IBX582004D475488 Hands On & Unboxing Meizu M6, Smartphone Murah dengan Fingerprint Sensor

Hands On & Unboxing Meizu M6, Smartphone Murah dengan Fingerprint Sensor



Hands On & Unboxing Meizu M6, Smartphone Murah dengan Fingerprint Sensor – Smartphone Meizu M6 memang telah diluncurkan dan sudah dijual di Indonesia sejak beberapa waktu lalu. Kehadiran ponsel ini tampak tidak diiringi dengan gembar-gembor promosi yang agresif. Meski demikian, ponsel ini relatif mudah didapat di pasaran. Nama Meizu sendiri memang masih belum setenar para pesaingnya, tetapi sudah cukup dikenal masyarakat.

Ponsel Meizu M6 ini hadir dengan spesifikasi yang cukup menarik dan bisa dikatakan sedikit lebih superior ketimbang Xiaomi Redmi 5A yang tak lain adalah pesaing terdekatnya. Mengandalkan sokongan SoC MediaTek MT6750 octa-core dengan RAM sebsar 2GB membuatnya cukup kompetitif. Selain itu, Meizu M6 ini telah dilengkapi dengan fitur yang tak dimiliki oleh pesaing terdekatnya, yakni fingerprint sensor atau sensor sidik jari. Penasaran? Berikut ulasan hands on dan unboxing Meizu M6 yang telah dilakukan oleh tim Laptophia.

Hands On & Unboxing Meizu M6, Smartphone Murah dengan Fingerprint Sensor

Perlengkapan Meizu M6

IMG_20180529_163656_HDR
  • Unit Meizu M6 Moonlight Silver
  • Kepala charger
  • Kabel microUSB
  • SIM card ejector
  • Headset
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Review Asus Zenfone Max Pro M1: Kinerja Tinggi dengan Baterai Jumbo!

Hands On & Unboxing Meizu M6

Hands On & Unboxing Meizu M6
Beberapa hari yang lalu satu unit smartphone Meizu M6 Moonlight Silver telah mendarat dengan selamat di markas Laptophia untuk dilakukan review. Seperti biasa, setelah paket berisi ponsel Meizu M6 mendarat, tim Laptophia segera melakukan unboxing untuk mengetahui kondisi barang dan juga mengecek perlengkapan apa saja yang diusung oleh ponsel ini. Sebuah boks berwarna putih yang tertulis jelas Meizu M6 berwarna biru membuatnya terlihat sederhana.

Setelah melakukan unboxing, Laptophia mulai menjajal kemampuan ponsel Meizu M6 ini. Kesan pertama saat memegang ponsel ini adalah ringan dan terasa cukup solid. Penampilan atau desain fisik Meizu M6 ini sebenarnya tidak terlalu generik, tetapi tak banyak berubah jika dibandingkan dengan Meizu generasi sebelumnya.

Smartphone ini tampil dengan desain standar dengan sudut yang membulat. Terlihat bezel atas dan bawah ponsel ini sangat tebal. Hal ini bisa dimaklumi karena Meizu M6 masih belum mengusung gaya desain kekinian seperti Zenfone Live L1. Dimensi ponsel ini tidak terlalu besar, sehingga bukan masalah bagi yang memiliki ukuran telapak tangan kecil.

Smartphone ini mengusung layar dengan aspek rasio 16:9 berkontur 2.5D yang ditemani sebuah sensor sidik jari pada sisi bawah ponsel. Tombol sensor sidik jari ini tampak kian manis dengan cincin chrome yang melingkupinya.  Smartphone Meizu M6 ini dibalut dengan casing unibody berbahan polikarbonat yang cukup solid. Sementara pada bagian belakang terlihat dua buah garis antenna yang melengkung yang kian mempermanis desain Meizu M6. Permukan casing ponsel besutan Meizu ini cenderung agak licin, tetapi relatif nyaman digenggam.
Baca juga:Xiaomi Redmi 5 Plus Review: Smartphone Kekinian dengan Harga Masuk Akal!
Sisi depan Meizu M6 ini terdapat ambient light sensor, proximity sensor, earpiece, lubang kamera depan, layar resolusi HD berukuran 5,2 inci, dan tanpa kehadiran tiga buah tombol kapasitif khas Android di bawah layar. Hal ini disebabkan Meizu M6 sudah mengusung on-screen button. Meski demikian, terdapat sebuah tombol yang terintegrasi dengan fingerprint sensor di bawah layar.

Layar smartphone selfie murah meriah Meizu M6 sudah berkontur 2.5D. Sayangnya, tak disebutkan adanya proteksi antigores pada ponsel murah meriah ini. Laptophia sangat menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di Meizu M6 agar layarnya tak mudah tergores.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Meizu M6 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM 1, SIM 2, dan microSD dengan jenis hybrid slot. Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Meizu ini hanya terdapat port audio 3,5mm saja.

Sedangkan bagian belakang ponsel Meizu M6 ini terdapat lubang kamera, dual-tone LED flash, dan logo Meizu berwarna chrome. Merek asal Tiongkok pembesut produk flagship Meizu 15 ini menempatkan port microUSB, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.
Hands On & Unboxing Meizu M6
Smartphone Meizu M6 mengandalkan layar sentuh 2.5D berukuran 5,2 inci berteknologi panel IPS (In-Plane Switching) kapasitif display dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel yang menawarkan kerapatan hingga 282 piksel per inci. Sayangnya, layar Meizu M6 ini tak dilindungi proteksi antigores.

Sisi perangkat lunak, Meizu M6 ini mengandalkan sistem operasi Android 7.0 Nougat dengan antarmuka Flyme OS 6.2. Tak diketahui apakah ponsel ini akan mendapat jatah update ke Android 8.0 Oreo  atau tidak.

