IBX582004D475488 Tips Cerdas Membeli Laptop Ala Laptophia Blog

Tips Cerdas Membeli Laptop Ala Laptophia Blog




Tips Cerdas Membeli Laptop – Laptop atau notebook saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat di hampir semua kalangan, seperti pekerja kantoran, tenaga kreatif, pelajar, mahasiswa, bisnisnman, dan banyak lagi. Ukurannya yang kompak dan mudah dibawa kemana-mana dan performanya yang mendekati komputer desktop menjadi dua faktor utama masih populernya laptop di era mobile internet saat ini.

Laptop memang belum bisa digantikan sepenuhnya oleh perangkat mobile seperti tablet. Laptop yang beredar di Indonesia saat ini cukup banyak dan menawarkan spesifikasi yang berbeda-beda pula. Hal ini membuat konsumen kadang bingung menentukan laptop yang pas untuk memenuhi kebutuhannya. Pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan sedikit tips cerdas membeli laptop ala Laptophia Blog dan perbandingan harganya di situs daftar harga laptop murah Pricebook pada artikel berikut ini.


IMG_20160423_144920_HDR

Butuh Laptop Seperti Apa?

Saat kita akan membeli laptop, tentu hal yang pertama kita pikirkan adalah kebutuhan. Laptop yang akan kita beli itu akan digunakan untuk apa? Pertanyaan ini sangat penting agar kita tidak salah memilih laptop karena kebutuhan atau penggunaan laptop tersebut berkaitan pada penentuan spesifikasi.

Anda tentunya dapat merumuskan kebutuhan sendiri, misalnya laptop tersebut nantinya akan digunakan untuk komputasi ringan atau komputasi harian seperti menjalankan aplikasi office, browsing, chatting, dan multimedia viewing.

Atau mungkin Anda membutuhkan sebuah laptop gaming berperforma tinggi untuk memainkan game terbaru? Hal ini sejak awal harus kita tentukan agar nantinya tidak kecewa dengan performa laptop yang telah dibeli.
Baca juga:Acer One 14 L1410, Laptop Windows 10 dengan Baterai Tahan Lama

Ukuran Layar

Hal yang tak kalah penting dalam menentukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan adalah ukuran layar. Ini tidak bisa dipandang remeh karena ini berkaitan dengan kenyamanan dan portabilitas. Saat ini ukuran layar laptop yang banyak tersedia di pasaran adalah 11,6 inci, 12 inci, 13,3 inci, 14 inci, 15,6 inci, dan 17,3 inci.

Ukuran layar yang paling populer adalah 14 inci karena menawarkan keseimbangan antara kenyamanan dan portabilitas. Bagi pengguna yang membutuhkan portabilitas lebih, dapat mempertimbangkan ukuran 11,6 dan 12 inci. Sedangkan penikmat konten multimedia dan desktop replacement yang mana kurang memperhitungkan portabilitas, dapat memilih ukuran layar 15,6 inci atau lebih besar.

Menentukan Spesifikasi Laptop

Langkah berikutnya adalah menentukan spesifikasi laptop yang pas untuk memenuhi kebutuhan komputasi yang telah kita rumuskan sebelumnya. Laptophia Blog menilai tips kedua ini memang agak sulit bagi pengguna yang masih awam dengan spesifikasi laptop.

Meski demikian, Laptophia akan mencoba sedikit menjabarkan beberapa poin penting untuk membantu menentukan spesifikasi yang pas. Apabila Anda membutuhkan laptop untuk komputasi harian, office, browsing, dan keperluan dasar lainnya, laptop yang ditenagai oleh prosesor Intel Celeron, Pentium berbasis Braswell (Misal Celeron N3050, N3150, Pentium N3700) atau AMD APU berbasis Beema (Misal AMD E-series) dengan RAM 2GB sudah cukup, tetapi kapasitas RAM 4GB lebih baik.

Jika Anda membutuhkan tenaga lebih untuk komputasi kelas menengah dan multitasking, dapat memilih jajaran laptop dengan prosesor Intel Core i3, Core i5 atau AMD APU A8 dan A10 series, serta didukungan RAM minimal 4GB. Namun, jika Anda membutuhkan kinerja yang lebih tinggi untuk menangani komputasi berat, laptop dengan prosesor Intel Core i7 dapat dipertimbangkan.

Pengguna yang membutuhkan laptop multimedia bisa memilih notebook bertenaga Intel Core i3/Core i5 yang dilengkapi dengan grafis mandiri atau diskrit dari Nvidia GeForce atau AMD Radeon. Bagaimana dengan notebook atau laptop gaming?

Rata-rata laptop gaming sudah ditenagai oleh prosesor Intel Core i7 dengan GPU (Graphics Processing Unit) minimal Nvidia GeForce GTX 950M.
Baca juga:Dell Inspiron 14 3452, Laptop Windows 10 Bertenaga Intel Braswell

Survey & Perbandingan Harga Laptop

Pricebook
Setelah menentukan laptop yang akan dibeli, langkah berikutnya adalah melakukan survey harga atau perbandingan harga laptop Asus, harga laptop Lenovo atau merek lainnya. Pricebook adalah salah satu situs perbandingan harga gadget dan laptop yang lengkap di Indonesia.

Melalui situs ini, kita tidak perlu mengunjungi toko online satu per satu untuk cek harga karena semuanya sudah dirangkum di sini. Kita cukup mencari laptop yang kita inginkan, misalnya Asus E202SA dan Pricebook akan menampilkan toko online dan offline mana saja yang menyediakan laptop tersebut dan berapa harganya.

Berdasarkan informasi yang disajikan, kita dapat memilih laptop yang kita inginkan dengan harga laptop yang murah, Kita bisa melihat toko online mana yang menjual laptop yang kita butuhkan dengan harga paling murah.

Pricebook ini juga menawarkan informasi mengenai pengiriman, metode pembayaran dan lokasi penjual. Kita tak perlu khawatir soal keamanan karena Pricebook menampilkan toko online dan offline yang sudah terpercaya dan berpengalaman.

Membeli Laptop Idaman

Setelah survey dan perbandingan harga laptop di Pricebook, langkah berikutnya adalah membeli laptop idaman dengan harga murah dan dari toko online yang terpercaya. Setelah transaksi selesai, kita hanya tinggal menunggul laptop dikirim melalui jasa logistik. Demikian sedikit tips membeli laptop idaman ala Laptophia Blog, semoga bermanfaat bagi pembaca semua.
Anda mungkin suka:Evercoss Winner T 4G M40, Smartphone LTE 800 Ribu-an
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks