IBX582004D475488 Kembalikan Data Laptop yang Hilang atau Terhapus dengan EaseUS Data Recovery Wizard Free!

Kembalikan Data Laptop yang Hilang atau Terhapus dengan EaseUS Data Recovery Wizard Free!



Kembalikan Data Laptop yang Hilang atau Terhapus dengan EaseUS Data Recovery Wizard Free! – Data adalah harta yang paling berharga dewasa ini. Saat data yang tersimpan di laptop hilang, tentu hal tersebut menjadi mimpi buruk yang menyesakkan dada. Pelbagai cara dilakukan untuk mengamankan data, seperti melakukan back up menggunakan hard disk eksternal, flash disk, dan sejenisnya. Ada pula yang melakukan backup menggunakan cloud storage seperti Dropbox, Microsoft OneDrive atau Google Drive.

Namun, bagaimana jika data penting yang tersimpan di laptop hilang karena terhapus dan kebetulan ternyata belum dilakukan back up? Ini menjadi bencana yang cukup serius, terlebih data tersebut adalah data penting kantor, skripsi atau dokumen penting lainnya. Jika semua sudah terlanjur, Laptophia Blog rasa dunia belum berakhir karena data laptop yang hilang dapat dikembalikan dengan aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard Free!


Easeus Data Recovery Wizard Free

Apa Itu EaseUS Data Recovery Wizard Free?

EaseUS Data Recovery Wizard Free adalah perangkat lunak atau aplikasi yang berfungsi untuk mengembalikan data (recovery) yang hilang karena terhapus, terformat atau karena kerusakan file sistem. Aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard Free ini dapat digunakan untuk mengembalikan data yang hilang dari pelbagai perangkat, seperti PC desktop, laptop atau media penyimpanan portabel seperti flash drive dan hard disk eksternal.

Aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard ini tersedia beberapa varian berdasarkan lisensi yang ditawarkan, mulai dari yang gratis (free) hingga berbayar untuk kelas enterprise. Pada kesempatan kali ini Laptophia Blog akan mengulas atau review EaseUS Data Recovery Wizard Free atau varian yang gratis.
Baca juga:Xiaomi Redmi Note 5A Review: Smartphone Terbaik di Kelas 1,5 Juta!

Fitur EaseUS Data Recovery Wizard Free

EaseUS Data Recovery Wizard ini tersedia dalam tiga varian, yakni EaseUS Data Recovery Wizard Free, EaseUS Data Recovery Wizard Pro, dan EaseUS Data Recovery Wizard Pro + Win PE. Laptophia akan membahas varian gratis. Meski diberikan secara cuma-cuma, kemampuan dan fitur EaseUS Data Recovery Wizard Free ini terbilang lengkap di kelasnya. Bahkan bisa dikatakan paling lengkap jika dibandingkan dengan aplikasi recovery gratis yang ada di pasaran. Berikut ini beberapa fitur yang ditawarkan oleh EaseUS Data Recovery Wizard Free:
  • Mengembalikan data hilang karena terhapus, partisi terformat, hard disk rusak, serangan virus, kerusakan sistem, partisi hard disk hilang, dan insiden lainnya.
  • Mendukung banyak tipe file, mulai musik, video, dokumen, foto, email, file terkompres, dan sebagainya.
  • Mendukung banyak perangkat, seperti PC desktop, laptop, notebook, flash drive, hard disk eksternal, server, bahkan RAID.
  • Dapat mengembalikan data karena insiden berkaitan dengan partisi, seperti hilang, terhidden, RAW atau partisi hilang.
  • Dilengkapi fasilitas RAW recovery. Fitur ini memungkinkan EaseUS Data Recovery Wizard Free melakukan deep scanning agar lebih akurat dalam menemukan file yang hilang.
  • Ekspor dan impor hasil scanning data.
  • Data yang di-recovery dibatasi hingga maksimal 2GB.
  • Lisensi free atau gratis

Cara Kembalikan Data Laptop dengan EaseUS Data Recovery Wizard Free

Lalu bagaimana cara mengembalikan data laptop yang hilang menggunakan aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard Free? Cukup mudah, langkah pertama adalah mengunduh terlebih dahulu aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard Free di website resminya atau klik di Sini.

