IBX582004D475488 Review Meizu M2, Smartphone 4G LTE Berdesain Kompak

Review Meizu M2, Smartphone 4G LTE Berdesain Kompak




Review Meizu M2 – Pada kesempatan kali ini Laptophia Blog membahas review Meizu M2 yang merupakan smartphone 4G LTE berdesain kompak dan menawarkan spesifikasi kompetitif di kelasnya. Smartphone ini telah hadir di markas Laptophia sejak sebulan yang lalu, hampir bersamaan dengan kedatangan Infinix Hot 2 dan Samsung Galaxy J1 Ace.

Seri M2 ini merupakan smartphone kedua Meizu yang telah diluncurkan di tanah air. Berbeda dengan seri M2 Note, ponsel 4G Meizu M2 ini hadir dengan dimensi yang lebih kompak dan harga yang lebih murah. Laptophia telah melakukan uji pakai smartphone selama lebih dari 2 minggu pemakaian dan sejauh ini cukup memuaskan. Berikut ini hasil review Meizu M2 yang telah Laptophia Blog lakukan.


IMG_20151009_134532_HDR

Paket Pembelian Meizu M2

IMG_20151009_131754_HDR
  • Unit Meizu M2
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • SIM ejector
  • Kartu garansi
  • Buku manual

Desain Meizu M2

IMG_20151009_131819_HDR
Kesan pertama Laptophia Blog saat menggenggam smartphone 4G LTE Meizu M2 ini adalah ringan, kompak, dan licin. Licin ini disebabkan karena casing belakang ponsel ini berbahan plastik dengan finishing glossy, sehingga rawan slip atau terlepas dari genggaman ketika telapak tangan basah atau berkerngat.

Sektor desain, Laptophia Blog menilai Meizu M2 ini mengusung desain yang sama dengan seri M2 Note yang berdesain unibody dengan sudut melengkung dan casing belakang yang melengkung. Desain ini memang membuatnya cukup nyaman digenggam. Perbedaan desain antara Meizu M2 Note dengan M2 ini hanya pada penempatan tombol dan ukurannya. Sejauh ini, Laptophia melihat Meizu M2 hanya tersedia satu varian warna saja, yakni putih.

Bagian depan ponsel terdapat layar sentuh berukuran 5 inci, lubang kamera depan, earpiece, sensor cahaya, sensor proximity, dan tombol navigasi unik mBack. Berdasarkan informasi yang Laptophia terima, tombol mBack ini memiliki tiga fungsi, yakni ketika disentuh ia akan berfungsi sebagai Back, ketika ditekan akan membawa pengguna ke tampilan homescreen, dan apabila ditekan dalam waktu agak lama maka berfungsi untuk mengunci layar.

Bagian belakang, terdapat ponsel 4G LTE ini logo Meizu berukuran besar, lubang kamera utama, dan LED flash. Pabrikan asal Tiongkok ini menempatkan tombol volume dan power di sisi kanan ponsel, dan slot SIM card, serta slot microSD pada sisi kiri ponsel.
IMG_20151009_131831_HDR
Layar smartphone ini sudah dilundungi lapisan antigores dari AGC Dragontrail besutan Asahi. Meski demikian, Laptophia tetap merekomendasikan pengguna untuk tetap menambahkan tempered glass agar perangkat lebih aman, baik dari goresan maupun benturan.

Ponsel 4G ini mengusung desain unibody, sehingga casing belakangnya tak bisa dibuka. Selain itu, hal yang menjadi kelemahan smartphone ini adalah menggunakan sistem slot sharing yang mana slot SIM satu berbagi sengan microSD.

Ini artinya, apabila pengguna menggunakan kedua SIM-nya, maka slot microSD tidak dapat digunakan. Sebaliknya, jika pengguna memakai slot microSD, maka hanya 1 SIM saja yang dapat aktif.

Baca juga:Xiaomi Redmi Note 3 Diluncurkan, Smartphone 4G LTE dengan Casing Metal

Software Meizu M2

Home
Smartphone 4G LTE Meizu M2 ini hadir dengan sistem operasi Android 5.1 Lollipop dukungan antarmuka kostum yang disebut dengan FlymeOS 4.5. Laptophia menilai Flyme yang diusung oleh Meizu ini mengusung gaya yang sama dengan MIUI, yakni menghadirkan perombakan dan modifikasi tambilan yang besar-besaran jika dibandingkan dengan Android stock.

Kita akan disuguhi oleh tampilan lockscreen dan homescreen tanpa kehadiran menu drawer. Ini berarti semua aplikasi yang terinstal di smartphone ini akan menampilkan ikonnya di homescreen.

Tak hanya itu. Laptophia melihat Flyme OS yang diusung oleh Meizu M2 ini menawarkan kostumisasi yang luas. Pengguna dapat mengganti wallpaper untuk homescreen dan lockscreen sesuai selera, mengatur ikon sesuai kebutuhan, dan banyak lagi. Sayangnya, Meizu memutuskan untuk mengilangkan fasilitas theme atau tema untuk ROM internasional, sehingga pengguna di luar Tiongkok tidak dapat mengganti theme selain theme default-nya.

Flyme OS yang tertanam pada Meizu M2 ini menurut Laptophia Blog menawarkan banyak fitur yang menarik, sebut saja cleaner, security, antivirus, super mode, antivirus terintegrasi, dan banyak lagi.

Salah satu fitur yang menarik menurt Laptophia adalah hadirnya SmartTouch dan Smart Gesture untuk memudahkan aksesibilitas pengguna. Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Flyme OS pada ponsel 4G ini menurut Laptophia Blog adalah aplikasi bawaan yang tak terlalu banyak, tetapi sangat berguna.

Benchmark Meizu M2

CPU Z Meizu M2
CPU-Z Meizu M2
AnTuTu Meizu M2
Benchmark AnTuTu Meizu M2
Geekbench Meizu M2
Benchmark Geekbench 3 Meizu M2
Vellamo Meizu M2
Benchmark Vellamo Meizu M2
Screenshots Review Meizu M2 Tuxlin Blog14
Benchmark Quadrant Standard Meizu M2
Screenshots Review Meizu M2 Tuxlin Blog12Screenshots Review Meizu M2 Tuxlin Blog13
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Meizu M2

Hasil Foto Meizu M2

P51012-091658P51016-160549
Siang Hari
P51016-160543
P51016-165550
Macro
P50117-002506
Malam hari dengan Flash
P50117-002207
Malam hari tanpa LED flash

Review Meizu M2

Setelah melakukan uji pakai smartphone 4G LTE Meizu M2 selama lebih dari 2 minggu, Laptophia Blog menilai smartphone ini cukup potensial di kelasnya. Pabrikan asal Tiongkok ini membekali seri Meizu M2 dengan layar berukuran 5 inci HD yang menggunakan teknologi IPS (In-Plane Switching).

Kualitasnya memang tak sebaik layar Meizu M2 Note yang menggunakan teknologi panel IGZO, tetapi layar Meizu M2 bisa dikatkan sedikit di atas rata-rata. Laptophia melihat layar ponsel 4G ini tajam, brightness yang nyaman di mata, padat, dan warna yang menyenangkan. Performanya ketika digunakan di bawah sinar matahari juga cukup memuaskan, serta viewing angle-nya luas.

Ponsel 4G LTE kelas menengah Meizu M2 ini mengandalkan dukungan dapur pacu yang lebih rendah ketimbang seri M2 Note, yakni mengandalkan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,3GHz yang ditandemkan dengan memori RAM sebesar 2GB, serta menggunakan chipset dari MediaTek MT6735. Kemampuan grafis ponsel ini juga cukup lumayan dengan dukungan GPU dari Mali-T720 MP2.

Meski hanya bersenjatakan prosesor quad-core, Meizu M2 ini ternyata menawarkan performa yang relatif di atas rata-rata jika dibandingkan dengan pesaing terdekatnya seperti Lenovo A6010 dan Xiaomi Redmi 2 Prime. Hal ini terlihat dari skor benchmark yang dihasilkan melewati kedua pesaingnya tersebut. Kinerja realworld ponsel ini menurut Laptophia Blog juga memuaskan karena cukup ringan, responsif, dan sangat jarang sekali lag.

Kapasitas memori RAM yang mencapai 2GB berperan untuk mendongkrak performa multitaskingnya. Meski demikian, Flyme OS yang diusung oleh smartphone ini ternyata cukup rakus konsumsi RAM. Namun, ini sama sekali tak mengganggu performa secara keseluruhan meski telah diinstal banyak aplikasi tambahan.

Sektor kamera merupakan salah satu keunggulan ponsel 4G Meizu M2 ini ketimbang pesaingnya, mengapa? Karena pabrikan asal China ini mempersenjatainya dengan kamera belakang berkekuatan  13 megapiksel dengan sensor Samsung autofokus lengkap dengan LED flash, dan kamera depan 5 megapiksel.

Kamera Meizu M2 ini bisa dikatakan setara deangan saudaranya, yakni M2 Note.
Hasil foto kamera smartphone Meizu M2 ini bisa dikatakan bagus di kelasnya, menurut Laptophia Blog. Foto siang hari yang dihasilkan oleh Meizu M2 ini tajam, detail, dan warnanya akurat. Begitu juga dengan foto macro yang dihasilkan smartphone ini memuaskan dengan bokeh yang mantap dan detail obyek yang memuaskan.

Saat digunakan di malam hari, foto yang dihasilkan oleh Meizu M2 memang mulai memunculkan noise, tetapi hal ini wajar. Secara umum, Laptophia menilai kemampuan kamera Meizu M2 ini dapat diandalkan di pelbagai kondisi cahaya.

Kualitas audio smartphone 4G LTE Meizu M2 ini mungkin menjadi titik lemahnya menurut Laptophia. Keluaran suara speaker Meizu M2 ini tak terlalu kencang dan kurang detail. Bass dan treble ketika memainkan musik kurang enak didengar. Namun, ketika Laptophia menjajalnya dengan headset Sennheiser MX375, keluaran suaranya cukup memuaskan dan dapat disesuaikan dengan selera melalui fasilitas DiracHD dan equalizer.

Meizu membekali smartphone ini dengan memori internal 16GB yang dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Smartphone ini juga telah mendukung USB OTG.

Secara umum, smartphone Meizu M2 ini adalah ponsel 4G yang tangguh dengan spesifikasi yang menggoda. Laptophia menilai ponsel ini sangat laik beli dan menjadi lawan yang sangat tangguh bagi Xiaomi Redmi 2 Prime dan Lenovo A6010. Penampilan yang minimalis, elegan, dan kompak membuatnya cukup menarik. Selain itu, smartphone ini didukung kamera yang handal, kinerja yang solid, dan daya tahan baterai yang memadai.

Baca juga:Duel Kamera Alcatel Flash 2 vs Meizu M2 Note Malam Hari

Harga Meizu M2

Harga smartphone 4G LTE Meizu M2 terbaru berdasarkan informasi yang Laptophia Blog terima dari toko online BliBli adalah Rp 1.799.000 atau tepatnya Rp 1,8 juta. Berdasarkan hasil review yang Laptophia lakukan, smartphone Meizu M2 ini menunjukkan kinerja yang memuaskan, kamera yang dapat diandalkan, spesifikasi yang bersaing, dan desain yang kompak.

Poin-poin inilah yang membuat Laptophia menempatkan ponsel 4G LTE Meizu M2 sebagai salah satu smartphone paling laik beli di kelasnya. Pesaing terdekat ponsel ini adalah Xiaomi Redmi 2 Prime dan Lenovo A6010 yang mengusung spesifikasi lebih rendah dengan harga yang lebih mahal. Namun, Meizu M2 juga memiliki kelemahan pada desain sharing slot yang seolah-olah memberikan pilihan pada pengguna: dual SIM aktif atau single SIM dengan slot microSD.

Spesifikasi Meizu M2

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka FlymeOS 4.5
  • Chipset MediaTek MT6735 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 64-bit 1.3Ghz
  • Grafis Mali-T720
  • Kamera 13 megapiksel autofokus, aperture f/2.2, LED flash. Kamera depan 5 megapiksel
  • Layar 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 768 pixels, kerapatan 294 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD dilindungi AGC Dragontrail Glass
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB, dilengkapi slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, 4G LTE
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 140.1 x 68.9 x 8.7 mm dengan berat 131 gram
  • Baterai 2500 mAh
  • Warna putih
Anda mungkin suka:Duel Kamera Alcatel Flash 2 vs Meizu M2 Note Siang Hari & Macro
;

Artikel Laptophia dot Com Lainnya :

Copyright © 2015 Laptophia dot Com | a Tuxlin Blog Networks