eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Xiaomi Mi A2, Smartphone Android One Berkamera Mumpuni di Low Light

Xiaomi Mi A2, Smartphone Android One Berkamera Mumpuni di Low Light – Xiaomi Indonesia beberapa waktu lalu telah memperkenalkan dua smartphone Android One terbaru mereka. Keduanya membidik segmen yang berbeda. Varian tertinggi adalah Xiaomi Mi A2 yang menonjolkan kemampuan kamera belakang yang diusungnya. Alih-alih menghadirkan kamera ganda untuk efek bokeh atau optical zoom, Xiaomi Mi A2 justru menghadirkan kamera ganda yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuannya saat low-light atau kurang cahaya.

Tak hanya itu, dukungan platform Android One pada Xiaomi Mi A2 membuatnya mendapat jaminan update selama dua tahun langsung dari Google. Kelebihan lain ponsel ini adalah performanya yang tinggi berkat sokongan SoC Qualcomm Snapdragon 660 AIE.

Ponsel Xiaomi Mi A2 mengusung spesifikasi layar yang kekinian dengan aspek rasio 18:9 dengan dukungan layar sentuh tanpa poni berukuran 5,99 inci yang disematkan teknologi In-Cell dengan panel IPS (In-Plane Switching) dengan resolusi full HD+ 2280 x 1080 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 403 piksel per inci yang cemerlang. Salah satu kelebihan Mi A2 ini adalah layarnya dilindungi antigores dari Corning Gorilla Glass 5.
Baca juga:Asus Zenfone Max Pro M1: Born With Gaming DNA
Sama seperti seri Redmi Note 6 Pro, kamera menjadi daya tarik utama Xiaomi Mi A2 dengan dukungan kamera belakang ganda dengan resolusi 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX486 berukuran 1/2.9 inci 1.25um piksel ditandemkan dengan enam elemen lensa aperture f/1.75 yang dilengkapi dengan fitur phase-detection autofokus dan dual LED flash.

Sedangkan kamera kedua berkekuatan 20 megapiksel dengan sensor Sony IMX376 1/2.8 inci 1um piksel ditandemkan lensa aperture f/1.75 yang berperan sebagai low-light sensor. Kombinasi kedua kamera besutan Xiaomi Mi A2 ini membuatnya mumpuni untuk memotret dalam kondisi cahaya minim atau low-light berkat teknologi pixel binning 4-in-1. Kamera Mi A2 ini juga didukung kecerdasan buatan atau AI dengan algoritma baru yang mampu mendeteksi 27 skenario untuk hasil foto yang lebih optimal.

Xiaomi Mi A2 mengalami peningkatan signifikan untuk kamera depan karena dibekali dengan kamera depan yang mumpuni berkekuatan 20 megapiksel dengan sensor Sony IMX376 1/2.8 inci 1um piksel yang dipadukan dengan lensa aperture f/2.2 fixed focus dan diperkuat fitur pixel binning 4-in-1 dan AI untuk foto selfie dan video call.

Performa smartphone Xiaomi Mi A2 ini meengalami peningkatan sangat signifikan jika dibandingkan dengan Mi A1 dan termasuk powerful di kelasnya menurut Laptophia, karena mengandalkan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 660 AIE (Artificial Intelligence Engine) yang mengusung prosesor octa-core Kryo 260 yang terdiri dari quad-core yang berlari dengan kecepatan 1,8GHz dan quad-core dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 512.

Smartphone 4G LTE Android One Xiaomi Mi A2 ini dibekali dengan memori internal 64GB. Sayangnya, smartphone Xiaomi Mi A2 ini tidak dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Selain itu, ponsel Android One ini juga tak dilengkapi dengan port audio 3,5mm. Xiaomi juga menyematkan sensor sidik jari yang berada di sisi belakang ponsel.
Baca juga:Review Asus Zenfone Max M1 ZB555KL: Baterai Tahan Lama, Pas Digenggam
Sisi perangkat lunak, smartphone Xiaomi Mi A2 ini menggunakan OS Android 8.1 Oreo dengan antarmuka Android pure (Android One) yang ringan. Ponsel ini dipastikan mendapat upgrade ke Android 9.0 Pie langsung dari Google. Mi A2 ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3000mAh yang didukung fitur Qualcomm Quick Charge 3.0 untuk mencukupi kebutuhan dayanya. Sayangnya, ponsel ini tak mendukung fitur Quick Charge 3.0 seperti pendahulunya.

Kelebihan Xiaomi Mi A2

  • Platform Android One dengan jaminan update 2 tahun
  • Kinerja tinggi di kelasnya
  • Kamera mumpuni di kelasnya

Kekurangan Xiaomi Mi A2

  • Tidak dilengkapi slot microSD
  • Tidak dilengkapi port audio 3,5mm

Harga Xiaomi Mi A2

Xiaomi Mi A2 merupakan salah satu smartphone menengah premium yang mengusung platform Android One dan dibekali dengan kamera belakang yang mumpuni dalam kondisi low-light. Harga ponsel Xiaomi Mi A2 terbaru di Indonesia adalah Rp 3.699.000. Harga ini sebenarnya cukup sepadan dengan kemampuan dan fitur yang ditawarkan oleh smartphone Xiaomi Mi A2. Terlebih, ponsel ini mendapat dukungan jaminan upgrade dari Google selama dua tahun.

Dukungan platform Android One, desain yang cantik dan tipis, kinerja tinggi dari SoC Qualcomm Snapdragon 660 AIE, kamera yang mumpuni, dan harga yang kompetitif menjadi daya tarik uatam Xiaomi Mi A2 menurut Laptophia. Secara umum, smartphone Xiaomi Mi A2 masih sangat layak dipilih atau dipertimbangkan di kelasnya, terutama yang mendambakan pengalaman menggunakan UI Android murni.
Anda dapat membeli atau cek promo Xiaomi Mi A2 di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Mi A2

  • Sistem Operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka Android pure (Android One)
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 660 AIE SDM660 dengan prosesor octa-core Kryo 260 yang terdiri dari quad-core 2GHz dan quad-core 1,8GHz
  • Grafis Adreno 512
  • Dual kamera 12 megapiksel, sensor Sony IMX486 1/2.9 inci 1,25um piksel, aperture f/1.75, phase-detection autofokus dengan dilengkapi dual LED flash + 20 megapiksel, phase-detetion autofokus, sensor Sony IMX376 1/2.8 inci 1um piksel, lensa f/1.75, pixel binning
  • Kamera depan 20 megapiksel, sensor Sony IMX376 1/2.8 inci 1um piksel, lensa aperture f/2.2, fixed focus, pixel binning
  • Layar sentuh 5,99 inci 2.5D, aspek rasio 18:9 dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2160 pixels, kerapatan 403 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, Corning Gorilla Glass 5
  • Memori RAM 4GB LPDDR4X, ROM 64GB, tanpa slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, GPS, Dual SIM, fingerprint sensor, infrared blaster
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 158.7 x 75.4 x 7.3 mm dengan berat 166 gram
  • Baterai 3000mAh non-removable, Qualcomm Quick Charge 3.0
  • Warna Black, Gold, Blue, Red, dan Rose Gold
Anda mungkin suka:Review Samsung Galaxy A7 2018: Mewah dengan Triple Camera!