eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Menyingkap Tabir Asus Zenfone 5z ZS620KL, Sang Flagship Murah Bertenaga Snapdragon 845

Menyingkap Tabir Asus Zenfone 5z ZS620KL, Sang Flagship Murah Bertenaga Snapdragon 845 – Asus Zenfone 5z ZS620KL merupakan salah satu smartphone flagship murah yang ditenagai oleh SoC Qualcomm Snapdragon 845 yang telah masuk Indonesia. Awalnya, Zenfone 5z ZS620KL dikatakan sebagai smartphone bertenaga Snapdragn 845 termurah di tanah air. Namun, Xiaomi kemudian menyalip Asus di tikungan terakhir dengan melepas Pocophone F1 yang memiliki spesifikasi yang mirip dengan harga yang lebih murah.

Lantas apakah Asus Zenfone 5z ZS620KL sudah habis? Belum. Smartphone ini memang dijual dengan harga yang lebih mahal dari Pocophone F1, tetapi Zenfone 5z ZS620KL ini memiliki sejumlah fitur dan keunggulan yang tak dimiliki oleh pesaingnya tersebut. Penasaran? Mari kita simak ulasan menyingkap tabir Asus Zenfone 5z ZS620KL oleh tim Laptophia kali ini!
Menyingkap Tabir Asus Zenfone 5z ZS620KL, Sang Flagship Murah Bertenaga Snapdragon 845

Perlengkapan Asus Zenfone 5z ZS620KL

  • Unit Asus Zenfone 5z ZS620KL Midnight Blue
  • Kepala charger
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • Headset In-ear
  • Softcase
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Ternyata Segini Hasil Benchmark Asus Zenfone 5 ZE620KL dengan Snapdragon 636!

Menyingkap Tabir Asus Zenfone 5z ZS620KL

Berbicara mengenai penampilan fisik, Asus Zenfone 5z ZS620KL ini sebenarnya cukup menarik. Namun, penampilannya sama dengan Zenfone 5 ZE620KL yang telah Laptophia ulas sebelumnya. Asus Zenfone 5z ZS620KL ini tampil dengan desain kekinian yang didukung notch atau poni yang cukup mencolok pada bagian atas layar. Smartphone ini tampil dengan bezel kanan, kiri, dan atas yang terbilang sangat tipis karena memang menawarkan screen to body ratio yang tinggi di kelasnya.

Asus Zenfone 5z ZS620KL ini hadir dengan balutan casing belakang kaca yang menawan yang mana terlihat begitu mengkilap, terlebih ketika terkena cahaya sekitar. Tak hanya itu, Asus Zenfone 5z ZS620KL ini juga menggunakan frame berbahan metal yang terbilang kokoh dan terasa cukup tebal. Apa yang kita lihat dari desain Asus Zenfone 5z ZS620KL ini memang sama seperti Zenfone 5. Finishing kaca pada casing belakang membuat ponsel ini terasa licin dan rawan slip saat digenggam.

Smartphone flagship Asus Zenfone 5z ZS620KL ini tampil denga dimensi yang tidak terlalu besar dan bobot yang lumayan. Laptophia menilai tidak ada masalah saat menyimpan Asus Zenfone 5z ZS620KL di dalam saku celana atau kemeja. Build quality Asus Zenfone 5z ZS620KL bisa dikatakan top notch atau super, sehingga sangat laik dikatakan sebagai smartphone flagship. Asus Zenfone 5z ZS620KL hanya tersedia dalam dua varian warna saja, yakni Midnight Blue dan Meteor Silver.
Baca juga:Harga dan Spesifikasi Nokia 6.1 Plus, Resmi Masuk Indonesia
Sisi depan smartphone Asus Zenfone 5z ZS620KL ini terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, lubang kamera depan, layar full HD+ 2.5D berukuran 6,2 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Zenfone 5z ZS620KL ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone kekinian Asus Zenfone 5z ZS620KL sudah berkontur 2.5D dengan lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass. Tak diketahui versi berapa, tetapi Laptophia memperkirakan adalah Gorilla Glass 3. Laptophia tetap menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di Asus Zenfone 5z ZS620KL agar tak mudah tergores.

