IBX582004D475488 Agar Tak Keliru Memilih Laptop Gaming

Agar Tak Keliru Memilih Laptop Gaming




Memilih Laptop Gaming – Bermain game atau gaming di era modern ini tak hanya dapat dilakukan dengan PC Desktop, melainkan juga dapat dilakukan melalui laptop. Para produsen laptop pun mengakomodasi hal tersebut dengan meluncurkan pelbagai varian laptop gaming, mulai dari kelas entry-level atau untuk gamer pemula hingga kelas premium yang membidik gamer profesional. Tak hanya itu, laptop gaming juga hadir dalam beberapa varian ukuran layar, fitur, dan variasi spesifikasi teknis yang tak jarang membuat konsumen awam bingung.

Salah memilih laptop gaming dapat menyebabkan pengalaman bermain game terganggu, bagaimana bisa? Bisa jadi kita memilih laptop gaming yang performanya di bawah ekspektasi kita dan akhirnya game favorit tidak dapat dimainkan dengan lancar atau harus menurunkan setting grafis. Pada kesempatan kali ini Laptophia akan membahas sedikit tips agar tidak salah memilih laptop gaming.


Agar Tak Keliru Memilih Laptop Gaming
Agar tak keliru memilih laptop, Laptophia Blog berpendapat bahwa kita harus memiliki sedikit wawasan mengenai spesifikasi teknis sebuah laptop. Mengapa hal ini penting? Karena setiap game yang dirilis ke pasar selalu mencantumkan spesifikasi minimal sistem untuk dapat memainkan game tersebut.

Perlu diperhatikan, ketika developer memberikan informasi ‘spesifikasi minimal’ berarti kita dapat memainkan game tersebut dengan frame rate standar dan dengan setting grafis yang minim. Bagi gamer yang ingin merasakan pengalaman penuh saat bermain game, perhatikan informasi pada recomended system atau sistem yang direkomendasikan.

Sedangkan saat pemilihan laptop gaming, GPU (Graphics Processing Unit) atau grafis adalah hal pertama yang harus diperhatikan, diikuti dengan CPU (Central Processing Unit), RAM (Random Access Memory), dan storage atau media penyimpanan.

Hal yang tak kalah penting adalah ukuran dan resolusi layar laptop tersebut. Berikut ini ulasan singkat mengenai spesifikasi laptop gaming untuk memudahkan gamer memilih laptop gaming yang tepat.
Baca juga:Asus X550VX, Laptop Gaming Andalkan Duet Skylake & GeForce GTX 950M

Kartu Grafis atau GPU

Agar Tak Keliru Memilih Laptop Gaming
Kartu grafis atau GPU adalah komponen pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli laptop gaming. Sejauh ini ada dua vendor kartu grafis untuk pasar mobile, yakni Nvidia GeForce dan AMD Radeon. Laptophia merekomendasikan laptop gaming dengan kartu grafis Nvidia GeForce.

Bagi gamer mainstream atau gamer biasa, laptop dengan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 950M sudah memadai untuk memainkan game-game terbaru dengan beberapa setingan grafis yang disesuaikan.

Sedangkan bagi yang memiliki dana lebih, bisa memilih laptop gaming dengan grafis Nvidia GeForce GTX 960M yang memiliki performa yang lebih tinggi dan tentunya dapat menggunakan setting grafis pada game yang lebih baik dari GTX 950M.

Bagi gamer kelas menengah dan hardcore, tentunya laptop dengan grafis GTX 950M atau GTX 960M tidak akan memuaskan. Gamer hardcore setidaknya memilih laptop gaming dengan grafis Nvidia GeForce GTX 970M untuk dapat memainkan semua game dengan setting grafis maksimal.

Tak hanya itu, gamer juga dapat lebih leluasa memainkan game terbaru dengan resolusi layar yang lebih tinggi. Namun, bagi gamer yang membutuhkan performa grafis yang lebih tinggi lagi dapat memilih laptop dengan grafis dari GeForce GTX 980M atau mungkin memilih laptop dengan dual kartu grafis atau SLI (Scalable Link Interface).
Baca juga:Harga & Spesifikasi Asus ROG GL552VW-CN656D dengan SSD 128GB

Prosesor atau CPU

Prosesor Intel menjadi pilihan utama untuk laptop gaming. Selain menawarkan performa yang lebih tinggi dan efisiensi daya yang lebih baik dari kompetitornya, prosesor Intel saat ini mendominasi pasar laptop gaming.

Sangat jarang laptop gaming kelas menengah ke atas yang ditenagai oleh prosesor AMD. Tak hanya itu, prosesor quad-core dengan clockspeed tinggi juga lebih diutamakan untuk mendapatkan performa yang lebih baik. Prosesor Intel Core i7 series yang mengusung quad-core rata-rata menggunakan akhiran HQ atau HK.

Bagi yang memiliki dana terbatas, prosesor minimal untuk laptop gaming masa kini adalah Intel Core i5, khususnya generasi Skylake atau Core i5-6200U.

Memori RAM

Kapasitas RAM juga juga menjadi poin penting saat memilih laptop gaming, meski tak sekrusial prosesor dan grafis. Gamer mainstream dengan dana terbatas, dapat memilih notebook gaming dengan kapasitas minimal 4GB. Namun, jika memiliki dana lebih sangat disarankan untuk memilih notebook dengan RAM 8GB atau lebih. Kapasitas RAM 16GB akan menjadi nilai tambah.

Fitur Lain

Fitur lain yang laik dipertimbangkan saat memilih notebook gaming adalah ukuran layar dan resolusi layar. Bagi gamer mainstream setidaknya menggunakan layar dengan resolusi minimal full HD 1920 x 1080 piksel.

Mengenai ukuran layar, 14 inci cocok bagi yang mendambakan portabilitas. Sedangkan bagi gamer yang jarang bepergian dapat memilih laptop dengan layar yang lebih besar, yakni 17,3 inci. Bagi yang menginginkan keseimbangan antara portabilitas dengan performa, dapat memilih laptop gaming dengan layar berukuran 15,6 inci.

Laptop gaming yang dilengkapi dengan speaker berkualitas dan teknologi audio yang maju juga menjadi nilai tambah yang nantinya akan meningkatkan pengalaman bermain game. Selain itu, adapun laptop gaming yang dilengkapi dengan mevhanical keyboard yang dapat meningkatkan akurasi dan kecepatan kontrol saat bermain game, seperti jajaran laptop besutan MSI juga bisa menjadi pertimbangan.

Membeli Laptop Gaming

Setelah pembaca Laptophia Blog memahami ulasan singkat  mengenai spesifikasi dan komponen pada laptop gaming, tentunya sudah muncul gambaran mengenai notebook gaming seperti apa yang ideal sesuai dengan kebutuhan dan dana yang dimiliki.

Selanjutnya kita bisa membeli notebook gaming melalui retail offline maupun toko online. Untuk toko online, Laptophia Blog merekomendasikan untuk Bhinneka.com, mengapa? Kelebihan utama toko online Bhinneka.com adalah produk laptop gaming yang disediakan sangat lengkap. Tak hanya itu, harga yang ditawarkan bisa dikatakan bersaing dengan pelayanan yang memuaskan.
Anda mungkin suka: Infinix Hot 3 Lite X554 Mulai Dijual, Ini Harga & Spesifikasinya
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks