eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Menjajal Apple MacBook Pro Retina Display MF840ID/AMBP

Harga Spesifikasi Apple MacBook Pro Retina Display MF840ID/AMBP – Beberapa waktu lalu salah seorang kerabat Laptophia Blog telah membeli sebuah laptop Apple MacBook Pro Retina Display MF840ID/AMBP atau sering disebut dengan MacBook Pro Retina Display 2015-03. Seperti yang pembaca Laptophia Blog ketahui, MacBook Pro Retina Display adalah salah satu dari jajaran laptop premium besutan Apple.


Laptop ini hadir dengan dukungan prosesor Intel Core i5 generasi Broadwell, kapasitas RAM 8GB, dan didukung layar Retina Display dengan resolusi tinggi. Salah satu fitur menarik dari laptop MacBook Pro Retina Display MF840ID/AMBP adalah hadirnya Force Touch trackpad untuk memudahkan dan meningkatkan  pengalaman pengguna.
Harga Spesifikasi Apple MacBook Pro Retina Display MF840ID/AMBP

Hands On Apple MacBook Pro Retina Display MF840ID/AMBP

Hands On Apple MacBook Pro Retina Display MF840ID/AMBP
Laptop MacBook Pro Retina Display MF840ID/AMBP besutan Apple ini mengusung dimensi yang tipis dan kompak menurut Laptophia Blog. Saat pertama kali memegangnya, kesan premium pada material yang digunakan laptop ini langsung terasa.

Apple membekali laptop ini dengan layar berukuran 13,3 inci dan dimensi secara keseluruhan memang tipis dan ringan. Hal ini sangat mendukung bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi. Laptop ini mengusung keyboard berdesain chicklet dan dilengkapi dengan backlight.
Hands On Apple MacBook Pro Retina Display MF840ID/AMBPHands On Apple MacBook Pro Retina Display MF840ID/AMBP
Sisi kanan laptop Apple MacBook Pro Retina Display MF840ID/AMBP ini terdapat slot card reader, port HDMI, dan port USB 3.0. Sedangkan pada sisi kiri laptop terdapat port audio 3,5mm, port USB 3.0, dua port Thunderbolt, dan Magsafe 2 power port.

Secara umum memang penempatan port konektivitas pada notebook MacBook Pro Retina Display MF840ID/AMBP besutan Apple ini tak jauh berbeda dengan laptop lainnya menurut Laptophia Blog.
Harga Apple MacBook Pro Retina Display MF840ID/AMBP
Foto di atas adalah sisi bawah dari laptop Apple MacBook Pro Retina Display MF840ID/AMBP. Laptop ini memang mengusung desain unibody dan menggunakan bahan aluminium yang berkualitas pada casingnya. Bagian samping kiri dan kanan juga terdapat lubang speaker stereo.
Baca juga:Review Poco F3, Smartphone 5G Paling Powerful Bertenaga Snapdragon 870 Termurah!

Impresi Pertama Apple MacBook Pro Retina Display MF840ID/AMBP

Spesifikasi Apple MacBook Pro Retina Display MF840ID/AMBP
Apple membekali laptop MacBook Pro Retina Display MF840ID/AMBP ini dengan layar berukuran 13,3 inci jenis IPS (In-Plane Switching) LCD Retina Display dengan LED (Light Emiting Diode) backlight resolusi 2560 x 1600 piksel yang memiliki spektrum warna 61% Adobe RGB, berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh Notebookcheck. Laptophia Blog sendiri cukup terkesan dengan kualitas layar laptop ini yang mampu memancarkan warna yang nyaman, padat, dan viewing angle yang luas.

Notebook MacBook Pro Retina Display MF840ID/AMBP atau MacBook Pro Retina Display 2015-03 ini menawarkan spesifikasi dapur pacu yang relatif standar menurut Laptophia, dengan mengandalkan prosesor Intel Core i7-5257U dual-core generasi Broadwell dengan TDP (Thermal Design Power) 28W yang berlari dengan kecepatan standar 2,7GHz dan TurboBoost hingga 3,1GHz. Laptop ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 8GB jenis LPDDR3 1866MHz. Sayangnya, RAM pada laptop ini disolder, sehingga tak dapat di-upgrade.