Sedangkan bagian belakang ponsel Asus Zenfone 5z ZS620KL ini terdapat kamera ganda yang tersusun secara vertikal, dual-tone LED flash yang berada tepat di bawahnya, sensor sidik jari, dan logo Asus. Merek asal Taiwan yang baru saja meluncurkan smartphone gaming ROG Phone ini menempatkan port USB USB Type-C, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Asus Zenfone 5z ZS620KL ini. Sedangkan sisi kiri terdapat micrphone, tray slot SIM 1, dan SIM 2 atau microSD dengan jenis hybrid slot. Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Asus ini terdapat microphone.

Mengenal Asus Zenfone 5z ZS620KL

Pada ulasan menyingkap tabir Asus Zenfone 5z ZS620KL kali ini, smartphone flagship murah asal Taiwan ini mengandalkan layar yang kekinian dengan aspek rasio 18:9 dengan dukungan layar sentuh dilengkapi notch atau poni berukuran 6,2 inci yang disematkan teknologi dengan panel Super IPS+ (In-Plane Switching) dengan resolusi full HD+ 2246 x 1080 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 403 piksel per inci yang cemerlang dengan kecerahan 550 nits, cakupan warna 96% color gamut, dan mendukung DCI-P3.

Kinerja smartphone Asus Zenfone 5z ZS620KL ini merupakan salah satu smartphone terkencang di kelas flagship murah menurut Laptophia, karena mengandalkan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 845 SDM845 dengan prosesor octa-core Kryo 385 yang terdiri dari quad-core berkecepatan 2,7GHz dan quad-core berkecepatan 1,7GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 6GB jenis LPDDR4. Sedangkan sektor grafis, Asus mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 630 yang powerful.

Sisi kamera, Asus Zenfone 5z ZS620KL dibekali dukungan kamera belakang ganda dengan resolusi 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX363 1/2.55 inci 1.4um piksel ditandemkan dengan enam elemen lensa aperture f/1.8 yang dilengkapi dengan fitur Dual Pixel phase-detection autofokus, 4-axis OIS (Optical Image Stabilization), dan LED flash.

Kamera ponsel ini menyediakan mode pro dengan long eksposure hingga 32s. Sedangkan kamera kedua mengusung resolusi 8 megapiksel sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel dengan lensa 12 mm aperture f/2.2 super wide angle 120 derajat FoV. Asus membenamkan fitur canggih berbasis AI, yakni AI Scene Detection untuk 16 scene dan objek yang berbeda, AI Photo Learning, Potret Real-time, dan Real-time Beautification.
Baca juga:Xiaomi Redmi 6A RAM 2GB ROM 16GB Resmi Hadir di Indonesia
Kemampuan selfie Zenfone 5z ZS620KL ini cukup mumpuni dengan dukungan kamera depan berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel yang mumpuni dipadukan dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus dan diperkuat fitur Beautify dan AI untuk foto selfie dan video call. Asus juga membekali ponsel ini dengan fitur keamanan face unlock.

Smartphone 4G LTE menengah dengan tagline AI Cameras That Think for You Asus Zenfone 5z ZS620KL ini dibekali dengan memori internal 128GB yang masih didukung hadirnya slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 2TB jenis hybrid slot, sehingga pengguna hanya dapat memasang dual SIM aktif atau single SIM dan microSD. Asus juga menyematkan sensor sidik jari yang berada di sisi belakang ponsel.

Sama dengan Zenfone 5 ZE620KL, Asus Zenfone 5z ZS620KL ini menggunakan sistem operasi Android 8.0 Oreo dengan antarmuka Zen UI 5.0 yang kaya akan fitur, serta dipastikan akan mendapat upgrade ke Android versi berikutnya atau Android 9.0 Pie.

Asus membekali smartphone fotografi kelas menengah Zenfone 5z ZS620KL ini dengan baterai berkapasitas 3300mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya yang didukung teknologi AI fast charging yang mampu mengisi baterai hingga 60% dalam waktu 38 menit. Sektor audio menjadi kelebihan tersendiri bagi Asus Zenfone 5z ZS620KL berkat sokongan dual speaker yang ditandemkan dengan fitur DTS Headphone X 7.1.

Video Unboxing Asus Zenfone 5z ZS620KL

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Impresi Awal Asus Zenfone 5z ZS620KL


Impresi awal Asus Zenfone 5z ZS620KL pada sisi desain dan feel saat menggenggam fisiknya relatif sama dengan Zenfone 5 standar. Ponsel ini mampu memancarkan kesan premium dan mewah berkat desainnya yang cantik. Dukungan hadirnya notch atau poni pada bagian atas layarnya membuat smartphone flagship Asus Zenfone 5z ZS620KL ini terlihat kekinian, meski tak semua orang menyukai kehadiran potongan layar pada bagian atasnya ini.

Layar smartphone Asus Zenfone 5z ZS620KL ini memiliki spesifikasi yang sama persis dengan Asus Zenfone 5 yang berukuran 6,2 inci dengan teknologi IPS dan mengusung resolusi full HD+, serta sudah mendukung DCI-P3. Lagi-lagi Laptophia terpesona dengan kualitas layar smartphone flagship murah ini dengan reproduksi warna yang mantap, tajam, dan nyaman dipandang. Meski demikian, warna hitam yang dipancarkan masih belum sepekat layar AMOLED.

Performa Asus Zenfone 5z ZS620KL ini bisa dikatakan salah satu yang paling kencang di kelasnya berkat sokongan SoC Snapdragon 845. Selama kurang lebih dua minggu menggunakan Asus Zenfone 5z ZS620KL, Laptophia tidak mengalami kendala atau masalah dengan performanya. Multitasking dan semua game berat dapat dilayani oleh Asus Zenfone 5z ZS620KL tanpa masalah.
Baca juga:Anker PowerCore 20100 Review: Seperti Ini Performa Power Bank 700 Ribu-an!
Mengenai kualitas kamera, Asus Zenfone 5z ZS620KL cukup membuat Laptophia berdecak kagum. Smartphone flagship murah ini hasil jepretan kameranya bisa disejajarkan dengan ponsel lain yang lebih mahal. Penasaran? Tunggu review lebih mendalam mengenai Asus Zenfone 5z ZS620KL oleh tim Laptophia!

Sampel Foto Asus Zenfone 5z ZS620KL






Harga Asus Zenfone 5z ZS620KL

Harga Asus Zenfone 5z ZS620KL terbaru di Indonesia berdasarkan informasi resmi yang Laptophia terima adalah 6.699.000 atau tepatnya Rp 6,7 juta. Berdasarkan hasil menyingkap tabir Asus Zenfone 5z ZS620KL yang telah Laptophia lakukan di atas, smartphone ini menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. Performa yang dihasilkan terbilang paling tinggi di kelasnya dan kemampuan kameranya juga terbilang bersaing di kelas flagship.

Pabrikan asal Taiwan ini juga melengkapi Asus Zenfone 5z ZS620KL dengan fitur tambahan seperti face unlock, Zenimoji, dan banyak lagi. Secara umum, Laptophia menilai smartphone Zenfone 5z ZS620KL andalan Asus ini sangat laik dipertimbangkan dan menjadi pesaing tangguh bagi Pocophoone F1 by Xiaomi.
Anda dapat membeli atau cek harga promo Asus Zenfone 5z ZS620KL DI SINI (KLIK) atau DI SINI (KLIK)

Spesifikasi Asus Zenfone 5z ZS620KL

  • Sistem Operasi Android 8.0 Oreo dengan antarmuka Zen UI 5.0
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 845 SDM845 dengan prosesor octa-core Kryo 385 yang terdiri dari quad-core 2,7GHz dan quad-core 1,7GHz
  • Grafis Adreno 630
  • Kamera ganda 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX363 1/2.55 inci 1.4 um piksel, lensa 24mm aperture f/1.8, phase-detection autofokus, EIS, 4 axis OIS, dual-tone LED flash. Kamera kedua 8 megapiksel dengan sensor BSI, lensa 12mm wide-angle
  • Kamera depan 8 megapiksel fixed focus dengan sensor BSI, lensa 24mm aperture f/2.0
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 6,2 inci, dengan resolusi Full HD+ 2246 x 1080 pixels, kerapatan 402 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel Super IPS+, Corning Gorilla Glass
  • Memori RAM 6GB, ROM 128GB, dilengkapi slot microSD max 2TB (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, USB Type-C, GPS, dual SIM, NFC, fingerprint sensor, face unlock, port audio 3,5mm, stereo speaker
  • Dimensi 153 x 75.7 x 7.9 mm berat 155 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 3300mAh, non-removable, AI Charge Fast Charging
  • Warna Midnight Blue dan Meteor Silver
Anda mungkin suka:Hands On Pocophone F1: Performa Tinggi dan Harga Mengesankan, Tapi…