IBX582004D475488 Review Evercoss Winner T+ Compo A74E: Big Speaker

Review Evercoss Winner T+ Compo A74E: Big Speaker




Review Evercoss Winner T+ Compo –Kurang lebih sebulan yang lalu Laptophia kedatangan smartphone Android murah meriah, yakni Evercoss Winner T+ Compo A74E. Pada kesempatan kali ini Laptophia akan mengulas review Evercoss Winner T+ Compo A74E yang mengusung speaker berukuran besar. Tampaknya, Evercoss ingin menempatkan seri Winner T+ Compo A74E sebagai ponsel Android musk kelas entry-level.

Tak hanya menawarkan speaker berukuran besar, Evercoss Winner T+ Compo ini juga hadir dengan spesifikasi yang cukup bersaing di kelasnya, seperti prosesor quad-core yang ditandemkan dengan RAM 1GB, desain yang menarik, serta harga yang kompetitif. Penasaran? Berikut ulasan review Evercoss Winner T+ Compo A74E oleh Laptophia Blog.


Review Evercoss Winner T+ Compo

Paket Pembelian Evercoss Winner T+ Compo

Paket Pembelian Evercoss Winner T+ Compo
  • Unit Evercoss Winner T+ Compo A74E
  • Baterai 1600mAh
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Headset
  • Kartu Garansi
  • Buku Manual
  • Screenguard (terpasang di layar)
Baca juga:Asus ROG GL752VW-T4211T, Laptop Gaming Terbaru dengan Layar 17,3 Inci

Desain Evercoss Winner T+ Compo

Desain Evercoss Winner T+ Compo
Sektor desain bisa dikatakan salah satu keunggulan pada review Evercoss Winner T+ Compo A74E kali ini. Smartphone merk lokal ini hadir dengan desain yang berbeda dengan kebanyakan ponsel entry-level di pasaran. Ponsel Winner T+ Compo besutan Evercoss ini menggunakan bezel berwarna hitam di sekeliling layar dan diapit oleh aksen putih pada sisi atas dan bawah.

Sekilas, desain seperti ini mengingatkan Laptophia Blog dengan desain HTC One M7. Sedangkan pada bagian pinggirnya terdapat list berwarna chrome berbahan metal yang tak lain adalah frame Winner T+ Compo. Tak heran, ponsel ini terkesan mantap dan kokoh ketika digenggam.

Casing belakang Winner T+ Compo ini terbuat dari plastik dengan finishing mate, serta sedikit menonjol pada bagian speaker. Dimensi Evercoss Winner T+ Compo ini memang cukup kecil untuk ponsel masa kini, tetapi bobotnya termasuk berat.

Sisi depan ponsel Winner T+ Compo A74E besutan Evercoss ini terdapat lubang kamera depan, sensor proximity, earpiece, layar sentuh berukuran 4 inci, dan tiga tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back.

Sayangnya, merek lokal Evercoss tidak membekali ketiga tombol kapasitif di bawah layar tersebut dengan backlight, sehingga agak sulit digunakan ditempat gelap. Ini wajar mengingat smartphone ini menargetkan segmen entry-level.

Pada sisi belakang smartphone Evercoss Winner T+ Compo A74E ini terdapat lubang kamera utama, dual LED flash, logo Evercoss, dan speaker grill atau lubang speaker pada bagian bawah. Bagian lubang speaker ponsel ini dibuat agak menonjol seolah-olah menunjukkan bahwa ponsel ini memiliki speaker berukuran besar.
Desain Evercoss Winner T+ CompoMerk lokal Evercoss menempatkan tombol volume rocker dan tombol power pada sisi kanan ponsel. Sedangkan sisi bawah ponsel murah meriah ini terdapat lubang micrphone. Sedangkan sisi atas ponsel dengan speaker besar ini terdapat port microUSB dan port audio 3,5mm.

Seperti biasa, pengguna harus membuka casing belakang dan melepas baterai untuk dapat mengkses kedua slot SIM card dan slot microSD. Casing belakang ponsel Winner T+ Compo A74E ini relatif mudah dibuka karena terdapat lekukan pada sudut ponsel untuk membukanya dengan bantuan kuku.

Baca juga:Harga Asus Zenfone 2 Laser ZE601KL Terbaru, Andalkan Layar 6 Inci

Secara umum, desain pada review Evercoss Winner T+ Compo A74E kali ini cukup baik di kelasnya menurut Laptophia Blog. Ia datang dengan penampilan berbeda yang mirip ponsel HTC dan dipadukan dengan build quality yang baik. Selain itu, penggunakan frame metal membuatnya terasa solid dan kokoh saat digenggam. Sayangnya, ukuran ponsel ini tampaknya terlalu kecil dan bobotnya lumayan berat.

Software Evercoss Winner T+ Compo

Software Evercoss Winner T+ Compo
Selain spesifikasi perangkat keras, sektor perangkat lunak juga merupakan salah satu poin penting pada review Evercoss Winner T+ Compo A74E oleh Laptophia Blog kali ini. Sama seperti ponsel masa kini lainnya, Evercoss membekali Winner T+ Compo A74E ini dengan sistem operasi Android 5.1 Lollipop.

Penampilan antarmuka ponsel ini tak jauh berbeda dengan Android stock. Bagi sebagian orang, tampilan Android stock memang membosankan. Namun, bagi sebagian pengguna lainnya, Android stock lebih disukai karena ringan dan hemar RAM. Seperti biasa, kita akan disuguhi tampilan Lockscreen, Homescreen, dan Menu Drawer.

Hal yang Laptophia sayangkan dari ponsel Winner T+ Compo A74E ini adalah minimnya kostumisasi. Secara default, pengguna hanya dapat mengganti wallpaper lockscreen dan dan homescreen, serta menambah atau mengurangi widget. Namun, hal ini dapat diakali dengan menginstal aplikasi launcher dan sejenisnya.

Evercoss membekali smartphone Winner T+ Compo A74E ini dengan aplikasi bawaan yang terbilang banyak, antara lain adalah Facebook, BBM, Clean Master, Everstore, ColorNote, GoFlashLight, dan U-Box. Evercoss juga melengkapinya dengan Everstore yang merupakan toko aplikasi aletrnatif dari Google Play Store. Meski dikatakan minim kostumisasi dan fitur, Evercoss membekali ponsel Big Speaker ini dengan fitur Gesture Smart Access.

Informasi lengkap mengenai fitur ini dapat dibaca di sini: Menjajal Fitur Gesture Smart Access di Smartphone Evercoss

Secara umum, review  Evercoss Winner T+ Compo A74E di sisi software ini menawarkan OS Android yang terbilang baru dengan antarmuka mendekati stock Android. Tampilan UI nya relatif mudah dimengerti dan digunakan, terutama bagi pengguna yang sebelumnya sudah menggunakan OS Android. Tak diketahui apakah Evercoss akan memberikan update ke Android 6.0 Marshmallow untuk Winner T+ Compo A74E atau tidak.

Baca juga:Harga Lenovo Vibe X3 5,6 Juta, Sudah Dijual di Indonesia

Benchmark Evercoss Winner T+ Compo

CPU-Z Evercoss Winner T+ Compo
CPU-Z Evercoss Winner T+ Compo
Benchmark AnTuTu v6 Evercoss Winner T+ Compo
Benchmark AnTuTu v6 Evercoss Winner T+ Compo
Benchmark Geekbench 3 Evercoss Winner T+ Compo
Benchmark Geekbench 3 Evercoss Winner T+ Compo
Benchmark Vellamo Evercoss Winner T+ Compo
Benchmark Vellamo Evercoss Winner T+ Compo
Benchmark Quadrant Standard Evercoss Winner T+ Compo
Benchmark Quadrant Standard Evercoss Winner T+ Compo
Sensorbox for Android dan Multitouch tester Evercoss Winner T+ Compo
Sensorbox for Android dan Multitouch tester Evercoss Winner T+ Compo

