 30W Flash Charge, menjadikannya salah satu smartphone terbaik di segmennya.

Harga Realme 6

Harga smartphone Realme 6 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 3.399.000 untuk varian 4GB/128GB. Sedangkan harga Realme 6 varian 8GB/128GB adalah Rp 3.799.000. Realme 6 merupakan sebuah upgrade yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan pendahulunya, Realme 5 Pro.

Dukungan empat buah kamera belakang yang mumpuni dengan kamera utama 64 megapiksel, layar berukuran besar dengan refresh rate 90Hz, kinerja bersaing berkat sokongan SoC MediaTek Helio G90T, baterai dengan flash charge 30W, dan harga yang sangat kompetitif di kelasnya menjadi daya tarik Realme 6

Spesifikasi Realme 6

  • Sistem Operasi Android 10 dengan antarmuka Realme UI 1.0
  • Chipset MediaTek Helio G90T dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 2,05GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 2GHz
  • Grafis Mali-G76 MC4
  • Empat kamera belakang, kamera utama 64 megapiksel dengan sensor Samsung ISOCELL Bright GW1 1/1.7 inci 0.8um piksel, enam elemen lensa aperture f/1.8, phase-detection autofokus, LED flash + 8 megapiksel sensor BSI 1/4 inci lensa 13mm ultra wide-angle aperture f/2.3 + 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 (dedicated macro) + 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 B/W (depth sensor)
  • Kamera depan 16 megapiksel fixed focus dengan sensor BSI 1/3 inci 1um piksel, lensa aperture f/2.0, AI Beauty
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 6,5 inci, dengan resolusi Full HD+ 2400 x 1080 piksel, kerapatan 405 ppi (pixel per inch), 90Hz refresh rate, 120hz touch sensing, panel IPS, Corning Gorilla Glass 3
  • Memori RAM 4GB atau 8GB, ROM 128GB, dilengkapi slot microSD max 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, USB OTG, FM Radio, GPS, dual SIM, fingerprint sensor, port audio 3,5mm, AI Face Unlock
  • Dimensi 162.1 x 74.8 x 8.9 mm berat 191 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 4300mAh, non-removable, 30W Flash Charge, terisi penuh dalam 1 jam
  • Warna Comet Blue dan Comet White
Anda mungkin suka:Harga dan Spesifikasi Realme 6 Pro RAM 8GB ROM 128GB Bertenaga Snapdragon 720G