IBX582004D475488 Strategi Transformasi Digital Solusi SD-WAN Butuh 4 Elemen Penting Ini

Strategi Transformasi Digital Solusi SD-WAN Butuh 4 Elemen Penting Ini



Strategi Transformasi Digital Solusi SD-WAN Butuh 4 Elemen Penting Ini - Solusi SD-WAN yang efektif mendukung kemampuannya melalui konektivitas yang fleksibel dan andal, perluasan fungsionalitas perutean lanjutan dan penyeimbangan beban di seluruh hamparan VPN yang disatukan organisasi, serta memberikan rangkaian lengkap keamanan terintegrasi yang dapat mengamankan data dan transaksi hingga akhir.

Ketika permukaan serangan potensial tumbuh, peluang untuk pelanggaran, kehilangan data, dan informasi yang dikompromikan datang dengan setiap perangkat, aplikasi, dan koneksi baru. Itulah sebabnya para ahli SD-WAN dan analis industri telah menekankan bahwa solusi SD-WAN perusahaan yang optimal perlu tidak hanya mendukung persyaratan kinerja WAN, tetapi juga mengatasi prioritas keamanan. Namun, tantangan kritis SD-WAN yang konsisten adalah ketidakmampuan sebagian besar solusi di pasar untuk membangun strategi keamanan yang efektif dan konsisten yang dapat secara dinamis menjangkau dan beradaptasi dengan tuntutan transformasi digital.

Ini membuat banyak organisasi berusaha membangun solusi keamanan ad hoc menggunakan alat keamanan lama yang sudah mereka miliki. Tetapi meningkatnya tuntutan kinerja jaringan digital saat ini, ditambah dengan sifat sumber daya jaringan yang terdistribusi, melemahkan efektivitas alat keamanan cybersecurity tradisional. Alat keamanan yang berjuang untuk mengikuti peningkatan kecepatan dan kebutuhan bandwidth saat ini tidak mungkin untuk menyediakan perlindungan yang dibutuhkan jaringan digital tanpa adanya hambatan serius.
Baca juga:Realme C2 Review: Smartphone Murah Terbaik?
Tantangannya adalah bahwa karena SD-WAN telah menjadi pasar yang begitu ‘panas’, sehingga sejumlah besar vendor memutuskan untuk melompat ke pasar tersebut. Dan seperti pasar awal lainnya, banyak dari solusi ini gagal memberikan solusi lengkap. Organisasi yang ingin mengadopsi solusi SD-WAN sebagai bagian dari strategi transformasi digital mereka perlu mempertimbangkan empat elemen penting ketika mengevaluasi suatu solusi:

Dukungan untuk Aplikasi Kritis Bisnis

Fungsi paling kritis yang disediakan oleh SD-WAN adalah luasnya solusi konektivitasnya. SD-WAN perlu mengenali dan mendukung aplikasi bisnis secara dinamis, memetakan fungsi bisnis ke sumber daya WAN, lalu memilih koneksi WAN yang paling efisien untuk merutekan aplikasi tersebut, sekaligus secara bersamaan menyediakan kinerja dan bandwidth yang memadai. Ini termasuk memprioritaskan aplikasi berdasarkan kritikalitas bisnis, termasuk kemampuan menetapkan kebijakan terpisah untuk sub-aplikasi.

Kebijakan yang Dapat Diadaptasi Secara Dinamis

Setiap solusi SD-WAN yang dipertimbangkan juga perlu dapat memodifikasi kebijakan WAN berdasarkan hal-hal seperti kritikalitas aplikasi dan persyaratan kinerja — termasuk kebijakan keamanan — yang secara otomatis beradaptasi ketika konfigurasi jaringan dan perubahan sumber daya. Oleh karena itu, kecerdasan multipath otomatis adalah layanan penting untuk diberikan oleh solusi SD-WAN — baik untuk aplikasi bisnis maupun keamanan.

Ini memungkinkan kemampuan untuk melacak informasi jalur WAN granular (seperti latensi, jitter, dan kehilangan paket) untuk memilih rute yang paling efisien untuk lalu lintas yang penting bagi bisnis. Dan jika jalur WAN tersebut harus menurun di bawah ambang berbasis kebijakan, maka jalur tersebut harus dapat secara otomatis dan mulus beralih ke tautan terbaik berikutnya yang tersedia tanpa memengaruhi kinerja aplikasi.

Keamanan yang Terintegrasi Sepenuhnya

Karena SD-WAN secara dinamis menyesuaikan koneksi untuk memastikan kinerja yang konsisten, menerapkan perlindungan menggunakan alat keamanan statis tradisional, terutama ketika digunakan sebagai solusi overlay, bermasalah. SD-WAN tidak hanya membutuhkan perlindungan ancaman tradisional — termasuk NGFW, anti-virus / anti-malware, dan pencegahan intrusi (IPS).

Ini juga memerlukan kontrol kinerja SSL dan IPSec VPN overlay tinggi, inspeksi mendalam dari lalu lintas terenkripsi pada kecepatan jaringan, penyaringan web, dan perlindungan ancaman lanjutan (ATP) seperti sandboxing. Selain itu, alat-alat keamanan ini harus dapat diintegrasikan dengan mulus dan sepenuhnya ke dalam sisa jaringan terdistribusi, dari tepi ke cloud.

Manajemen Terpusat

Salah satu persyaratan yang paling sering diabaikan dari SD-WAN adalah bahwa itu tidak dapat dipisahkan dari sisa jaringan. Untuk mewujudkan potensi transformasi digital nyata, tepi jaringan yang baru perlu berfungsi sebagai sistem tunggal yang terintegrasi. Dan itu termasuk membangun visibilitas terpusat dan strategi kontrol yang menjangkau jaringan terdistribusi.
Baca juga:Realme 3 Pro Review: Perfoma Kencang, Kamera Memikat!
Organisasi tidak lagi mampu untuk jaringan mereka berfungsi sebagai kumpulan segmen yang terisolasi, yang berarti bahwa semua fungsi jaringan dan keamanan harus ada pada solusi manajemen panel kaca yang sama. Dengan memilih solusi SD-WAN yang mendukung manajemen terpusat, konfigurasi, dan alat pemantauan untuk WAN dan solusi keamanan meningkatkan efisiensi dan efektivitas manajemen. sementara secara signifikan mengurangi biaya penempatan dan manajemen. Dan strategi manajemen itu perlu diperluas ke seluruh jaringan terdistribusi.

Kesimpulan

Transformasi digital bisnis perlu terjadi tanpa perluasan permukaan serangan keamanan siber global yang tidak proporsional. Ini hanya dapat terjadi jika kita melihat jaringan dan sistem keamanan kita sebagai solusi holistik tunggal. Solusi SD-WAN untuk perluasan WAN edge, seperti solusi yang diterapkan di salah satu lingkungan tepi jaringan lain yang muncul, perlu tidak hanya memberikan fleksibilitas luas dan fungsionalitas dan layanan kinerja tinggi, tetapi juga beroperasi sebagai bagian dari keseluruhan kolektif.

Dan ketika organisasi berupaya mengembangkan transformasi digital yang komprehensif, jaringan yang berkorelasi dan intelijen keamanan harus menjadi prioritas utama, karena para penjahat cyber juga termotivasi untuk mengambil keuntungan dari lingkungan jaringan ini seperti halnya organisasi yang membangunnya.
Anda mungkin suka:Review Asus ROG Zephyrus GX701GXR, Laptop Gaming 17 Inci Paling Ringkas Bertenaga Intel Core Generasi Ke-9

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!