Hasil Foto Kamera Evercoss Winner T+ Compo

Hasil Foto Kamera Evercoss Winner T+ CompoAqua Speed HD II_20160216_143715Hasil Foto Kamera Evercoss Winner T+ CompoAqua Speed HD II_20160218_083210
Foto Siang Hari
Hasil Foto Kamera Evercoss Winner T+ CompoAqua Speed HD II_20160220_212341Aqua Speed HD II_20160220_211957
Foto Malam Hari
Hasil Foto Kamera Depan Evercoss Winner T+ Compo
Foto Kamera Depan

Review Evercoss Winner T+ Compo

Review Evercoss Winner T+ Compo
Setelah kurang lebih dua minggu menggunakan ponsel ini, Laptophia Blog akan mengulas kesimpulan review Evercoss Winner T+ Compo A74E kali ini. Sisi penampilan dan desain, ponsel ini relatif menarik dengan desain yang merip dengan HTC dan didukung build quality yang solid. Sama sekali tak ada kesan murahan ketika menggenggam smartphone ini.

Ukuran ponsel Winner T+ Compo A74E ini memang cukup kecil karena hanya mengusung layar berukuran 4 inci saja. Dukungan frame metal dan speaker berukuran besar membuat smartphone Winner T+ Compo A74E ini cukup berat.

Evercoss membekali smartphone Winner T+ Compo A74E ini dengan layar berukuran 4 inci WVGA yang menggunakan teknologi panel TN TFT LCD. Kualitas layar ponsel Winner T+ Compo A74E ini terbilang sangat pas-pasan. Kita harus tegak lurus menghadap layar untukn mendapat performa layar yang terbaik.

Viewing angle layar smartphone ini terbilang agak payah dan respon touchscreennya kadang lambat. Kinerja layarnya saat di bawah sinar matahari juga relatif kurang. Ini sebenarnya wajar mengingat smartphone Evercoss Winner T+ Compo A74E membidik pasar entry-level.

Sisi kinerja mungkin menjadi salah satu daya tarik pada review Evercoss Winner T+ Compo A74E kali ini. Merk lokal Evercoss membekali smartphone dengan Big Speaker ini dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A7 yang berlari dengan kecepatan 1,3GHz dari chipset Spreadtrum SC7731 yang ditandemkan dengan memori RAM sebesar 1GB, cukup standar di kelasnya. Sisi grafis, ponsel ini diperkuat oleh GPU (Graphics Processing Unit) dari Mali-400 MP2.

Baca juga:ZTE Blade Q Lux, Smartphone 4G LTE Murah Hadir di Indonesia

Mengusung spesifikasi dapur pacu seperti di atas, Evercoss Winner T+ Compo A74E mampu menunjukkan performa yang pantas menurut hasil benchmark. Smartphone ini mampu mencetak skor AnTuTu v6 mencapai 21.125 poin.

Namun, Laptophia berpendapat bahwa skor AnTuTu bukanlah parameter utama penentu performa ponsel. Saat penggunaan sehari-hari, kinerja Winner T+ Compo A74E ini terbilang memadai, meski sedikit kurang responsif. Laptophia Blog masih menemui lag saat penggunaan tidak terlalu berat.

Sisi kamera, ponsel Winner T+ Compo A74E tidak terlalu menonjol dengan mengandalkan kamera utama dengan resolusi 5 megapiksel fixed focus lengkap dengan LED flash. Kamera depan Winner T+ Compo A74E berkekuatan 2 megapiksel, cukup untuk sekadar foto selfie atau video call.

Performa kamera belakang smartphone Evercoss Winner T+ Compo A74E ini memang agak mengecewakan. Foto yang dihasilkan cenderung pudar warnanya, seperti berkabut, dan kurang tajam. Saat malam hari, kamera Winner T+ Compo A74E bahkan tak bisa diandalkan.

Dukungan LED flash yang diusungnya ternyata tak banyak membantu. Kamera depan Winner T+ Compo A74E ini juga agak mengecewakan. Laptophia masih menilainya cukup pantas mengingat harga yang ditawarkan cukup murah.

