IBX582004D475488 Review Vivan Robot RT400 Power Bank 13.200mAh

Review Vivan Robot RT400 Power Bank 13.200mAh




Review Vivan Robot RT400 Pada kesempatan kali ini Laptophia Blog akan membahas review Vivan Robot RT400 power bank yang mengusung kapasitas yang terbilang besar, yakni 13.200mAh. Power bank besutan Vivan Teletama yang menggunakan brand Robot ini sebenarnya sudah hadir di Laptophia sejak beberapa waktu lalu, tetapi baru kali ini ulasannya dapat diunggah ke blog.

Kelebihan utama yang ditawarkan oleh Vivan Robot RT400 ini adalah kapasitasnya yang besar dan harganya yang terjangkau. Nama Robot sendiri sebenarnya merupakan sub-brand dari Vivan yang sudah terkenal di kalangan konsumen tanah air. Brand Robot ini diposisikan sebagai versi murah dari Vivan power bank dan membidik pasar entry-level. Berikut ini ulasan, spesifikasi, dan review Vivan Robot RT400 power bank oleh Laptophia Blog.


Review Vivan Robot RT400

Spesifikasi Vivan Robot RT400

  • Model : Robot RT400
  • Kapasitas : 13200mAh
  • Input : 2A
  • Dual Output : 2.1A/1A
  • Dimensi : 155 x 62 x 20 mm
  • Berat 400 gram
  • Cycle life: 500 times atau lebih
  • Cell baterai: Samsung Cell 18650
  • Proteksi: over-charge, terkait suhu, sirkuit pendek, over-discharge, terkait daya listrik, over-voltage, terkait arus lebih tinggi, recovery
  • Warna Blue
Baca juga:Review Accessgo Gotune 3, Ponsel Sejuta Berlayar 2,5D

Paket Pembelian Vivan Robot RT400

Paket Pembelian Vivan Robot RT400
  • Unit Power bank Vivan Robot RT400
  • Kabel USB
  • Kartu garansi
  • Boks

Desain Vivan Robot RT400

Spesifikasi Vivan Robot RT400Desain Vivan Robot RT400
Review Vivan Robot RT400 pada sektor desain kali ini adalah hal yang menarik, mengapa? Penampilan power bank Vivan Robot RT400 ini unik, yakni memanjang dengan sudut membulat menyerupai remote TV raksasa. Ukuran atau dimensi power bank ini cukup besar dan berat. Power bank besutan Vivan ini dibalut casing dengan material plastik polikarbonat dengan kombinasi dua warna.

Kebetulan unit Vivan Robot RT400 yang Laptophia uji adalah varian warna biru yang ditandemkan dengan warna putih. Kombinasi warna biru putih pada unit Vivan Robot RT400 ini cukup menarik menurut kami. Material plastik yang digunakan power bank ini menggunakan finishing glossy, sehingga agak licin ketika memegangnya dengan tangan basah atau berkeringat. Selain itu, berat yang lumayan ini membuat casingnya rawan pecah saat jatuh karena licin atau slip.
Desain Vivan Robot RT400Desain Vivan Robot RT400
Salah satu keunggulan power bank Vivan Robot RT400 ini selain kapasitas yang besar adalah dilengkapi dengan fasilitas dual output. Port UB yang menkadi output ini terletak pada sisi kanan dengan daya 1A dan sisi kiri dengan daya 2.1A.

Sedangkan sisi atas power bank terdapat tombol power, lampu LED untuk senter, dan port mucriUSB yang berfungsi sebagai input atau untuk mengisi daya power bank. Vivan membekali power bank Robot RT400 ini dengan empat buah LED indikator yang terdapat pada bagian depan badan power bank untuk memberikan informasi ketersediaan atau sisa daya yang dimiliki oleh unit power bank.

Secara umum, review Vivan Robot RT400 pada sektor desain ini cukup baik dan menarik menurut Laptophia. Power bank ini menggunakan balutan casing plastik polikarbonat dengan kombinasi warna menarik, solid, dan cukup nyaman digenggam.

Penempatan port dan tombol pada unit power bank Vivan Robot RT400 ini juga relatif baik dan mudah digunakan. Hanya saja, ukurannya yang besar dan berat membuatnya kurang nyaman dibawa kemana-mana. Selain itu, finishing glossy membuat power bank Vivan Robot RT400 ini terasa licin dan rawan slip.

Baca juga:Harga & Spesifikasi Sony Xperia X Performance, Andalkan Snapdragon 820

Review Vivan Robot RT400

Desain Vivan Robot RT400
Meski mengusung dimensi yang cukup besar dan berat, power bank ini terasa cukup nyaman dan mantap ketika digenggam. Namun, bagi yang memiliki telapak tangan kecil akan kerepotan menggenggam power bank Vivan Robot RT400 ini. Material plastik glosssy yang digunakannya cukup berkualitas dan solid, meski agak licin.

Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, power bank Vivan Robot RT400 ini dilengkapi tak kurang 8 perlindungan, sebut saja over-charge, terkait suhu, sirkuit pendek, over-discharge, terkait daya listrik, over-voltage, terkait arus lebih tinggi, dan recovery. Kehadiran fitur keamanan ini tentu membuat pengguna merasa aman dan tak perlu khawatir gadget yang digunakannya cepat rusak saat menggunakan power bank ini.

Laptophia Blog menjajal power bank Vivan Robot RT400 13200mAh ini hingga daya yang tersimpan habis. Waktu isi ulang daya atau charging power bank Vivan Robot RT400 13200mAh ini ternyata tidak terlalu lama, yakni hanya 6 jam 30 menit menggunakan charger original Xiaomi yang memiliki daya 2A. Selain itu, Vivan Robot RT400 power bank ini menawarkan dual output DC 5,1V 2.1A dan DC 5,1V 1A. Tak disebutkan adanya fitur Quick Charging pada power bank ini.

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan oleh team Laptophia Blog, power bank Vivan Robot RT400 ini mampu mengisi daya hingga 4 kali pada gadget dengan baterai berkapasitas di atas 2000mAh. Pada pengujian kali ini, Laptophia Blog menggunakan tiga buah smartphone, yakni Xiaomi Mi 4c dengan baterai berkapasitas 3080mAh, Smartfren Andromax Es dengan baterai berkapasitas 1500mAh, dan ZTE Blade A711 dengan baterai berkapasitas 3000mAh.

Pada review Vivan Robot RT400 13200mAh kali ini, power bank ini mampu mengisi ZTE Blade A711 hingga penuh dalam waktu 2 jam 7 menit dengan kondisi ponsel aktif dan menggunakan output 2,1A. Pada pengisian kedua, Laptophia menggunakan smartphone Xiaomi Mi 4c yang mana mampu terisi penuh dalam waktu 2 jam 20 menit dengan kondisi aktif menggunakan port 2,1A.

Pengisian ketiga menggunakan smartphone ZTE Blade A711 yang penuh dalam waktu 2 jam 19 menit dengan kondisi aktif dan menggunakan output 2,1A. Sedangkan pada pengisian keempat menggunakan smartphone Smartfren Andromax Es, baterai hanya terisi sampai 27% dalam waktu 26 menit menggunakan port 1A dan ponsel dalam kondisi aktif menjadi WiFi hotspot. Setelah itu Vivan Robot RT400 13200mAh power bank kehabisan daya.

Baca juga:Mito Fantasy Style A550, Android Murah RAM 2GB

Berdasarkan pengujian atau review Vivan Robot RT400 yang telah dilakukan oleh team Laptophia Blog, power bank ini bisa diandalkan untuk menemani perjalanan pengguna. Jika pengguna memakai gadget dengan baterai berkapasitas 3000mAh, Vivan Robot RT400 bisa digunakan hingga 3 kali cas penuh dan masih tersisa sedikit daya. Jika baterai gadget 2000-an mAh, mungkin bisa 4 –5 kali isi ulang hingga penuh.

Kecepatan isi ulang daya dari power bank Vivan Robot RT400 ke gadget relatif standar, rata-rata 2 jam lebih untuk smartphone dengan baterai berkapasi tas 3000an MAh. Sampai di sini dulu review Vivan Robot RT400 power bank kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca Laptophia Blog.

Kelebihan Vivan Robot RT400

  • Kapasitas besar
  • Harga terjangkau
  • Kinerja dan fitur memuaskan

Kekurangan Vivan Robot RT400

  • Dimensi besar dan berat
  • Finishing glossy yang licin rawan slip

Harga Vivan Robot RT400

Harga Vivan Robot RT400 power bank terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia Blog terima adalah Rp 239.000 atau tepatnya Rp 240 ribu. Sama seperti power bank seri Robot lainnya, seri Robot RT400 ini membidik pasar kelas entry-level yang membutuhkan kapasitas besar.

Berdasarkan hasil review Vivan Robot RT400 power bank yang telah Laptophia Blog lakukan, power bank ini menunjukkan performa dan kinerja yang cukup menarik di kelasnya. Kapasitasnya yang besar menjadi daya tarik tersendiri karena mampu mengisiulang daya baterai gadget beberapa kali, sehingga cocok untuk menemani travelling.

Sayangnya, body plastik dengan berat yang lumayan ini berisiko pecah jika jatuh. Secara umum, power bank Vivan Robot RT400 sangat laik dipertimbangkan sebagai pesaing dari Asus ZenPower 9600mAh dan Xiaomi 10000mAh power bank.

Beli power bank Vivan Robot dengan harga promo di sini (Klik)

Anda mungkin suka:Review Kamera Accessgo Gotune 3 Harga Sejuta
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks