IBX582004D475488 5 Jenis Trafo yang Perlu Anda Ketahui

5 Jenis Trafo yang Perlu Anda Ketahui



5 Jenis Trafo yang Perlu Anda Ketahui - Trafo atau transformator adalah suatu alat yang digunakan untuk mengubah daya listrik dari tegangan tinggi ke tegangan rendah dan sebaliknya. Tapi tahukah Anda jika ada beragam jenis trafo yang ada di pasaran?

Secara umum, trafo dibagi menjadi dua jenis, yaitu trafo step up dan trafo step down. Trafo jenis step up ini berfungsi untuk menaikkan tegangan bolak balik (AC). Trafo dengan jenis itu disebut dengan trafo penaik tegangan. Jumlah lilitan sekunder ini lebih banyak daripada lilitan primer. Anda bisa melihat trafo ini di jaringan pembangkit listrik. Sedangkan trafo step down adalah trafo penurun tegangan. Jadi jumlah lilitan primernya lebih banyak dari lilitan sekunder.


Trafo
Terdapat lima jenis trafo berdasarkan kegunaannya. Apa saja?

Trafo adaptor

Trafo ini dapat mengubah arus AC menjadi DC melalui lilitan gulungan primer dan sekunder. Trafo adaptor ini biasanya digunakan oleh pehobi elektronik sebagai pengganti baterai di dalam pembuatan proyek rangkaian elektronika.

Trafo switching

Adalah salah satu komponen trafo yang digunakan pada power supply yang menggunakan teknologi switching. Power supply jenis ini biasanya menggunakan sistem pembangkit frekuensi tinggi yang memiliki efisiensi baik. Trafo switching ini biasanya digunakan pada alat elektronik modern seperti DVD player, PC computer, dan lainnya.

Trafo input/output

Biasanya trafo ini disebut juga dengan trafo OT/IT. Trafo ini sering digunakan pada rangkaian amplifier, tape recorder, radio penerima, dan aneka alat elektronik yang menghasilkan bunyi.

Trafo IF (Intermediate Frequency)

Trafo dengan jenis ini digunakan sebagai penguat frekuensi menengah. Biasanya ada pada radio penerima AM/FM. Frekuensi IF ini sudah ada standarisasinya. Untuk keperluan AM, frekuensi menengah yang digunakan ialah 455kHz, sedangkan untuk FM adalah 10,7 MHz

Trafo frekuensi tinggi

Sesuai namanya, trafo ini banyak dipakai untuk keperluan pembangkitan frekuensi, flyback pada rangkaian TV tabung, dan lainnya. Tidak hanya itu, trafo ini juga banyak digunakan sebagai trafo resonansi yang difungsikan untuk menyesuaikan impedansi antara antenna dengan pemancarnya

Semua jenis trafo tersebut membutuhkan maintenance secara berkala. Anda dapat maintenance trafo sendiri, atau dengan jasa yang biasanya ditawarkan pada penyewaan alat listrik. Dengan maintenance yang rutin, trafo akan lebih awet dan peralatan listrik Anda pun lebih panjang umurnya.

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru! .