Lakukan instalasi ke laptop dan ikuti step-stepnya seperti instalasi aplikasi biasa. Setelah aplikasi terinstal dengan baik di laptop, kemudian jalankan dan akan muncul tampilan seperti screenshot di bawah ini.
Easeus 2
Aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard Free akan menampilkan semua drive yang terpasang di laptop. Langkah berikutnya adalah memilih partisi dimana data yang hilang tersebut tersimpan. Tak hanya pada hard disk internal laptop atau notebook, kita juga dapat mengembalikan data yang hilang dari media eksternal seperti flash drive atau hard disk eksternal dengan menghubungkannya terlebih dahulu ke laptop atau notebook. Dobel klik pada drive yang ingin dikembalikan datanya.
Easeus3
Aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard Free akan menampilkan hasil quick scan dan kita bisa mencari data yang hilang melalui daftar yang tampil. Namun, jika data yang diinginkan tidak muncul, kita bisa menunggu proses deep scan yang sedang berjalan. Lamanya proses deep scan ini tergantung dari ukuran partisi dan banyaknya file yang tersimpan di dalamnya.
Easeus 4
Ketika file yang hilang telah ditemukan, kita bisa memilih file mana saja yang akan kita kembalikan atau recover. Setelah file yang diinginkan terpilih, klik tombol Recover yang terdapat di sudut kanan bawah.
Easeus 5
Langkah berikutnya adalah memilih lokasi penyimpanan file hasil recovery. Kita juga dapat membuat folder baru untuk menampung data yang terlah berhasil dikembalikan. Kemudian klik OK.
Easeuslast
Selamat! Data yang hilang di laptop atau notebook Anda telah berhasil diselamatkan dan dikembalikan oleh aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard Free. Kuota versi gratis adalah 500MB saja. Namun, kita bisa mendapat tambahan kuota data yang di-recovery dengan membagikannya ke sosial media seperti Facebook dan Twitter.
Baca juga:Harga dan Spesifikasi Asus X441NA PQ401 Bertenaga Pentium N4200 Quad Core

Review EaseUS Data Recovery Wizard Free

Secara umum, aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard Free ini sangat berguna dan bisa menyelamatkan kita dari bencana akibat data hilang. Laptop secanggih apapun tak akan berguna ketika kita kehilangan data, baik secara sengaja maupun tidak. Aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard Free ini hadir dengan antarmuka yang terbilang userfriendly dan mudah dimengerti, bahkan oleh orang yang awam sekalipun.

Tidak diperlukan pengetahuan teknis mengenai data dan penyimpanan. Pengguna hanya cukup menjalankan perangkat lunak EaseUS Data Recovery Wizard Free ini dan melakukan recovery data yang hilang dengan beberapa kali klik muouse, cukup mudah bukan?

Performa EaseUS Data Recovery Wizard Free dalam melakukan deep scanning memang cukup baik dan akurat, Beberapa file di notebook Laptophia Blog yang sudah agak lama dihapus masih muncul di daftar hasil deep scan. Memang tak selalu semua sukses 100% mampu dikembalikan oleh aplikasi ini karena ini tergantung kondisi juga. File yang sudah lama hilang dan tertimpa banyak file lain tentu akan semakin sulit dikembalikan. Namun, file yang baru saja hilang atau terhapus, rata-rata mampu dikembalikan oleh EaseUS Data Recovery Wizard Free dengan sempurna.

Kelemahan EaseUS Data Recovery Wizard Free yang tak lain adalah versi gratis ini adalah adanya kuota hingga 500MB saja atau paling tidak hingga 2GB jika berbagi di Facebook atau Twitter. Kuota data sebesar ini memang sangat kurang, terlebih jika data yang hilang berupa file multimedia.

Namun, jika memang sangat membutuhkan EaseUS Data Recovery Wizard ini tanpa batasan kuota, membeli versi Pro bisa dipertimbangkan. Sampai di sini dulu ulasan cara mengembalikan data yang hilang atau terhapus di laptop menggunakan aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard Free. Semoga bermanfaat.
Anda mungkin suka:Xiaomi Redmi 5A Review: Penghancur Harga Smartphone Murah

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!