IBX582004D475488 Cara Pasang SSD atau Hard Disk SATA di Laptop Asus Vivobook Ultra A412FA
https://www.asus.com/id/ROG-Republic-Of-Gamers/ROG-Phone-II/

Cara Pasang SSD atau Hard Disk SATA di Laptop Asus Vivobook Ultra A412FA



Cara Pasang SSD atau Hard Disk SATA di Laptop Asus Vivobook Ultra A412FA – Asus Vivobook Ultra A412 adalah laptop mainstream terbaru yang cukup menarik perhatian konsumen tanah air dengan desainnya yang ringkas dan cantik. Laptop ini terdiri dari dua varian, yakni A412FA dengan grafis terintegrasi dan A412FL dengan grafis diskrit.  Baik Asus Vivobook Ultra A412FA maupun Asus Vivobook Ultra A412FL telah menggunakan media penyimpanan berupa SSD PCIe M.2 berkapasitas 512GB yang menawarkan performa transfer rate yang tinggi di kelasnya.

Namun bagi pengguna yang merasa masih kurang dengan kapasitas penyimpanan yang ada, Asus menyediakan sebuah ruang kosong untuk menambah hard disk atau SSD SATA dengan form factor 2,5 inci di Vivobook Ultra A412FA maupun varian A412FL. Hal ini tentu menjadi angin segar bagi pengguna Asus Vivobook Ultra A412 series yang gemar menyimpan file-file berukuran besar seperti musik, video, film, dan sebagainya. Berikut ini adalah tutorial cara pasang SSD atau hard disk tambahan di laptop Asus Vivobook Ultra A412 oleh tim Laptophia!
Cara Pasang SSD atau Hard Disk SATA di Laptop Asus Vivobook Ultra A412FA

Spesifikasi Asus Vivobook Ultra A412FA

  • Layar TFT LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, Asus Splendid, Asus Eye Care, NanoEdge Display, 178° wide-view
  • Prosesor Intel Core i3-8145U dual-core 2,1GHz TurboBoost 3,9GHz
  • Chipset Intel
  • Grafis Intel UHD Graphics 620
  • Memori RAM 4GB DDR4-2400MHz, upgradeable to 12GB DDR4
  • Storage SSD 512GB PCIe M.2
  • Konektifitas WiFi, Bluetooth, Port USB 3.1 Gen 1, Port USB 3.1 Gen 1 Type-C, Port USB 2.0, Port HDMI, card reader, combo audio jack, fingerprint sensor
  • Dual Speaker stereo, ICEpower, SonicMaster Audio
  • Kamera webcam dengan resolusi HD 720p
  • Baterai 2 Cell 37WHr lithium-prismatic Battery, fast charging 60% dalam 49 menit
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 10 Home x64 Asli
  • Dimensi 32.2(W) x 21.2(D) x 1.90 ~ 1.95 (H) cm berat 1,5 kilogram
  • Warna Transparent Silver, Slate Grey, Peacock Blue, dan Coral Crush
Anda dapat membeli atau cek promo Asus Vivobook Ultra A412FA di Sini (Klik)

Review Asus Vivobook Ultra A412

Persiapan Pasang SSD atau Hard Disk SATA di Laptop Asus Vivobook Ultra A412FA


Pada kesempatan kali ini, Laptophia akan mengulas cara memasang SSD atau hard disk SATA tambahan di laptop Asus Vivobook Ultra A412FA. Persiapan yang harus dilakukan adalah menyiapkan hard disk atau SSD yang akan di ditambahkan di laptop ini. Solusi hard disk menawarkan harga yang terjangkau dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Sedangkan SSD menawarkan performa yang jauh lebih kencang dari hard disk dan konsumsi daya yang lebih efisien.

Asus mengakomodasi opsi penambahan SSD atau hard disk SATA tambahan di Vivobook Ultra A412FA dengan baik. Hal ini terbukti dengan disediakannya HDD kit dalam paket pembelian yang berguna untuk meredam getaran saat hard disk tambahan terpasang. Setelah menyiapkan hard disk atau SSD tambahan, alat lain yang diperlukan adalah obeng yang sesuai untuk membuka cover atau casing belakang notebook Asus Vivobook Ultra A412FA.

Pada tutorial kali ini, Laptophia menggunakan SSD SATA dari Samsung EVO 860 berkapasitas 500GB. Pemasangan SSD maupun hard disk di laptop ini secara umum sama, tdiak ada perbedaan dari sisi teknis pemasangannya. Berikut ini adalah langkah pemasangan SSD SATA di Asus Vivobook Ultra A412FA oleh tim Laptophia.
Baca juga:Review Infinix Smart 3 Plus X627, Smartphone Triple Kamera Termurah!

Cara Pasang SSD atau Hard Disk SATA di Laptop Asus Vivobook Ultra A412FA


Langkah pertama sama seperti saat melakukan penambahan RAM, yakni membuka casing belakang dengan melepas kurang lebih 10 buah baut menggunakan obeng. Setelah baut dilepaskan, lepas cover belakang secara perlahan-lahan agar tidak terjadi lecet atau pecah.

Setelah casing belakang Asus Vivobook Ultra A412FA berhasil dibuka, maka akan terlihat mainboard dari laptop tersebut. Ruang kosong untuk memasang hard disk atau SSD SATA tambahan berada di sisi kanan bawah.

Langkah berikutnya adalah memasang HDD Kit yang terbuat dari karet ke unit SSD atau hard disk yang telah kita siapkan. Pemasangan HDD Kit dimulai dengan memasang kertas aluminium foil yang melingkupi hard disk atau SSD SATA tambahan dan kemudian diikuti pemasangan bantalan karet sesuai instruksi yang terdapat di kemasan HDD Kit.

Pasang kabel SATA di hard disk atau SSD SATA tambahan terlebih dahulu. Kemudian pasang hard disk atau SSD SATA tambahan ke ruang yang tersedia dengan port SATA yang menghadap ke kanan. Setelah hard disk atau SSD tambahan, pasang kabel SATA yang sebelumnya sudah dipasang di hard disk atau SSD tambahan ke port yang disediakan pada sudut kanan tepat di atas hard disk kemudian kunci kabelnya agar tidak lepas.

Setelah hard disk atau SSD SATA tambahan terpasang, tutup kembali cover belakang dan pasang semua bautnya. Setelah itu nyalakan laptop Asus Vivobook Ultra A412FA dan lakukan pengecekan apakah RAM sudah terdeteksi atau belum dengan cara klik Start >> My Asus >> Informasi Sistem. Jika SSD atau hard disk sudah bertambah, maka proses penambahan media penyimpanan sudah berhasil dan terdeteksi dengan baik.
Anda mungkin suka:Review Asus ROG Zephyrus GX701GXR, Laptop Gaming 17 Inci Paling Ringkas Bertenaga Intel Core Generasi Ke-9

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!