eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Duel Kamera Asus Zenfone 5z vs Pocophone F1 by Xiaomi, Mana yang Lebih Bagus?

Duel Kamera Asus Zenfone 5z vs Pocophone F1 by Xiaomi, Mana yang Lebih Bagus? – Asus Zenfone 5z adalah salah satu smartphone flagship yang dijual dengan harga yang terbilang murah. Bahkan, smartphone andalan vendor asal Taiwan ini sempat digadang-gadangkan sebagai smartphone bertenaga Qualcomm Snapdragon 845 termurah. Namun, Xiaomi bergerak cepat di Indonesia dan menikung Zenfone 5z dengan kehadiran Pocophone F1.

Baik Asus Zenfone 5z atau Pocophone F1 by Xiaomi adalah dua smartphone flagship bertenaga Qualcomm Snapdragon 845 termurah yang bisa didapatkan di pasar Indonesia saat ini. Kali ini tim Laptophia akan menguji kemampuan kamera Asus Zenfone 5z vs Pocophone F1 by Xiaomi baik dalam kondisi low-light maupun siang hari yang sumber cahaya melimpah. Penasaran siapa yang lebih baik antara kamera Asus Zenfone 5z vs Pocophone F1 by Xiaomi? Simak ulasan tim Laptophia kali ini!

Spesifikasi Kamera Asus Zenfone 5z vs Pocophone F1 by Xiaomi



Smartphone flagship Asus Zenfone 5z didukung kamera belakang ganda dengan resolusi 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX363 1/2.55 inci 1.4um piksel ditandemkan dengan enam elemen lensa aperture f/1.8 yang dilengkapi dengan fitur Dual Pixel phase-detection autofokus, 4-axis OIS (Optical Image Stabilization), dan LED flash.

Kamera ponsel ini menyediakan mode pro dengan long eksposure hingga 32s. Sedangkan kamera kedua mengusung resolusi 8 megapiksel sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel dengan lensa 12 mm aperture f/2.2 super wide angle 120 derajat FoV. Asus membenamkan fitur canggih berbasis AI, yakni AI Scene Detection untuk 16 scene dan objek yang berbeda, AI Photo Learning, Potret Real-time, dan Real-time Beautification.

Kemampuan selfie Zenfone 5z ZS620KL ini cukup mumpuni dengan dukungan kamera depan berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel yang mumpuni dipadukan dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus dan diperkuat fitur Beautify dan AI untuk foto selfie dan video call.

Aplikasi kamera bawaan pada review Asus Zenfone 5z kali ini menawarkan fitur yang terbilang sangat lengkap di kelasnya. Tampilan antarmukanya terbilang intuitif dan tersedia beberapa mode kamera,sebut saja Beauty, Pro, Super Resolution, GIF, Slow-Motion, dan juga Time Lapse. Fasilitas filter built in juga tersedia di ponsel Asus Zenfone 5z ini. Mode Pro memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengeksplor lebih auh kemampuan kamera smartphone flagship besutan Asus ini.
Baca juga:Review Asus Zenfone Max M2 ZB633KL: Debut Snapdragon 632, Ternyata Kencang!
Sedangkan Pocophone F1 by Xiaomi mengandalkan spesifikasi yang mirip dengan Zenfone 5z dengan sokongan kamera belakang ganda dengan resolusi 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX363 1/2.55 inci 1.4um piksel ditandemkan dengan enam elemen lensa aperture f/1.9 yang dilengkapi dengan fitur Dual Pixel phase-detection autofokus, dan dual LED flash.

Kamera ponsel Pocophone F1 ini menyediakan mode pro dengan long eksposure hingga 32s. Sedangkan kamera kedua mengusung resolusi 5 megapiksel sensor Samsung S5K5E8 1.12um piksel dengan lensa aperture f2.0 yang berfungsi sebagai Depth sensor untuk efek bokeh yang ciamik. Pocophone membenamkan fitur canggih berbasis AI yang mampu mengenali skenario untuk mengoptimalkan hasil jepretannya.

Kemampuan selfie F1 ini cukup mumpuni dengan dukungan kamera depan berkekuatan 20 megapiksel dengan sensor Samsung S5K3T1 1/3.01 inci 0.9um piksel berteknologi 4-in-1 pixel binning yang mumpuni saat low-light dipadukan dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus dan diperkuat fitur Beautify dan AI untuk foto selfie dan video call.

Aplikasi kamera bawaan smartphone Pocophone F1 ini adalah MIUI Camera, sama seperti smartphone Xiaomi lainnya. Fitur yang disediakan aplikasi MIUI Camera pada Pocophone F1 ini terbilang lengkap dan menyediakan banyak mode, sebut saja Short Video, Video, Photo, Portrait, Square, Panorama, dan manual. Adapun fitur AI yang dapat diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai selera.

Di atas kertas, spesifikasi kamera belakang Asus Zenfone 5z vs Pocophone F1 by Xiaomi bisa dikatakan setara dan sama-sama menggunakan sensor Sony IMX363. Hanya saja, Asus Zenfone 5z memiliki keunggulan dengan adanya kamera kedua yang mengusung lensa super wide angle yang tak dimiliki oleh Pocophone. Sedangkan untuk kamera depan, jelas Pocophone F1 by Xiaomi ini lebih unggul dengan sensor yang lebih besar dan resolusi yang lebih tinggi. Lalu bagaimana hasil duel kamera Asus Zenfone 5z vs Pocophone F1 by Xiaomi?
Baca juga:Review Samsung Galaxy A7 2018: Mewah dengan Triple Camera!

Duel Kamera Asus Zenfone 5z vs Pocophone F1 by Xiaomi

Pada duel kamera Asus Zenfone 5z vs Pocophone F1 by Xiaomi kali ini, Laptophia menggunakan mode pengambilan gambar auto. Fitur AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan pada Asus Zenfone 5z vs Pocophone F1 by Xiaomi sama-sama dalam kondisi aktif. Selain itu, hasil jepretan foto telah Laptophia resize ke 800 x 600 piksel untuk memudahkan proses upload ke blog.

Kamera Asus Zenfone 5z vs Pocophone F1 by Xiaomi Siang Hari

Gunung - Asus Zenfone 5z
Gunung - Pocophone F1 by Xiaomi
Sampel pertama kamera Asus Zenfone 5z vs Pocophone F1 by Xiaomi kali ini, Laptophia melihat warna yang dihasilkan oleh Zenfone 5z lebih natural, tetapi agak gelap pada bagian jurang. Sedangkan Pocophone F1 menampilkan warna yang punchy dengan brightness yang lebih terang dari aslinya, sehingga detail gunung hilang.

Gondola - Asus Zenfone 5z
Gondola - Pocophone F1 by Xiaomi
Pada sampel Gondola, warna yang dihasilkan oleh Asus Zenfone 5z kembali lebih natural, foto selbih detail, dan tajam. Sayangnya, sedikit oversharp. Sedangkan Pocophone F1 by Xiaomi, warna yang dihasilkan sedikit oversaturate.

Pantai Klayar - Asus Zenfone 5z
Pantai Klayar - Pocophone F1 by Xiaomi
Warna yang dihasilkan oleh Asus Zenfone 5z lebih natural, terutama bagian langit dan lautnya. Foto yang dihasilkan juga cukup detail. Sedangkan Pocophone F1 menghasilkan tone warna yang lebih menyenangkan, meski kurang natural. Sayangnya, Pocophone F1 sedikit kehilangan detail pada bagian pasir.
Bebatuan - Asus Zenfone 5z
Bebatuan - Pocophone F1 by Xiaomi
Foto bebatuan kali ini, kamera Asus Zenfone 5z mampu menghasilkan foto yang lebih detail dengan warna yang akurat, hanya saja memang sedikit oversharp. Sedangkan Pocophone F1 kembali menggulkan warna yang lebih vivid dari aslinya dan detail yang cukup.

Menantang Senja - Asus Zenfone 5z
Menantang Senja - Pocophone F1 by Xiaomi
Pada kondisi menantang cahaya yang cuku ekstrem, kekuatan HDR kamera Asus Zenfone 5z tampak bekerja lebih baik dengan menghailkan foto yang lebih terang dan detail. Meski tetapi sedikit oversharp. Sedangkan Pocophone F1 menghasilkan foto yang lebih gelap dengan warna sedikit oversaturated.
Lembah Senja - Asus Zenfone 5z
Lembah Senja - Pocophone F1 by Xiaomi
Sampel Lembah Senja kali ini, kamera Asus Zenfone 5z kembali menunjukkan taringnya dengan foto yang lebih detail dan warna yang lebih mendekati aslinya. Sayangnya, foto sedikit oversharp. Sedangkan foto yang dihasilkan kamera Pocophone F1 by Xiaomi tampak menghasilkan warna yangmenyenangkan, tetapi kehilangan detail pada bagian gunung dan tanaman.

Kamera Asus Zenfone 5z vs Pocophone F1 by Xiaomi Macro

Lock&Lock - Asus Zenfone 5z
Lock&Lock - Pocophone F1 by Xiaomi
Kamera Asus Zenfone 5z memiliki kecepatan fokus yang gegas. Foto macro yang dihasilkan juga memuaskan dengan dynamic range yang baik, detail, dan warna yang sesuai aslinya. Sedangkan Pocophone F1 by Xiaomi juga tak kalah cepat fokus kameranya. Foto yang dihasilkan tampak puncy warnanya, tetapi dynamic range masih kurang. Ini terlihat pada merk Lock&Lock sebelah kiri kurang terlihat jelas.

Kamera Asus Zenfone 5z vs Pocophone F1 by Xiaomi Low-Light

Pohon 1 - Asus Zenfone 5z
Pohon 1 - Pocophone F1 by Xiaomi
Lampion - Asus Zenfone 5z
Lampion - Pocophone F1 by Xiaomi
Masjid - Asus Zenfone 5z
Masjid - Pocophone F1 by Xiaomi
Menara Masjid (ekstrem low-light) - Asus Zenfone 5z
Menara Masjid (ekstrem low-light) - Pocophone F1 by Xiaomi
Pada kondisi low-light atau malam hari, duel kamera Asus Zenfone 5z vs Pocophone F1 by Xiaomi kali ini dimenangkan oleh Asus Zenfone 5z menurut Laptophia. Ponsel andalan Asus ini mampu mengatasi noise dengan baik tanpa banyak kehilangan detail. Foto yang dihasilkan juga terbilang tajam dengan detail yang memadai.

Sedangkan Pocophone F1 by Xiaomi menghasilkan foto yang agak gelap dengan detail yang merosot. Hal ini terlihat dari fotonya yang berkarakter lebih soft dan noise yang lebih banyak ketimbang Zenfone 5z. Beruntung, saturasi warna yang dihasilkan Pocophone F1 dapat dipertahankan dengan baik.
Baca juga:Review Realme 2: Pendatang Baru yang Memesona

Kamera Selfie Asus Zenfone 5z vs Pocophone F1 by Xiaomi Low-Light

Selfie - Asus Zenfone 5z
Selfie - Pocophone F1 by Xiaomi
Performa kamera depan Asus Zenfone 5z vs Pocophone F1 by Xiaomi pada kondisi low-light sudah terlihat pemenangnya. Pocophone F1 by Xiaomi menang telak atas Asus Zenfone 5z dengan foto yang lebih terkenali noise-nya, lebih detail, dan dynamic range yang baik.

Kesimpulan Duel Kamera Asus Zenfone 5z vs Pocophone F1 by Xiaomi

Secara umum, kamera belakang Asus Zenfone 5z memiliki kinerja yang lebih baik dengan foto yang lebih detail, warna yang lebih akurat, dan dynamic range yang lebih mantap. Kamera ponsel besutan vendor asal Taiwan ini lebih siap berhadapan dengan kondisi cahaya yang menantang. Hanya saja foto yang dihasilkan agak oversharp. Performa saat low-light jauh lebih baik.

Sedangkan Pocophone F1 by Xiaomi sebenarnya mampu menghasilkan foto yang tak kalah baik pula, tetapi warna yang dihasilkan cenderung oversaturated, dynamic range, dan detailnya masih kalah dari Zenfone 5z. Kamera depan menjadi keunggulan telak bagi Pocophone F1 atas Zenfone 5z dengan resolusi tinggi dan teknologi pixel binning.

Spesifikasi Asus Zenfone 5z

  • Sistem Operasi Android 8.0 Oreo dengan antarmuka Zen UI 5.0
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 845 SDM845 dengan prosesor octa-core Kryo 385 yang terdiri dari quad-core 2,7GHz dan quad-core 1,7GHz
  • Grafis Adreno 630
  • Kamera ganda 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX363 1/2.55 inci 1.4 um piksel, lensa 24mm aperture f/1.8, phase-detection autofokus, EIS, 4 axis OIS, dual-tone LED flash. Kamera kedua 8 megapiksel dengan sensor BSI, lensa 12mm wide-angle
  • Kamera depan 8 megapiksel fixed focus dengan sensor BSI, lensa 24mm aperture f/2.0
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 6,2 inci, dengan resolusi Full HD+ 2246 x 1080 pixels, kerapatan 402 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel Super IPS+, Corning Gorilla Glass
  • Memori RAM 6GB, ROM 128GB, dilengkapi slot microSD max 2TB (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, USB Type-C, GPS, dual SIM, NFC, fingerprint sensor, face unlock, port audio 3,5mm, stereo speaker
  • Dimensi 153 x 75.7 x 7.9 mm berat 155 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 3300mAh, non-removable, AI Charge Fast Charging
  • Warna Midnight Blue dan Meteor Silver
Anda dapat membeli atau cek harga promo Asus Zenfone 5z ZS620KL DI SINI (KLIK) atau DI SINI (KLIK)

Review Asus Zenfone 5z

Harga Asus Zenfone 5z

Harga resmi smartphone flagship Asus Zenfone 5z terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 6.699.000.

Spesifikasi Pocophone F1 by Xiaomi

  • Sistem Operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka MIUI 9.6 for Poco, Upgradeable to Android 9.0 Pie
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 845 SDM845 dengan prosesor octa-core Kryo 385 yang terdiri dari quad-core 2,8GHz dan quad-core 1,8GHz
  • Grafis Adreno 630
  • Kamera ganda 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX363 1/2.55 inci 1.4 um piksel, lensa 24mm aperture f/1.9, Dual Pixel phase-detection autofokus, EIS, dual-tone LED flash. Kamera kedua 5 megapiksel dengan sensor Samsung ISOCELL S5K5E8 1.12um piksel, lensa f/2.0 depth sensor
  • Kamera depan 20 megapiksel fixed focus dengan sensor Samsung S5K3T1 1/3.01 inci 0,9um piksel, lensa aperture f/2.0
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 6,18 inci, dengan resolusi Full HD+ 2246 x 1080 pixels, kerapatan 403 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, Corning Gorilla Glass
  • Memori RAM 6GB LPDDR4X, ROM 64GB atau 128GB UFS 2.1 dilengkapi slot microSD maksimal 256GB hybrid slot
  • WiFi, Bluetooth, USB Type-C, GPS, dual SIM, fingerprint sensor, infrared face unlock, stereo speaker
  • Dimensi 155.5 x 75.3 x 8.8 mm berat 180 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 4000mAh lithium polymer, non-removable, Qualcomm Quick Charge 3.0
  • Warna Graphite Black, Steel Blue, Rosso Red, dan Armored Edition with Kevlar
Anda dapat membeli atau cek harga promo Pocophone F1 di Sini (Klik)

Review Pocophone F1 by Xiaomi

Harga Pocophone F1 by Xiaomi

Harga smartphone Pocophone F1 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 4.599.000 untuk varian dengan RAM 6GB dan ROM 64GB. Sedangkan harga Pocophone F1 by Xiaomi varian RAM 6GB dengan ROM 128GB lebih mahal, yakni Rp 5.099.000.
Anda mungkin suka:Review Asus Zenfone Max Pro M2 ZB631KL: Gaming Mantap, Kamera Oke!