IBX582004D475488 Oppo F9, Smartphone Berponi Minimalis dengan Punggung Berkilau

Oppo F9, Smartphone Berponi Minimalis dengan Punggung Berkilau



Oppo F9, Smartphone Berponi Minimalis dengan Punggung Berkilau – Sukses dengan smartphone seri F7 yang dirilis beberapa waktu lalu, kini Oppo secara resmi telah meluncurkan smartphone penerusnya melalui seri F9. Smartphone Oppo F9 ini tampil dengan desain baru yang sangat berbeda dari pendahulunya. Hal yang cukup menonjol adalah hadirnya notch atau poni minimalis yang berada di atas layar Oppo F9.

Poni yang minimalis ini mengingatkan Laptophia pada desain ponsel Essential Phone besutan Andy Rubin. Jika melihat dari spesifikasi perangkat kerasnya, Oppo F9 ini sebenarnya bisa dikatakan sebagai minor upgrade dari Oppo F7 karen memang tak banyak mengalami peningkatan atau perubahan. Ponsel ini masih setia mengandalkan sokongan SoC MediaTek Helio P60 yang dirasa cukup kencang di kelasnya. 

Hal yang menarik dari Oppo F9 adalah casing belakangnya yang berkilau dengan tekstur heksagonal yang begitu cantik dan memesona. Ponsel Oppo F9 ini tersedia dalam tiga varian warna, yakni Sunrise Red, Twilight Blue, dan Starry Purple.

Smartphone selfie sentris Oppo F9 mengusung spesifikasi layar yang kekinian dengan aspek rasio 19:9 dengan dukungan layar sentuh berukuran 6,3 inci yang disematkan teknologi panel IPS (In-Plane Switching) dengan resolusi full HD+ 2340 x 1080 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 409 piksel per inci yang cemerlang, serta dilindungi lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass 6. Salah satu kelebihan F9 ini adalah dilengkapi dengan notch atau poni berukuran kecil atau minimalis pada bagian atas layarnya.

Sama seperti seri Oppo F7 yang tak lain adalah pendahulunya, kamera depan menjadi daya tarik utama Oppo F9 dengan dukungan kamera resolusi 25 megapiksel dengan sensor BSI CMOS berukuran  ditandemkan dengan fitur canggih AI Beauty 2.0 yang lebih cerdas dalam menerapkan efek beautify sesuai dengan karakter pengguna karena mampu mendeteksi 296 titik wajah.

Kemampuan kamera belakang Oppo F9 ini tak bisa dipandang sebelah mata menurut Laptophia dengan mengandalkan kamera belakang ganda berkekuatan 16 megapiksel + 2 megapiksel (depth sensor) dengan lensa aperture f/1.8 yang menggunakan sensor BSI CMOS, phase-detection autofokus, dan LED flash. Kombinasi kedua kamera belakangnya mampu menghasilkan foto bokeh yang menawan.

Performa smartphone Oppo F9 ini cukup standar di kelasnya dan setara dengan para pesaingnya menurut Laptophia, karena mengandalkan SoC (System on Chip) Mediatek Helio P60 yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A73 64-bit yang berlari dengan kecepatan 2GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB atau 6GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G72 MP3.

Smartphone 4G LTE kekinian dengan tagline Capture The Real You Oppo F9 ini dibekali dengan memori internal 64GB yang masih didukung hadirnya slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 256GB tipe dedicated slot, serta mendukung USB OTG. Oppo juga menyematkan sensor sidik jari yang berada di sisi belakang ponsel.
Baca juga:Xiaomi Redmi Note 5 Review: Smartphone Terbaik di Kelasnya!
Sisi perangkat lunak, smartphone Oppo F9 ini menggunakan OS Android 8.1 Oreo dengan antarmuka Color OS 5.2. Smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3500mAh yang didukung fitur VOOC Flash Charge 5V/4A untuk mencukupi kebutuhan dayanya.

Kelebihan Oppo F9

  • Menggunakan Corning Gorilla Glass 6
  • Kinerja bersaing di kelasnya
  • Pengisian daya cepat VOOC flash charge

Kekurangan Oppo F9

  • Masih menggunakan port microUSB

Harga Oppo F9

Oppo F9 merupakan salah satu smartphone kelas menengah premium yang masih mengandalkan kemampuan kamera depan untuk selfie sebagai daya tarik utamanya. Harga smartphone Oppo F9 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 4.299.000. Harga ini sama persis dengan harga Oppo F7 saat pertama kali diluncurkan ke pasar. Melihat spesifikasi yang ditawarkan, ponsel Oppo F9 ini relatif masih bersaing.

Dukungan kamera depan yang mumpuni untuk selfie dan didukung fitur AI, kinerja tinggi dari SoC MediaTek Helio P60 dengan RAM 4GB, kamera belakang ganda yang kekinian, dan fitur VOOC flash charge menjadi daya tarik utama Oppo F9 menurut Laptophia. Secara umum, smartphone Oppo F9 ini cukup laik dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan smartphone kekinian untuk foto selfie.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Oppo F9 di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Oppo F9

  • Sistem Operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka Color OS 5.2
  • Chipset MediaTek Helio P60 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A73 dengan kecepatan 2GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 2GHz
  • Grafis Mali-G73 MP3
  • Kamera belakang ganda 16 megapiksel + 2 megapiksel (depth sensor) dengan sensor BSI CMOS, enam elemen lensa aperture f/1.8, phase-detection autofokus, LED flash
  • Kamera depan 25 megapiksel fixed focus dengan sensor BSI, lensa aperture f/2.0, AI beauty 2.0
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 6,3 inci, dengan resolusi Full HD+ 2340 x 1080 pixels, kerapatan 409 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel LTPS IPS, Corning Gorilla Glass 6
  • Memori RAM 4GB atau 6GB, ROM 64GB, dilengkapi slot microSD max 256GB (dediated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port MicroUSB, USB OTG, GPS, dual SIM, fingerprint sensor, port audio 3,5mm
  • Dimensi 156.7 x 74 x 8 mm berat 169 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 3500mAh, non-removable, VOOC Flash Charge 5V/4A 20W
  • Warna Sunrise Red, Twilight Blue, dan Starry Purple
Anda mungkin suka:Harga dan Spesifikasi Pocophone F1 Resmi Hadir di Indonesia

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!