Kemampuan kamera Meizu M6 ini juga terbilang standar di kelas entry-level dengan mengandalkan kamera belakang 13 megapiksel dengan fitur autofokus ditandemkan lensa aperture f/2.2 lengkap dengan LED flash. Kamera depan Meizu M6 ini berkekuatan 8 megapiksel dengan aperture f/2.0 fixed focus yang cukup lumayan untuk foto selfie dan video call.
Baca juga:Review Infinix Hot S3 X573: Smartphone Selfie Killer dengan OS Android Oreo
Kinerja yang ditawarkan oleh Meizu M6 ini terbilang bersaing di kelasnya menurut Laptophia karena didukung SoC (System on Chip) MediaTek MT6750 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,5GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 2GB. Sedangkan sektor grafis, ponsel 4G andalan Meizu ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Mali-T860 MP2 untuk performa yang kompetitif.

Smartphone kelas menengah Meizu M6 dibekali dengan memori internal atau ROM sebesar 16GB yang dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 128GB hybrid slot. Meizu membekali M6 baterai berkapasitas 3000mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya.

Video Unboxing Meizu M6

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Impresi Awal Meizu M6

Impresi Awal Meizu M6
Meizu M6 yang hadir dengan desain layar 16:9 yang mulai ketinggalan. Hal yang sama juga ditawarkan oleh pesaing terdekatnya, yakni Redmi 5A. Meski demikian, Meizu M6 ini ternyata cukup nyaman digenggam dan terasa cukup solid. Ponsel ini memang menggunakan casing berbahan polikarbonat, tetapi sama sekali tidak terkesan murahan. Hal ini tak lepas dari penampilannya yang cukup mewah dengan logo Meizu berwarna chrome.

Dukungan layar sentuh 5,2 inci yang diusung Meizu M6 ini tampak biasa saja. Entah kenapa layar yang diusungnya terasa tidak terlalu tajam, reproduksi warna yang lumayan, dan kadang terlihat agak kekuningan. Meski demikian, layar Meizu M6 mampu menghasilkan viewing angle yang cukup luas dengan respon touchscreen yang lumayan gegas. Sayangnya, Laptophia belum menjajalnya di bawah sinar matahari.

Mengandalkan sokongan SoC MediaTek MT6750 octa-core seharusnya membuat Meizu M6 ini kencang di kelasnya. Selama kurang lebih seminggu penggunaan, Laptophia memang tidak mengalami masalah performa yang signifikan. Namun, kadang perpindahan antarmenu dan aplikasi terasa sedikit kurang smooth. Tentunya diperlukan review mendalam untuk mengetahui performa sebenarnya dari Meizu M6 ini.

Impresi awal kamera smartphone Meizu M6 ini bisa dikatakan sangat menarik. Hasil jepretannya saat siang hari dengan kondisi cahaya memadai relatif memuaskan dan tajam. Saat kondisi low-light juga bisa diandalkan. Hanya saja kadang kecepatan fokus kameranya agak lambat.
Baca juga:Harga Asus Zenfone 5z ZS620KL di Indonesia Mengejutkan, Flagship Killer!
Tentunya diperlukan review yang lebih mendalam untuk mengetahui kemampuan sebenarnya dari smartphone Meizu M6 besutan vendor asal Tiongkok ini. Penasaran dengan Meizu M6? Tunggu review lengkap smartphone murah meriah Meizu M6 hanya di Laptophia!

Harga Meizu M6

Meizu M6 merupakan salah satu smartphone yang cukup menarik di kelas entry-level. Harga Meizu M6 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 1.299.000 atau tepatnya Rp 1,3 juta. Smartphone Meizu M6 ini sempat dijual dengan metode flash sale dengan harga Rp 999.000, setara dengan Xiaomi Redmi 5A yang tak lain adalah pesaing terdekatnya. Berdasarkan hasil hands on dan unboxing Meizu M6 yang telah tim Laptophia lakukan, ponsel ini tampak menunjukkan impresi yang cukup menarik.

Ponsel ini menawarkan kinerja yang cukup bersaing di kelasnya, kamera yang dilengkapi dengan mode pro, dan didukung fitur sensor sidik jari atau fingerprint sensor. Berdasarkan impresi awal ini, Laptophia menilai Meizu M6 sebagai salah satu smartphone murah yang laik beli di kelasnya dan menjadi pesaing kuat bagi Xiaomi Redmi 5A dan juga Asus Zenfone Live L1.
Anda dapat membeli atau sekadar cek harga smartphone Meizu M6 di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Meizu M6

  • Sistem Operasi Android 7.0 Nougat dengan antarmuka Flyme OS 6
  • Chipset MediaTek MT6750, prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit dengan kecepatan 1,5GHz
  • Grafis Mali-T860 MP2
  • Kamera 13 megapiksel, phase-detection autofokus, aperture f/2.2, autofokus dengan dilengkapi dual-tone LED flash. Kamera depan 8 megapiksel fixed focus dengan aperture f/2.0
  • Layar 5,2 inci 2.5D, dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels, kerapatan 282 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB dilengkapi slot microSD maksimal 128GB Hybrid Slot
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, fingerprint sensor
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 148.2 x 72.8 x 8.3 mm dengan berat 143 gram
  • Baterai 3070mAh, fast charging
  • Warna Moonlight Silver, Champagne Gold, Matte Black, dan Electric Light Blue
Anda mungkin suka:Asus Zenfone 5 ZE620KL Hadir di Indonesia, Oppo F7 & Vivo V9 Killer!

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!