Kualitas Audio memang salah satu bagian yang ditunggu-tunggu pada review Evercoss Winner T+ Compo A74E karena dukungan speaker berukuran besar. Laptophia menyarankan untuk tidak berharap lebih pada kualitas speaker tersebut.

Laptophia menjajalnya untuk memainkan musik, hasilnya? Volume suaranya memang kencang, tetapi suara musiknya tidak detail. Treble terdengar kurang crisp dan bass juga kurang terdengar jelas. Anehnya, saat casing belakang dibuka, kualitas suaranya malah lebih baik.

Headset bawaannya juga menghasilkan suara yang tidak bisa diharapkan. Laptophia kemudian menjajalnya dengan headset Xiaomi In-Ear Pro Hybrid Dual Driver, kualitas suaranya meningkat drastis dan terlalu dominan bass.

Sektor memori, Evercoss Winner T+ Compo A74E dibekali dengan memori internal 8GB yang didukung slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Ponsel ini ternyata tidak mendukung USB OTG. Daya tahan baterai ponsel 3G murah Evercoss Winner T+ Compo A74E mampu bertahan hingga seharian penuh dengan intensitas penggunaan sedang dan untuk keperluan review.

Berdasarkan hasil review Evercoss Winner T+ Compo A74E, Laptophia Blog menilai smartphone ini cukup kompetitif di kelas entry-level. Desain yang menarik, build quality baik, speaker berukuran besar, dan kinerja yang memadai merupakan daya tarik utama ponsel ini.

Namun sebagai ponsel murah, tak dipungkiri Winner T+ Compo A74E membawa sejumlah kekurangan. Kamera yang kurang bisa diandalkan dan layar berkualitas pas-pasan menjadi titik lemah Winner T+ Compo A74E. Terlepas dari hal tersebut, Laptophia Blog menilai Evercoss Winner T+ Compo A74E laik dipertimbangkan di kelasnya.

Baca juga:Evercoss Winner Y3 B75A, Smartphone 4G Murah dengan LED Flash Depan

Keunggulan Evercoss Winner T+ Compo

  • Speaker berukuran besar dan kencang
  • Kinerja memadai
  • Harga masuk akal

Kelemahan Evercoss Winner T+ Compo

  • Kamera kurang bisa diandalkan
  • Kualitas layar & respon touchscreen kurang

Harga Evercoss Winner T+ Compo

Harga smartphone Evercoss Winner T+ Compo A74E terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia Blog himpun adalah Rp 729.000. Harga ponsel ini dapat berubah menjadi lebih murah atau lebih mahal, sesuai dengan kebijakan masing-masing seller.

Spesifikasi yang diusung oleh smartphone Winner T+ Compo ini memang tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan Winner T generasi pertama. Berdasarkan hasil review Evercoss Winner T+ Compo yang Laptophia Blog lakukan, ponsel ini menawarkan desain yang cukup menarik, build quality yang oke, dan kinerja yang mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari.

Speaker berukuran besar yang mampu menyemburkan volume suara yang kencang menjadi kelebihan tersendiri bagi Winner T+ Compo. Secara umum, Laptophia menilai ponsel Evercoss Winner T+ Compo A74E ini laik dipertimbangkan di kelas entry-level.

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga terbaru di Sini (Klik) atau install aplikasinya di sini (klik)

Spesifikasi Evercoss Winner T+ Compo

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop
  • Chipset Spreadtrum SC7731 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A7 dengan kecepatan 1,3GHz
  • Grafis Mali-400MP2
  • Kamera belakang 5 megapiksel fixed focus, dual LED flash. Kamera depan 2 megapiksel
  • Layar 4 inci, dengan resolusi WVGA 800 x 480 piksel berteknologi panel TFT kapasitif dengan kerapatan 233 piksel per inci
  • Memori RAM 1GB, Memori internal 8GB plus slot microSD maksimal 32GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM, big speaker
  • Mendukung jaringan GSM/3G HSPA
  • Dimensi 6.4 x 0.7 x 12.5 cm berat –
  • Baterai 1600mAh
  • Warna Black dan White
Anda mungkin suka: Review Kamera Infinix Zero 3 X552 Bersensor Sony IMX230
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks