IBX582004D475488 Hands On Vivo Y95: Apakah Layak Beli?

Hands On Vivo Y95: Apakah Layak Beli?



Hands On Vivo Y95: Apakah Layak Beli? – Vivo Y95 merupakan ssalah satu smartphone kelas menengah yang menawarkan kemampuan kamera depan yang cukup menonjol. Ponsel ini juga tampil dengan desain kekinian dengan waterdrop design atau poni minimalis pada bagian atas layar yang terinspirasi dari tetesan air. Tak hanya itu, Vivo Y95 ini dibekali dengan casing belakang dengan beberapa varian warna yang bergradasi yang cantik.

Kamera depan dengan resolusi tinggi adalah keunggulan utama ponsel besutan vendor asal Tiongkok tersebut sehingga diharapkan dapat memuaskan hasrat selfie. Kelebihan lain yang ditawarkan ponsel ini adalah kapasitas baterai yang besar di kelasnya. Sayangnya, performa Vivo Y95 ini bisa dikatakan kurang kencang jika dibandingkan dengan pesaing terdekatnya. Penasaran? Berikut ini hands on Vivo Y95 oleh tim Laptophia!
Hands On Vivo Y95: Apakah Layak Beli

Hands On Vivo Y95

Hands On Vivo Y95

Hands On Vivo Y95

Vivo Y95 memang tampil dengan desain terkini yang menggunakan poni minimalis yang terinspirasi dari tetesan air atau waterdrop design. Sebenarnya desain poni minimalis ini bukanlah hal yang baru karena Essential Phone PH-1 lebih dahulu menggunakan gaya desain tersebut. Tak hanya itu, Vivo Y95 juga tampil menawan dengan bezel layarnya yang tipis dan casing belakang glossy yang menggunakan warna bergradasi. Vivo Y95 tersedia dalam tiga varian warna, yakni Starry Night, Nebula Purple, dan Aurora Red.

Saat pertama kali menggenggam ponsel Vivo Y95, Laptophia merasa ponsel ini terasa nyaman karena dimensinya tidak terlalu tebal. Sayangnya, casing belakang yang menggunakan finishing glossy ini terasa agak licin. Selain itu, casing belakangnya juga mudah terkena goresan karena terbuat dari bahan plastik atau polikarbonat. Kamera belakang ganda Vivo Y95 ini agak menonjol atau protruding, sehingga rawan tergores jika tidak menggunakan case tambahan.

Pinggiran ponsel Vivo Y95 ini membulat sehingga meningkatkan kenyamanan saat digenggam. Build quality Vivo Y95 ini terbilang solid. Bahan plastik yang digunakan sama sekali tidak terasa murahan karena menggunakan finsihing yang glossy dengan perpaduan warna yang menarik. Baterai berkapasitas besar tidak serta merta membuat ponsel ini jadi besar dan berat. Secara umum, penampilan Vivo Y95 ini menarik dan kekinian di kelasnya.
Baca juga: Review Asus Zenfone Max M2 ZB633KL: Debut Snapdragon 632, Ternyata Kencang!
Hands On Vivo Y95

Pada hands on Vivo Y95 oleh tim Laptophia kali ini, bagian depan smartphone ini terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, lubang kamera depan, layar HD+ 2.5D berukuran 6,2 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Y95 ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone kekinian Y95 sudah berkontur 2.5D. Sayangnya, layar ponsel ini tak dilengkapi dengan proteksi antigores seperti Gorilla Glass dan sejenisnya. Laptophia menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di Y95 agar tak mudah tergores atau pecah saat terjatuh.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Y95 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM 1, dan SIM 2 atau microSD dengan jenis triple slot. Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Vivo Y95 ini tidak terdapat port atau tombol apapun.

Sedangkan bagian belakang ponsel Y95 ini terdapat kamera ganda yang tersusun secara vertikal, LED flash di bawahnya, sensor sidik jari, dan logo Vivo. Merek asal Tiongkok ini menempatkan port microUSB, port audio 3,5mm, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Mengenal Lebih Dekat Vivo Y95

Mengenal Lebih Dekat Vivo Y95

Smartphone menengah berlayar waterdrop Vivo Y95 mengusung spesifikasi layar yang kekinian dengan aspek rasio 19:9 dengan dukungan layar sentuh berukuran 6,2 inci yang disematkan teknologi panel IPS (In-Plane Switching) dengan resolusi HD+ 720 x 1520 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 271 piksel per inci yang cemerlang, tanpa proteksi antigores.

Kemampuan kamera belakang Vivo Y95 ini cukup menarik menurut Laptophia dengan mengandalkan kamera belakang ganda berkekuatan 13 megapiksel + 2 megapiksel (depth sensor) dengan lensa aperture f/2.2 yang menggunakan sensor BSI CMOS 1/3 inci 1.12um piksel, phase-detection autofokus, AI, dan LED flash. Fungsi kamera ganda pada smartphone Vivo Y95 ini adalah mampu menghasilkan efek bokeh atau blur yang mantap seperti kamera DSLR.

Kamera depan Vivo Y95 cukup mumpuni di kelasnya dengan dukungan kamera resolusi 20 megapiksel dengan sensor BSI CMOS dengan lensa aperture f/2.0 berukuran ditandemkan dengan fitur canggih AI Face Beauty yang lebih cerdas dalam menerapkan efek beautify sesuai dengan karakter pengguna dengan mendeteksi usia, jenis kelamin, warna dan tekstur kulit, serta pencahayaan lingkungan sekitar, kemudian secara otomatis akan menyempurnakan wajah demi hasil yang sempurna.
Baca juga:Review Asus Zenfone Max Pro M2 ZB631KL: Gaming Mantap, Kamera Oke!
Performa smartphone Vivo Y95 ini memang agak inferior di kelasnya menurut Laptophia, karena mengandalkan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 439 SDM439 yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit yang berlari dengan kecepatan 1,95GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 505 untuk performa yang kompetitif.

Sisi perangkat lunak, smartphone Vivo Y95 ini menggunakan OS Android 8.1 Oreo dengan antarmuka FunTouch OS 4.5. Tak diketahui apakah smartphone terbaru Vivo ini akan mendapat upgrade ke Android 9.0 Pie atau tidak. Smartphone Vivo Y95 dibekali dengan baterai berkapasitas besar di kelasnya, yakni 4030mAh tanpa kehadiran fitur fast charging untuk mencukupi kebutuhan dayanya.

Berbeda dari pendahulunya Y81, smartphone Vivo Y95 ini dilengkapi fitur keamanan sensor sidik jari bersama face unlock. Smartphone 4G LTE kekinian dengan layar waterdrop Vivo Y95 ini dibekali dengan memori internal 32GB yang masih didukung hadirnya slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 256GB.

Vivo Y95 Layak Beli?

Vivo Y95 Layak Beli?

Banyak muncul pertanyaan apakah smartphone Vivo Y95 ini layak dipertimbangkan? Jika konsumen membutuhkan smartphone untuk selfie dan mendambakan kamera depan andal, mungkin Vivo Y95 masih bisa dipertimbangkan.

Bagi konsumen yang membutuhkan performa yang lebih kencang, kamera belakang lebih baik, dan kriteria lainnya maka sebaiknya memilih pesaing terdekatnya seperti Asus Zenfone Max Pro M2, Zenfone Max M2 atau Xiaomi Redmi Note 6 Pro.

Harga Vivo Y95

Vivo Y95 merupakan smartphone kelas menengah dengan desain kekinian yang cocok untuk pengguna yang gemar foto selfie. Harga Vivo Y95 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia adalah Rp 2.699.000. Harga ini mengalami penurunan jika dibandingkan harga saat pertama kali diluncurkan di tanah air, yakni Rp 2.999.000.

Berdasarkan harga dan spesifikasi yang ditawarkan, Vivo Y95 ini memang masih cukup layak dipertimbangkan, terutama bagi penggemar foto selfie. Dukungan kamera depan berkekuatan 20 megapiksel membuatnya sangat cocok bagi konsumen yang gemar melakukan swafoto atau foto selfie. Bagi konsumen yang membutuhkan performa lebih kencang, mungkin Vivo Y95 buka pilihan yang tepat.
Anda dapat membeli atau cek promo Vivo Y95 di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Vivo Y95

  • Sistem Operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka FunTouch OS 4.5
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 439 SDM439 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 1,95GHz
  • Grafis Adreno 505
  • Kamera belakang ganda 13 megapiksel + 2 megapiksel (depth sensor), sensor BSI, autofokus, sensor BSI 1/3 inci 1.12um piksel, lensa aperture f/2.2 dengan dilengkapi LED flash. Kamera depan 20 megapiksel fixed focus, sensor BSI, lensa aperture f/2.0
  • Layar sentuh 6,2 inci 2.5D, dengan resolusi HD+ 1520 x 720 pixels, kerapatan 271 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS LCD
  • Memori RAM 4GB, ROM 32GB dilengkapi slot microSD maksimal 256GB
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG, fingerprint sensor
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 155.1 x 75.1 x 8.3 mm dengan berat 163 gram
  • Baterai 4030mAh non-removable
  • Warna Starry Night, Nebula Purple, dan Aurora Red
Anda mungkin suka:Review Xiaomi Redmi Note 6 Pro: Kamera Mantap, Cocok untuk Selfie!

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!