Sisi grafis, MacBook Pro Retina Display MF840ID/AMBP mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) dari Intel Iris HD Graphics 6100. Grafis yang digunakan ini mengusung 48 EU (Execution Unit) dengan kecepatan clock antara 300MHz – 1050MHz. Secara umum, kinerja grafisnya bisa dikatakan bersaing dengan Nvidia GeForce 820M yang biasa digunakan pada laptop kelas menengah.
Baca juga:Asus Vivobook E410MAO VIPS551, Bertenaga Pentium Silver N5030 Cocok untuk Sekolah Online
Laptophia Blog sempat menjajal menggunakan Apple MacBook Pro Retina Display MF840ID/AMBP untuk membuka beberapa aplikasi yang telah terisntal di dalamnya. Secara umum memang tak ada masalah dengan kinerjanya. Respon laptop ini gegas dan tak terlihat adanya lag yang mengganggu. Salah satu kelebihan sistem operasi Mac OS X besutan Apple yang tertanam pada laptop ini adalah optimasi yang cukup mantap, sehingga perangkat keras yang diusungnya mampu menghasilkan kinerja sesuai harapan.

Apple MacBook Pro Retina Display MF840ID/AMBP ini dilengkapi dengan media penyimpanan berupa SSD (Solid State Drive) berkapasitas 256GB yang menggunakan antarmuka PCI-e 3.0 4x. Saat default atau pertama kali digunakan, memori yang tersisa sekitar 220GB. Meski kapasitasnya tergolong terbatas, tetapi kecepatan atau performa SSD yang diusungnya bisa dikatakan salah satu yang tertinggi di kelasnya berdasarkan pengujian dari Notebookcheck. Konektivitas laptop ini cukup lengkap dengan hadirnya WiFi, Bluetooth, Port USB 3.0, Port Thunderbolt, Port HDMI, Magsafe 2 power port.

Laptophia Blog belum sempat menguji kemampuan baterai yang diusung oleh laptop premium buatan Apple ini, tetapi berdasarkan klaim perusahaan tersebut laptop ini menawarkan daya tahan baterai antara 10 –12 jam tergantung penggunaan.

Kelebihan Apple MacBook Pro Retina Display MF840ID/AMBP

  • Layar Retina Display berkualitas tinggi
  • Optimasi software & sistem operasi mantap
  • Daya tahan baterai panjang

Kekurangan Apple MacBook Pro Retina Display MF840ID/AMBP

  • Spesifikasi standar di kelasnya
  • Komponen tidak bisa di-upgrade
  • Harga tinggi

Harga Apple MacBook Pro Retina Display MF840ID/AMBP

Harga laptop Apple MacBook Pro Retina Display MF840ID/AMBP terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia Blog terima dari toko online terkemuka adalah Rp 23.799.000 atau tepatnya Rp 23,8 juta. Selama ini produk-produk Apple memang identik dengan harganya yang tinggi.

Seri MacBook Pro Retina Display ini memang mengusung spesifikasi yang tak terlalu tinggi, bahkan masih lebih rendah jika dibandingkan dengan laptop gaming harga 15 juta-an. Namun, Apple MacBook Pro Retina Display ini memiliki keunggulan pada desain kompak minimalis yang menawan, optimasi software yang mantap, daya tahan baterai yang panjang, fitur revolusioner Force Touch trackpad, dan kualitas layar Retina Display yang tinggi.

Laptophia Blog menilai notebook Apple MacBook Pro Retina Display ini cocok bagi mereka yang menyukai produk Apple dan akrab dengan sistem operasi Mac OS X.

Spesifikasi Apple MacBook Pro Retina Display MF840ID/AMBP

  • Layar IPS LCD Retina Display dengan LED backlight 13,3 inci resolusi  2560 x 1600 piksel
  • Prosesor Intel Core i5-5257U dual-core 2,7GHz TurboBoost 3,1GHz
  • Chipset Intel
  • Grafis Intel Iris HD Graphics 6100
  • Memori RAM 8GB LPDDR3 1866MHz 
  • Storage SSD (Solid State Drive) 256GB
  • Konektifitas WiFi, Bluetooth, Port USB 3.0, Port Thunderbolt, Port HDMI, Magsafe 2 power port, stereo speaker
  • Force Touch trackpad
  • Kamera depan tersedia
  • Baterai diklaim hingga 10 – 12 jam penggunaan 
  • Sistem Operasi Macintosh X Yosemite, upgradeable to Mac OS X El Capitan
  • Dimensi 1.8 x 31.4 x 21.9 cm  berat 1,58 kg
  • Warna silver
Anda  mungkin suka: